Buku Nikah Kini Berbentuk Digital, Begini Cara Mendapatkannya

Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) resmi mengganti buku nikah berbentuk fisik menjadi kartu nikah digital mulai Agustus 2021. Hal ini dilakukan untuk menunjang percepatan akses administrasi terkait data pernikahan.
 
Bagi pasangan yang baru atau sudah lama menikah, dapat mengakses kartu digital lewat website simkah.kemenag.go.id. Di laman tersebut, terdapat informasi mengenai panduan mendapatkan kartu nikah digital ini.
 
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat akun. Terdapat beberapa data yang perlu diisi pasangan. Di antaranya, nomor handphone dan e-mail.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Bila data diri sudah dikonfirmasi, kartu nikah atau yang juga disebut dengan SIM Nikah tersebut akan dikirim via e-mail atau aplikasi WhatsApp. Kartu akan diterima dalam bentuk digital yang bisa diakses kapan dan dimana pun. 
 
Meski begitu, Kemenag masih membuka kesempatan bagi pasangan yang baru menikah jika 
mau mendapatkan kartu nikah fisik. Pasangan dapat mengajukan langsung ke Kantor Urusan Agama (KUA) setempat. 
 
“Namun, kesempatan ini bergantung pada stok persediaan di KUA. Jika stok habis, tetap akan diberikan versi digitalnya saja,” ujar jurnalis Metro TV, Gema Tanjung melaporkan, Kamis, 12 Agustus 2021. (Mentari Puspadhini)
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *