Piaggio Kembangkan Teknologi Radar Berbasis 4D

Suara.com – Piaggio mengklaim teknologi sensor yang dikembangkan adalah platform keamanan sepeda motor berbasis radar pencitraan 4D pertama di industri otomotif. Bahkan perusahaan berencana menggunakannya untuk Advanced Rider Assistance Systems (ARAS) sepeda motor. 

Di mana teknologi ini memungkinkan banyak fungsi keselamatan seperti mendeteksi titik buta, peringatan kecelakaan, dan berpindah jalur dengan aman. 

Dijelaskan pabrikan asal Italia tersebut, sensor ini menggabungkan teknologi radar pencitraan 4D chip tunggal yang dilengkapi dengan jarak pandang yang luas lebih dari 100 meter. Teknologi ini mampu melacak beberapa target dan menghindari kecelakaan akibat titik buta.

Piaggio rayakan ulang tahun ke 75 Vespa. (Dok. Istimewa)
Piaggio rayakan ulang tahun ke 75 Vespa. (Dok. Istimewa)

Namun sayang belum ada keterangan lebih rinci kapan teknologi ini akan diterapkan pada sepeda motor. Pasalnya seperti diketahui Piaggio juga membawahi merek Vespa yang saat ini menjadi sepeda motor populer di sejumlah negara.

Baca Juga: Piaggio Tawarkan Warna Baru Vespa GTS Super: Putih, Abu-abu, Sampai Mint Campur Susu

Sebagai informasi, teknologi radar pada sepeda motor sebenarnya bukan baru. Sebelumnya Ducati juga telah menyematkan teknologi serupa pada Multistrada V4.

Adapun teknologi yang disematkan adalah dua perangkat radar pada bagian depan dan belakang motor. Setiap radar memiliki dimensi (70 x 60 x 28 mm) seukuran dengan action cam yang biasa digunakan para bikers. 

Radar pada bagian depan bertugas mengontrol pengoperasian ACC (Adaptive Cruise Control). Dengan demikian pengereman dan akselerasi motor akan terkontrol secara otomatis (4 pilihan) menyesuaikan jarak saat berkendara dengan kecepatan antara 30 sampai 160 km per jam. 

Teknologi yang bisa ditemui di mobil ini telah dikembangkan sesuai dinamika dan ergonomi kendaraan roda dua. Sistem telah dibatasi untuk memastikan pengendara bisa terus mengontrol kendaraan dalam segala situasi.

Sementara radar pada bagian belakang bertugas untuk mendeteksi dan menginformasikan kendaraan saat berada di area blind spot yang tidak terlihat secara langsung oleh pengendara atau melalui kaca spion.

Baca Juga: Ingin Pelesir Naik Vespa Menikmati Musim Panas di Italia? Ayo Ikut “Luca”

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *