Pemakaman Raja Mangkunegaran Hanya Boleh Dihadiri Keluarga dan Kerabat

Solo: Raja Mangkunegaran Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro IX akan dimakamkan pukul 10.00 WIB, Minggu, 15 Agustus 2021, di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah. Warga Solo tidak diperbolehkan melayat dan diimbau mendoakan dari rumah masing-masing.
 
“Sesuai koordinasi nanti saat persemayaman jenazah, warga tidak perlu datang ke Pura Mangkunegaran. Yang boleh mengakses Pura Mangkunegaran nantinya hanya dari pihak keluarga dan kerabat saja. Kita akan menggunakan satu pintu untuk mengatur hal itu,” kata Kapolresta Solo, Kombes Ade Safri Simanjuntak, di Solo, Jumat, 13 Agustus 2021.
 
Baca: Raja Mangkunegara IX Meninggal Dunia

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Raja Mangkunegaran Solo meninggal pada dini hari sekitar pukul 02.50 WIB, di kediaman pribadinya di Jakarta. Jenazah akan disemayamkan selama satu hari dua malam di Pura Mangkunegaran Solo.
 
Koordinasi telah dilakukan dengan Pemkab Karanganyar terkait rencana pemakaman yang akan menggunakan adat Mataram pada Minggu besok. Untuk pengamanan selama proses persemayaman dan perjalanan menuju Karanganyar, Polresta Solo menerjunkan 275 personel.
 
“Iringan rombongan pembawa jenazah berangkat dari Jakarta sekitar pukul 09.00 pagi tadi dan diperkirakan tiba di Solo, pukul 15.00 WIB. Jenazah akan melewati tradisi keluarga terlebih dulu sebelum diberangkatkan ke pemakaman,” jelasnya.
 
Sementara Plt Pengageng Kabupaten Mondropuro, Supriyanto Waluyo mengatakan pemakaman raja akan dilakukan secara adat Mataram.
 
“Secara garis besar dengan masyarakat Jawa sama. Cuma karena ini raja, ada perbedaannya. Nanti dimakamkan di Girilayu, Karanganyar. Yang pasti proses pelayaran dan pemakaman akan dilakukan dengan prokes,” ungkapnya.
 
Raja meninggalkan seorang istri bernama Sukmawati dan empat orang anak, GPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, GRA Putri Agung Suniwati, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo serta GRA Ancillasura Sudjiwo.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *