Waspada! Ban Mobil yang Diam-Diam Kempis Sendiri

Jakarta: Nyawa dari sebuah ban mobil adalah tekanan udara atau angin yang ada di dalamnya sehingga menjaga bentuk dan mempertahankan kinerja ban saat dikendarai. Namun Anda perlu waspada apabila ban mobil Anda kempis padahal mobil tidak digunakan dan kondisinya tidak bocor terkena paku atau benda tajam.
 
Menurut Auto2000, ban memang pasti akan kempis sendirinya seiring waktu. Pemilik mobil jangan kaget karena memang ada alasan logis mengenai hal tersebut. Setidaknya ada 5 penyebab ban mobil bisa kempis sendirinya, yakni;
 

1. Ban Mobil Memiliki Pori-Pori

Bahan dasar utama ban mobil adalah karet alami yang memiliki pori-pori sangat halus dan tidak kelihatan oleh mata. Udara di area bertekanan tinggi akan selalu mengalir ke area yang tekanannya lebih rendah sehingga membuat udara di dalam ban dapat keluar lewat pori-pori ban yang sangat kecil tersebut. Apalagi jika mobil berdiam di satu posisi dalam jangka waktu lama, seperti saat parkir di rumah di masa PPKM.
 

2. Suhu Lebih Dingin

Hukum fisika menyatakan di dalam ruang tertutup dan volume dijaga tetap, maka tekanan gas sebanding dengan suhu gas. Di dalam ban mobil, ketika suhu dingin, maka akan menyebabkan tekanan udara ban ikut turun dan kempis. Suhu dingin juga bisa membuat material karet mengalami pengerutan dimana terbentuk ruang kosong antara ban dengan pelek yang menyebabkan udara di dalam ban keluar dengan sendirinya.
 

3. Pentil Ban Rusak

Pentil ban memiliki fungsi sebagai penghubung antara alat pengisi udara dengan ban. Masalahnya, jarum pentil bisa mengalami kerusakan yang membuat udara dapat melewatinya.

 

Halaman Selanjutnya

  Pentil juga menempel di…

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *