Ikon Balap Motor Dunia: Inilah Perjalanan Gemilang Valentino Rossi di MotoGP

Bola.net – Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, akhirnya mengumumkan keputusannya untuk pensiun dari MotoGP pada Kamis (5/8/2021) di sela Seri Styria yang digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Keputusan ini jelas mematahkan hati banyak penggemar balap di seluruh dunia, terutama para penggemar Rossi sendiri, Popolo Giallo.

Rossi yang lahir di Urbino, Italia, pada 16 Februari 1979, merupakan anak dari eks pembalap GP250 dan GP500, Graziano Rossi. Awalnya, Graziano ingin sang anak menjadi pembalap mobil saja karena lebih aman, dan Rossi Kecil juga menikmati balapan gokart, bahkan sempat jadi juara regional dalam usia 11 tahun pada 1990.

Namun, biaya balap mobil yang selangit, ditambah Rossi yang ternyata lebih suka roda dua, akhirnya mengikuti jejak menjadi pembalap motor seperti sang ayah. Pada 1993, barulah Rossi benar-benar banting setir ke ajang balap motor, mengendarai motor Cagiva 125cc di ajang Kejuaraan Sport Production Italia dan jadi juara pada tahun kedua.

Juga pada 1994, Rossi mendapatkan kontrak empat tahun dari Aprilia, yakni dua tahun untuk Kejuaraan Eropa 125cc dan dua tahun kejuaraan dunia GP125. Pada 1995, Rossi pun menjadi runner up Kejuaraan Eropa di belakang Lucio Cecchinello (kini bos LCR Honda), dan kemudian menjalani debutnya di GP125 pada 1996.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *