Kemendikbudristek Siapkan Formula untuk Dongkrak APK Pendidikan Tinggi

Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tengah menyiapkan formula khusus guna meningkatkkan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi di tengah pandemi covid-19. Salah satunya dengan mendorong Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun swasta untuk meningkatkan kapasitas mahasiswanya.
 
“Di PTS-PTS kecil itu (misalnya) kita dorong untuk merger (penggabungan) supaya PTS itu menjadi besar, bisa konsentrasi pada mutu, dan menarik mahasiswa labih banyak lagi,” kata Plt. Dirjen Diktiristek, Nizam dalam Seleksi Ujian Mandiri PTN, Buat Gaduh Penerimaan Mahasiswa Baru PTS, Retorika atau Kenyataan?, Kamis 12 Agustus 2021.
 
Bahkan PTS, kata dia, telah diberikan perhatian khusus agar tetap bisa menambah kapasitas untuk mendatangkan mahasiswa baru. Salah satunya dengan memberikan dana sebesar Rp35 miliar bagi PTS kecil yang mau melakukan merger.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Kami alokasikan Rp35 miliar tahun ini, khusus untuk merger PTS kecil. Kami akselerasi, dan di tahun kemaren sudah berapa puluh sudah (merger) untuk meningkatkan mutu bersama,” lanjutnya.
 
Baca juga:  Aptisi: PTN Jangan ‘Genit’ Cari Duit Seperti PTS
 
Selanjutnya pihaknya juga memperluas penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Baik bagi para mahasiswa di PTN ataupun di PTS.
 
“Sudah jelas bantuan itu agar membantu mahasiswa untuk kuliah. Kita tahu PTS-PTS di pelosok sangat terdampak. Jadi kita berikan bantuannya untuk mahasiswa yang membutuhkan tadi,” tutup Nizam.

 
(CEU)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *