Ketum PABSI Dukung Eko Yuli Kembali Bersaing di Olimpiade Paris

Jakarta: Ketua Umum Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Rosan P. Roeslani, mendukung penuh kepada lifter Eko Yuli Irawan untuk terus berprestasi, termasuk di Olimpiade Paris 2024.
 
Dalam konferensi pers virtual, Jumat 6 Agustus, Rosan mengungkapkan bahwa Eko sebelumnya telah menyampaikan keinginannya untuk melanjutkan karier sebagai atlet angkat besi. Bahkan, Rosan menyebut Eko berhasrat besar untuk kembali tampil di Olimpiade selanjutnya.
 
“Begitu selesai pertandingan (di Olimpiade Tokyo), Eko duduk di sebelah saya dan mengatakan ‘Pak, kalau diizinkan saya ingin ikut kualifikasi dan berkontribusi untuk olahraga angkat besi terutama Olimpiade (Paris), masih penasaran saya belum raih emas’. Saya pun bilang oke,” kata Rosan yang juga Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Rosan tak akan menghalangi keinginan Eko selama prestasi dan kesehatannya masih terjaga. Namun pada sisi lain, Rosan juga berharap Eko dapat menjadi inspirasi dan berbagi pengalaman dengan atlet angkat besi junior.
 
Dalam beberapa kesempatan, termasuk dalam acara konferensi virtual, Eko memang mengaku masih penasaran untuk membawa pulang medali emas dari pesta olahraga terbesar dunia. Maklum dalam empat penampilan di Olimpiade, Eko baru mengantongi dua perak dan dua perunggu. 
 
Untuk perunggu didapat saat Olimpiade Beijing 2008 (kelas 56kg) dan Olimpiade London 2012 (kelas 62kg), sedangkan perak diraih lewat Olimpiade Rio de Janeiro 2016 (kelas 62kg) dan Olimpiade Tokyo 2020 (kelas 61kg).
 
Di Olimpiade Tokyo, Eko harus puas dengan membawa pulang perak usai mencatatkan total angkatan 302kg (snatch 137kg dan clean & jerk 165kg). Dia hanya kalah dari Li Fabin asal Tiongkok yang melakukan total angkatan 313kg (snatch 141kg dan clean and jerk 172kg). (ANT)
 
(KAH) Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *