Polrestabes Surabaya dan Pemkot Luncurkan Mobil Respons Cepat Vaksin Keliling

Suara.com – Polrestabes Surabaya menghadirkan inovasi lewat peluncuran mobil respons cepat vaksin keliling. Bekerja sama dengan Pemeritah Kota atau Pemkot Surabaya, kendaraan ini beroperasi di kecamatan-kecamatan di Kota Pahlawan, Jawa Timur, mulai Senin (16/8/2021).

Dikutip dari kantor berita Antara, Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo menyatakan puluhan unit mobil itu adalah bantuan gotong royong dari para pengusaha. Seluruhnya mulai keliling bersama para nakes yang telah disiapkan dari Dinkes Surabaya pada Senin ini.

“Dalam satu tim itu ada para nakesnya dari Dinkes Surabaya lalu kami menambahkan pengemudi serta operator,” kata AKBP Hartoyo.

Sementara Febria Rachmanita, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya menandaskan bahwa mobil respons cepat vaksin sudah siap untuk digunakan keliling, lengkap dengan para tenaga kesehatan (nakes).

Baca Juga: Siapkan 30 Mobil Vaksinasi Keliling, Pemkot-Polrestabes Surabaya Jemput Lansia

Forkopimda Jatim yang terdiri atas Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta bersama Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Heru Tjahjono, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto memberangkatkan puluhan ambulans 'Vaksinasi Presisi Door to Door' di Surabaya, Rabu (14/7/2021) [FOTO ANTARA/HO-Bidhumas Polda Jatim].
Forkopimda Jatim yang terdiri atas Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta bersama Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Heru Tjahjono, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto memberangkatkan puluhan ambulans ‘Vaksinasi Presisi Door to Door’ di Surabaya, Rabu (14/7/2021) [FOTO ANTARA/HO-Bidhumas Polda Jatim].

“Alhamdulillah, selalu ada dukungan dari Polri, TNI, maupun Pemprov Jatim,” jelas Febria Rachmanita.

Paling tidak, ada 22 unit mobil bantuan berbagai stakeholder yang siap digunakan melakukan vaksinasi di kecamatan yang tersebar di Kota Surabaya.

Adapun sasarannya adalah masyarakat usia 18 tahun ke atas yang telah mengikuti dosis pertama.

Untuk mekanismenya, warga cukup mendatangi kantor kecamatan atau titik lokasi yang sudah ditentukan Dinkes Surabaya.

Warga yang akan disuntik vaksin dikoordinir pihak kecamatan dan kelurahan setempat agar datang di lokasi sesuai jadwal yang ditentukan.

Baca Juga: Pemotor Viral Halangi Ambulans Diselesaikan Kekeluargaan, Pasien Kritis Telah Tiada

“Sehingga warga tidak perlu mengantre terlalu lama,” tukasnya.

Langkah ini juga bagian dari protokol kesehatan, yaitu menjaga tidak terjadi kerumunan.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *