Survei: Publik Meyakini Ada Disparsitas Penegakan Hukum di Kejaksaan

Jakarta: Disparitas penegakan hukum dan penanganan perkara kasus tertentu masih ditemukan di institusi Kejaksaan Agung. Temuan itu merupakan hasil survei yang ditebitkan hari ini, 12 Agustus 2021.
 
“Sebanyak 59,5 persen dari responden di seluruh Indonesia menganggap disparitas atau ketimpangan perlakuan yang cenderung tidak adil dalam penegakan hukum di kejaksaan sangat besar,” kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo, melalui keterangan tertulis, Kamis, 12 Agustus 2021.
 
Ia menuturkan responden menilai masih ada ketidakadilan hukum yang masih tajam ke bawah, tumpul ke atas. Pemerintah didesak memperhatikan hal tersebut. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Baca: Usut Kerugian Rp4,7 Triliun, Kejagung Periksa Kepala Departemen UKM LPEI
 
“Disparitas hukum dipersepsi terjadi hampir di seluruh provinsi di Indonesia yang harus menjadi perhatian kejaksaan dan pemerintah,” kata dia. 
 
Sejumlah kasus penegakan hukum yang sempat mencuat dan viral belakangan ini, mendorong KedaiKOPI untuk melakukan survei opini publik tentang kinerja lembaga penuntutan di Indonesia. Survei bertema ‘Kata Publik Tentang Kinerja Kejaksaan’ ini dilakukan secara daring oleh Lembaga Survei KedaiKOPI pada tanggal 22-30 Juli 2021 di 34 Provinsi dengan menjaring 1.047 responden. 
 
Jumlah responden proporsional berdasarkan besaran populasi di setiap provinsi dengan sampel yang cenderung lebih besar laki-laki (55,2%) dari pada perempuan (44,8%). Lalu, mayoritas responden adalah generasi milenial dengan usia 25-40 tahun (45,5%) disusul oleh generasi Z dengan usia 17-24 tahun (31,8%) sebagai pengguna internet terbesar di Indonesia. 
 
Tingkat pendidikan sampel survei ini relatif lebih tinggi dari pada rata-rata tingkat pendidikan masyarakat Indonesia pada umumnya yaitu 40,8% lulusan S1 atau D4 dan 41,5% adalah lulusan SLTA atau sederajat. Survei ini didanai secara internal oleh Lembaga Survei KedaiKOPI.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *