Sinopsis dan Review Pipeline (2021), Misi Mencuri Minyak!

Pin Dol Yi dikenal juga sebagai drill-bit yang piawai mengebor pipa-pipa minyak bawah tanah. Keahliannya ini membuatnya jadi langganan para bandit, para penimbun minyak dan orang-orang serakah.

Suatu hari dirinya menerima pekerjaan yang cukup sulit tapi bayarannya selangit. Beruntung dia dibantu oleh beberapa orang yang ada di bawah komandonya.

Mereka merupakan orang-orang dengan keahlian berbeda, mulai dari seorang ahli las hingga ahli pemetaan geografi bawah tanah. Dalam waktu sekitar 30 hari, Dol Yi dan tim harus selesai mengerjakannya.

Jika tidak, Geon Woo sebagai klien akan bertindak. Berhasilkah mereka melakukannya? Sinopsis dan ulasan Pipeline (2021) di bawah ini bisa kamu baca lebih dulu sebelum nonton filmnya.

Sinopsis

Pipeline (2021)_
  • Tahun Rilis: Mei 2021
  • Genre: Crime, Action, Comedy
  • Produksi: GOM Pictures, Movera Pictures
  • Sutradara: Yoo Ha
  • Pemeran: Seo In Guk, Lee Soo Hyuk, Eum Moon Suk, Yoo Seung Mok

Pipeline merupakan jaringan bawah tanah untuk mengangkut bensin. Sistem Pipeline yang dimiliki Korea Selatan adalah 1.200 Km. minyak mentah luar negeri disempurnakan di berbagai kilang lalu dikirim ke kota-kota besar di Korea Selatan melalui Pipeline setiap pekan.

Ada orang-orang yang mengebornya untuk menyedot minyak dan menghasilkan uang. Orang-orang ini dikenal dengan sebutan ‘tikus tanah.’ Sekelompok pencuri minyak gagal menjalankan misinya hari itu. Walau sudah menggunakan bor berukuran 2,5 cm, mereka tak bisa mendapatkan minyak setetes pun.

Akibat dari hal itu ledakan besar terjadi dan membuat polisi bergerak melakukan investigasi. Salah satu anggota kepolisian, Man Sik (Bae Yoo Ram) langsung menyadari bahwa perbuatan tersebut adalah ulah drill-bit. Namun, pendapat dan analisisnya tak didengar.

Menyewa seorang drill-bit yang profesional dan cakap ternyata membutuhkan biaya sekitar 200 juta Won per lubang. Tak peduli harga, seorang distributor minyak asin bernama Straw (Ji Dae Han) ingin menyewanya. Jenderal Kotoran atau General Dung (Seo Dong Won) pun segera menghubungi Pin Dol Yi (Seo In Guk) salah satu drill-bit yang terkenal andal tapi sudah pensiun.

Pertemuan dua orang itu ternyata diawasi oleh Man Sik dan Sang Goo (Jung Jae Kwang). Sayang, belum apa-apa keberadaan mereka sudah diketahui Dol Yi.  

Man Sik segera menuduh peristiwa ledakan pipa pada Dol Yi padahal pria itu mengaku sudah lama tak melakukannya. Kadung yakin bahwa Dung dan Dol Yi pelakunya mereka bersemangat memeriksa truk tinja yang ada di sana.

Dua polisi itu langsung mengira bahwa truk tinja tersebut hanya kamuflase karena isi sebenarnya adalah minyak. Sudah diperingatkan bahwa truk tersebut benar-benar berisi tinja, Man Sik dan temanya tak percaya.

Mereka nekat membukanya dan benar saja, cairan warna kuning beraroma busuk langsung menyemprot dari dalam sana dan membasahi Man Sik. Man Sik benar-benar bertekad untuk menangkap drill-bit walau dia tak mendapat izin dari atasannya. Di tempat lain, Dol Yi memulai aksinya.

Bekerjasama dengan Straw, lelaki itu segera mengebor Pipeline menggunakan bor khusus miliknya serta insting agar tak terjadi ledakan yang disebabkan oleh kabut minyak. Dalam waktu kurang dari tiga menit, pekerjaannya selesai. Straw mendapatkan ‘paus’ sementara Dol Yi mendapatkan 200 juta Won.

Melihat kerja bagus Dol Yi, Straw mengenalkannya pada seseorang bernama Geon Woo (Lee Soo Hyuk). Geon Woo punya projek yang tak masuk akal, bahkan menurut Dol Yi.

Dia ingin mengebor Pipeline sedalam 5 cm, menyambungkan dua Pipeline yang berjarak 2 meter lalu menyambungkannya lagi dengan selang bertekanan tinggi pada sebuah tangki penampungan yang terletak di atas bukit.

Baca juga:

Tangki penampungan yang akan digunakan berada di sebuah pabrik kosong yang akan dihancurkan sekitar 50 hari lagi. Oleh karena itu pekerjaan tersebut harus selesai setidaknya dalam waktu 30 hari.

Geon Woo langsung mengajukan 200 juta Won sebagai uang muka dan 300 juta Won setelah pekerjaan selesai. Namun, Dol Yi menawarnya: 500 juta Won di awal dan 500 juta Won lagi di akhir. Tanpa diduga Geon Woo menyetujuinya. Straw langsung mengenalkan beberapa orang yang bisa menjadi tim Dol Yi.

Dia adalah Na Choon Shik (Yoo Seung Mok) seorang ahli pemetaan geografi bawah tanah, Jung Woo Sung (Eum Moon Sok) seorang ahli las, Park Gap Sung (Tae Hang Ho) yang dikenal sebagai human excavator dan Song Eun Joo (Bae Da Bin) atau pengawas yang akan membunyikan alarm dari atas jika terjadi sesuatu yang membahayakan.

Dol Yi meragukan timnya karena mereka semua terlihat pemula dan tidak berpengalaman. Bagaimana pun mereka harus mulai bekerja. Dol Yi bahkan sengaja menciptakan bor khusus untuk pekerjaan besarnya kali ini. Namun, salah satu tim Dol Yi rupanya adalah orang yang gagal melakukan pengeboran tempo hari. Lalu bisakah mereka berhasil dengan pekerjaannya kali ini?

Bukan Film Laga Kejahatan

Bukan Film Laga Kejahatan_

Di Korea Selatan, Pipeline (2021) rilis tanggal 26 Mei 2021. Minggu pertama penayangannya ia sudah berhasil menduduki peringkat pertama di antara film-film yang sedang rilis lainnya. Per Agustus 2021, pendapatan kotor yang didapat film ini ditaksir mencapai US$ 1,06 juta.

Pipeline (2021) bercerita tentang sekelompok pria dewasa dengan keahlian masing-masing yang mendapat tugas untuk mencuri minyak negara dengan imbalan miliaran Won. Salah satu di antaranya terkenal sebagai drill-bit yaitu seseorang yang andal dalam pengeboran dan pencurian minyak.

Adegan-adegan di awal film tidak terlalu meyakinkan. Sebagian besar karakter yang ada di sini sayangnya juga kurang dieksekusi dengan baik untuk ukuran film yang diklaim ber-genre action, crime.

Mereka lebih cocok sebagai karakter-karakter di film-film komedi. Film yang semula tampak meyakinkan sebagai film laga kejahatan ini berubah menjadi drama komedi dengan adegan laga yang tanggung.

Alurnya pun terasa cukup membingungkan dan terdapat beberapa plot hole. Terutama saat film yang berdurasi sekitar 1 jam 46 menit ini akan berakhir.

Diceritakan bahwa drill-bit pada akhirnya bersandiwara menjebak Geon Woo bersama Woo Sung, tapi eksekusinya tidak mulus dan terkesan dipaksakan. Belum lagi adegan ketika Dol Yi bisa melakukan panggilan seluler padahal dirinya sedang ada di kedalaman tanah, di bawah beton tempat pipa-pipa bawah tanah berada.

Penampilan Seo In Guk dan Lee Soo Hyuk untuk ke Sekian Kali

Penampilan Seo In Guk dan Lee Soo Hyuk untuk ke Sekian Kali_

Adu akting antara Seo In Guk dan Lee Soo Hyuk kembali bisa kamu nikmati dalam film Pipeline (2021). Setelah beberapa kali terlibat pembuatan judul drama yang sama, keduanya lagi-lagi harus bertemu dalam satu projek. Sebelum perilisan Pipeline (2021) aksi mereka yang terbaru bisa kamu nikmati dalam drama fantasi Doom at Your Service (2021).

Berbeda cerita dengan drama tersebut pada Pipeline (2021) keduanya di-plot sebagai musuh. Berdasarkan alurnya mereka bertemu setelah Seo In Guk sukses menjalankan aksi pencurian minyak senilai 200 juta Won. Lee Soo Hyuk yang merupakan pengusaha minyak tertarik menggunakan jasanya.

Namun, alih-alih melakukan kewajiban sesuai kontrak, Lee Soo Hyuk justru punya rencana jahat yang membuat Seo In Guk berontak. Tampang antagonis Soo Hyuk begitu pas memainkan karakter licik yang serakah, dingin dan putus asa di film ini. Begitu halnya Seo In Guk yang tampil meyakinkan untuk karakternya yang berantakan sekaligus baik hati.

Kompaknya Persahabatan Mantan Penjahat

Kompaknya Persahabatan Mantan Penjahat_

Sebagai film yang diklaim sebagai film action, Pipeline (2021) juga mempertontonkan hubungan persahabatan yang seru antara tiap karakternya. Persahabatan para mantan penjahat tersebut justru jadi atraksi menarik tersendiri pada film garapan sutradara Yoo Ha ini.

Interaksi antara mereka di-plot jadi komedi yang membuat jalan cerita tidak terlalu membosankan. Selain melakoni adegan-adegan yang konyol, persahabatan mereka juga dibumbui adegan dramatis yang emosional. Tak lupa pula terdapat pelajaran seperti pengkhianatan serta setia kawan.

Sinematografi dan screenplay Pipeline (2021) terhitung menarik. Pada beberapa bagian, perpindahan scene dilakukan dengan cara unik, misalnya ketika pipa beton tiba-tiba berubah jadi lorong yang bisa dilalui dan sebagainya. Tone warna yang dipilih pun cukup pas disesuaikan dengan setting-nya.

Secara keseluruhan film Pipeline (2021) masih bisa dinikmati walau kurang detail dan terdapat lubang-lubang di banyak tempat, terutama soal alurnya.

Akting Seo In Guk serta Lee Soo Hyuk harus diakui menjadi daya tarik utama yang dimiliki film ini. Penasaran dengan aksi keduanya? Pipeline (2021) sudah bisa disaksikan melalui beberapa platform penyedia streaming online. Selamat menonton!

Pipeline (2021)

7.5 / 10
Bacaterus.com

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *