Sinopsis & Review Film Animasi Hotel Transylvania (2012)

Cerita tentang drakula selalu menarik untuk ditonton. Begitu pula dengan film animasinya. Salah satu kartun tentang drakula atau vampir datang dari Sony Pictures Animation yang berjudul Hotel Transylvania.

Jika biasanya Transylvania identik dengan daerah angker dengan kastil besar mengerikan, yang hanya ditinggali oleh seorang vampir kesepian, film ini bisa dibilang cukup berbeda.

Hotel Transylvania menceritakan tentang vampir bernama Count Dracula. Dia seorang single parent dari putri tunggalnya setelah sang istri meninggal akibat ulah manusia.

Dia menyimpan dendam terhadap manusia selama beratus-ratus tahun dan membuat hotel untuk tempat para monster tinggal dengan aman. Yuk, baca sinopsis dan ulasan film animasi Hotel Transylvania 1 dari Bacaterus.

Sinopsis

  • Tahun rilis: 2012
  • Genre: Animation, Comedy, Family
  • Produksi: Sony Pictures Animation
  • Sutradara: Genndy Tartakovsky, Jill Culton
  • Pemeran: Adam Sandler, Andy Samberg, Selena Gomez, Kevin James, Fran Drescher, Steve Buscemi, Molly Shannon

Dari judulnya dan gambarnya sudah pasti ini film tentang drakula, makhluk fiktif penghisap darah. Adam Sandler berperan sebagai Count Dracula ‘Drac’, pemilik dan manajer Hotel Transylvania, dan juga ayah dari Mavis. Selena Gomez didapuk sebagai Mavis, ‘remaja’ putri vampir berusia 118 tahun.

Seperti karma, Mavis selalu penasaran dengan manusia dan pada akhirnya jatuh cinta pada Johnny. Kemudian ada Andy Samberg menjadi pengisi suara Jonathan Locker, satu-satunya manusia yang bisa menembus dan masuk ke Hotel Transylvania.

Marah setelah kematian istrinya akibat dibantai manusia, Count Dracula membangun sebuah hotel besar bintang lima di Transylvania untuk melindungi putrinya, Mavis. Tapi, kemudian dia membuka hotel itu untuk semua monster, menjadi tempat liburan yang humanfree dan monster-friendly. Teman-teman dekat Drac diantaranya ada Frank dan Eunice, mereka frankenstein.

Kemudian ada Wayne dan Wanda, beserta ratusan anak-anak mereka, yang merupakan keluarga werewolf. Murray si mummy, dan yang paling menarik mungkin Griffin si invisible man. Untuk ulang tahun putrinya yang beranjak dewasa (dalam usia drakula), yaitu 118 tahun, Drac berjanji untuk mengizinkan Mavis keluar hotel untuk menjelajahi dunia manusia seperti yang selalu anaknya inginkan.

Tetapi, ternyata Drac mencurangi Mavis. Karena, dia membuat kota palsu yang terdiri dari bellhops zombie (karyawan hotel-nya Drac) yang berpura-pura menjadi manusia. Dracula berencana membuat Mavis ketakutan agar rasa penasarannya terhadap manusia menghilang. Well, rencana Drac berhasil.

Tapi, para zombie itu memikat (secara tak sengaja tentunya) seorang manusia yang kebetulan berada di daerah sana. Manusia itu adalah Jonathan ‘Johnny’ yang berusia 21 tahun. Dia adalah seorang solo backpacker traveller yang tak takut dengan apapun. Johnny mengikuti para zombie hingga masuk ke Hotel Transylvania. Untungnya, Drac lah yang pertama kali menyadari kehadiran manusia.

Dengan panik, Drac menculik Johnny dan menyulapnya menjadi “Johnnystein” agar tidak ketahuan kalau dia manusia. Drac mengarang kalau Johnny adalah ‘sepupu jauh’ yang lahir dari lengan kanan Frank. Sayangnya, Dracula melupakan hal yang paling penting, yaitu menghindarkan Johnny dari anaknya.

Dan, benar saja, Mavis tak sengaja bertemu dengan Johnnystein dan mengalami yang disebut Zing. Itu adalah bentuk tarikan magis yang menandakan kalau dua sejoli saling jatuh cinta, dan ikatan tersebut hanya terjadi sekali dalam seumur hidup monster.

Berarti, Mavis tidak akan bisa jatuh cinta lagi pada makhluk lainnya. Tentu itu mimpi indah (karena di dunia monster mimpi buruk = bagus) untuk Drac.

Karena tak bisa lagi begitu saja mengusir sang manusia dari hotel, Drac improvisasi lagi kalau Johnnystein adalah party organizer ulang tahun Mavis. Sebagai manusia masa kini, Johnatan merasa acara yang disiapkan Drac sangat tidak seru. D

ia pun membuat beberapa perubahan dan membuat semua monster bahagia terutama Mavis. Tapi, tentu saja Drac si kolot tak bisa menerima perubahan begitu cepat.

Baca juga:

Drac mencoba mengusir Johnny, tapi ketahuan oleh Mavis yang membawa manusia itu kembali ke dalam. Johnny mengajak Mavis melihat matahari terbit di atap hotel. Sebagai dracula, itu adalah pertama kalinya Mavis melihat matahari. Hal ini semakin membuat Mavis ingin pergi ke dunia manusia.

Setiap film animasi selalu memiliki antagonis. Dalam film ini, dia adalah koki hotel Quasimodo, dan tikus peliharaannya, Esmeralda.

Quasimodo mengompori monster-monster kalau Johnny adalah manusia, namun tentu tak ada monster yang percaya karena perawakan Johhnystein benar-benar meyakinkan. Quasimodo dan Esmeralda pun menculik Johnny diam-diam, dalam rangka untuk memasaknya jadi makanan. Tapi, Johnny berhasil diselamatkan Drac, dan dia malah membekukan Quasimodo untuk menjaga rahasia ini.

Drac pun terbuka pada Johnny tentang kejadian yang membuatnya (dan monster-monster lainnya) menghindari manusia. Saat Mavis masih bayi, manusia memberondong datang ke kediaman mereka dan berhasil membunuh istri Drac.

Itulah yang membuat Drac sangat membenci manusia dan jadi overprotective pada Mavis. Johnny merasa paham dengan perasaan Drac, dan rela pergi dari kehidupan para monster selama-lamanya.

Tapi, Drac meminta Johnny tinggal setidaknya hingga pesta ultah Mavis selesai agar putrinya tidak terlalu sedih. Saat malam hari, Mavis dan Johnny berbagi ciuman dan membuat Drac marah.

Dia tak sengaja mengaku telah menipu Mavis tentang kota manusia yang dia kunjungi. Kemudian, Quasimodo yang masih beku berhasil menerobos ke pesta dan Fly (monster lalat) menerjemahkan bahasa isyarat Quasimodo.

Bisa ditebak kalau Quasimodo mengungkapkan jati diri Johnny yang sebenarnya, membuat kekacauan bagi semua monster kecuali Mavis yang masih tetap ingin bersama Johhny walau mereka berbeda dunia. Tapi, Johnny malah menghindar karena ingin menghormati Drac. Dia pun pergi dari Hotel Transylvania dan membuat Mavis membenci ayahnya.

Drac menyadari kalau Mavis dan Johnny memiliki Zing, seperti yang dia miliki dengan istrinya. Drac meminta maaf pada Mavis dan juga para monster.

Dia mengaku menakut-nakuti monster terhadap betapa bahayanya manusia, tidak menyadari kalau manusia sudah berevolusi dan berubah pandangannya tentang monster. Drac pun mengajak teman-teman baiknya yaitu Frank, Wayne, Griffin, dan Murray untuk menemukan Jonathan.

Saat para monster pergi menuju bandara, ada Festival Transylvania yang mengagungkan dan menghormati monster. Alih-alih ketakutan karena kedatangan monster sungguhan, para manusia malah sangat senang dan membantu para monster selamat sampai di bandara.

Sayangnya, pesawat Johnny sudah lepas landas. Tak peduli dengan sinar matahari yang bisa membunuhnya, Drac berubah jadi kelelawar dan mengejar pesawat.

Drac berhasil meminta maaf dan membuat pesawat Johnny kembali ke bandara Transylvania. Drac membawa Johnny kembali pada Mavis, dan mereka pun dapat meresmikan Zing yang mereka rasakan. Drac menyadari kalau anak gadisnya telah beranjak dewasa dan berhak membuat keputusannya sendiri. Para monster (dan Johnny) pun lanjut berpesta.

Kisah Ayah (Vampir) Overpotektif

Ini adalah film tentang single dad, yang merupakan seorang vampir. Karena kejadian mengerikan di masa lalu, Drac jadi terlalu melindungi Mavis hingga membuat anak gadisnya sesak. Tapi, kita juga tidak bisa invalidate perasaan Drac.

Saya rasa cukup wajar jika Drac melakukan itu. Walau seharusnya Drac memang belajar akan perubahan dan mengerti bahwa putrinya sudah cukup dewasa untuk memutuskan sendiri apa yang dia inginkan.

Humor yang Berhasil

Apalah arti film animasi keluarga tanpa humor? Premis dan komedi yang dilontarkan dalam film ini sangat berhasil kalau menurut saya. Padahal itu hanya hal simpel saja seperti perbedaan yang kurang dimengerti monster akan polah tingkah manusia, dan juga sebaliknya.

Hotel Transylvania adalah film yang sangat berhasil dari Sony Pictures Animation. Ia lucu untuk anak-anak dan orang dewasa. Jika anak, adik, tau keponakan kamu belum melihat film ini, maka kamu perlu mengajak mereka. Tapi, perlu diingat kalau film ini rating-nya PG, ya.

Sang Ayah Belajar Banyak Hal

Kita sebagai penonton bisa belajar juga dari sosok Drac. Dia akhirnya sadar bahwa manusia sudah tidak ‘jahat’ lagi dan menerima perbedaan dengan monster dengan sangat baik.

Begitu pula dengan monster, yang seharusnya bisa beradaptasi jika manusia telah berhasil melakukannya. Dia juga belajar kalau anaknya telah dewasa dan telah menemukan Zing-nya, sehingga dia tidak perlu overprotective lagi.

Menjadi Franchise Besar

Sewaktu pertama kali menonton Hotel Transylvania, saya pikir film ini hanya akan ada satu angsuran saja. Karena, walaupun filmnya seru, saya tidak bisa membayangkan bagaimana cara film ini dikembangkan. Walaupun dipenuhi monster-monster unik dan lucu, inti cerita film ini terlalu sederhana.

Akan tetapi, sepertinya tim kreatif dari Sony sangat berbakat hingga film Hotel Transylvania menjadi trilogi. Memang, dari kualitas gambar, pengisi suara, musik, dan komedinya film ini sangatlah baik. Cocok untuk sedikit humor di antara sela-sela harimu.

Untuk overall film ini saya memberikan rating 7,5. Apa kamu sudah pernah menonton filmnya? Apa kesanmu untuk film tentang para monster ini?

Hotel Transylvania

7.5 / 10
Bacaterus.com

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *