10 Tanaman Gaib Pembawa Hoki yang Punya Kekuatan Dahsyat

Dalam kepercayaan Jawa, konon ada sejumlah tanaman gaib yang dipercaya membawa hoki atau rezeki kepada pemilik rumah. Di satu sisi, tanaman-tanaman tersebut dipercaya sering menjadi tempat tinggal mahluk gaib sebangsa dedemit dan lain-lain, tapi di sisi lain tanaman-tanaman tersebut mempunyai kekuatan yang bisa menghadirkan keberuntungan.

Meskipun sering menghadirkan sensasi merinding dan rasa tidak nyaman, beberapa tanaman ini justru dianggap mengandung daya magis yang mengundang hal-hal baik untuk si penghuni rumah. Nah, kali ini kami akan membahasnya satu per satu. Simak informasi berikut ini, ya!

1. Pohon Kamboja

Mitos mengenai pohon kamboja tidak jauh-jauh dari hal gaib. Pohon berbunga cantik ini mempunyai citra sebagai pohon kuburan.  Kesan mistis dari pohon kamboja berasal dari kelaziman masyarakat menanami area astana (permakamanan islam) dengan pohon kamboja.

 Pohon kamboja, semboja atau frangipani merupakan kelompok tumbuhan yang berasal dari keluarga plumeria. Tanaman yang biasa tumbuh di daerah tropis ini adalah jenis tanaman yang harus terkena sinar matahari langsung minimal selama 6 jam dalam satu hari.

Pohon kamboja mempunyai tiga jenis warna bunga, yakni berwarna putih, ungu, pink dan kuning. Bunga kamboja lazimnya mempunyai lima kelopak bunga. Masyarakat Indonesia percaya kalau bunga kamboja yang mempunyai 4 kelopak bunga mempunyai energi gaib.

Tanaman yang dianggap gaib ini mempunyai energi yang baik yang dapat menetralisir energi buruk. Itulah kenapa pohon kamboja banyak ditanam di area permakaman. Karena kemampuan yang dimilikinya tersebut masyarakat tertarik menanamnya di area sekitar rumah.

Ketika energi buruk datang, gelombang energinya bisa dihalau oleh tanaman itu. Dan jika semua energi buruk menyingkir, maka keberuntungan akan menghampiri. Tertarik? coba buktikan sendiri dengan menanam pohon kamboja di area pekarangan rumah atau belakang rumah.

Baca juga: Jenis Bunga Kamboja yang Berbentuk Indah Namun Langka

2. Hanjuang

Sumber: id.m.wikipedia.org

Hanjuang merupakan salah satu tanaman yang juga disebut tanaman kuburan. Bagi masyarakat sunda hanjuang adalah tanaman istimewa.

Ia tidak hanya dianggap sebagai tanaman hias yang mempercantik halaman rumah, melainkan pohon tulak bala yang mampu menahan kekuatan gaib yang mampu menghalau wabah penyakit.

Masyarakat Sunda percaya bahwa di dalam tanaman ini terkandung kekuatan magis positif bagi penghuni rumah sehingga rumah akan terjaga dari berbagai gangguan dan dengan begitu keberuntungan tidak akan terhalangi.

Berdasarkan catatan sejarah dari kerajaan Sumedanglarang (1578-1610) menerangkan bahwa hanjuang dijadikan sebagai totonde (tanda) kemenangan dalam peperangan. Tanaman ini pun dijadikan sebagai patok tanah sawah, ladang atau kebun.

Hanjuang ini pun dianggap sebagai gerbang batas antara alam gaib dan alam dunia manusia. Bagi masyarakat Sukabumi, hanjuang sering dijadikan obat TBC. Mitos ini dilatarbelakangi dengan adanya kepercayaan bahwa tanaman ini adalah tanaman keramat yang bisa menyembuhkan penyakit berat.

3. Pohon Uang

Bukan sembarang nama, beneran lho ada pohon yang disebut tanaman atau pohon uang. Pohon jenis yang mempunyai nama latin Pachira aquatica ini adalah tanaman keramat yang dipercaya mempunyai kekuatan gaib pembawa rezeki.

Bagi petani mana pun yang menanamnya, pohon ini akan membantu menyuburkan panen. Semakin subur panen, semakin subur pula kekayaan petani tersebut.

Untuk bisa memetik khasiatnya, ada perlakuan khusus yang harus dilakukan, misalnya pohon uang harus dikepang batang pohonnya dengan bilangan kepang ganjil, misalnya tiga atau lima kali kepangan.

Kepangan ganjil ini disebut-sebut sebagai faktor pembawa rizki. Sebaliknya, kalau batang tanaman dikepang dengan bilangan genap, justru akan membawa sial.

4. Beringin

Konon pohon raksasa ini adalah tempat tinggal para mahluk halus. Dedemit, genderowo dan kuntilanak betah menghuni pohon berakar gantung ini. Ada rumor juga kalau pohon beringin tidak bisa ditebang sembarangan dan kalau pun ditebang akan mendatangkan musibah atau bencana.

Baca juga:

Itu adalah kepercayaan masyarakat indonesia, khususnya di pulau jawa. Tapi sebetulnya pohon beringin adalah salah satu pohon yang banyak mendatangkan keberuntungan pada mahluk dan ekosistem di sekitarnya lho.

Akar besar di bawahnya mampu menahan air dan menyangga tanah. Ini menyebabkan akar bisa menyimpan cadangan air yang masuk ke tanah. Selain itu, pohon beringin menghasilkan oksigen yang cukup banyak. Tak heran jika udara di sekitar pohon terasa lebih sejuk dan segar.

Namun, sayangnya meskipun diakui membawa keberuntungan, pohon beringin kerap ditakuti. Penampakan batang pohon yang besar dan akar yang menjalar ke mana-mana memang menampakkan kesan seram.

Tapi sebetulnya beringin adalah pohon yang mampu membawa hoki. Keberadaannya diyakini bisa mendatangkan manfaat dan menghalau energi negatif.

5. Tanaman Jarak Hitam

Pohon jarak sudah sejak dulu dikenal sebagai pohon yang mempunyai segudang manfaat. Minyak dari pohon jarak digunakan sebagai campuran obat herbal yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, misalnya radang telinga pada anak, demam, sembelit, kembung karena masuk angin dan kanker.

Pohon yang berasal dari keluarga euphorbiaceae ini umumnya tumbuh liar di daerah semak belukar di lapangan, rerumputan dan tepi jalan. Batang pohon jarak hitam mempunyai bentuk bulat, licin, berbuku-buku jelas dan berongga.

Buku-buku pada batang pohon jarak terlihat karena bekas tangkai daun yang sudah lepas. Sebenarnya warna pohon jarak hitam tidaklah hitam legam, melainkan agak gelap kemerahan dan daunnya tumbuh berseling.

Pohon jarak hitam, selain mempunyai khasiat sebagai obat herbal, tanaman ini dianggap sebagai pohon gaib yang tidak tumbuh di alam manusia. Pohon yang jarang ditemui ini adalah jenis tanaman yang tumbuh di alam gaib.

Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mendapatkan pohon jarak hitam. Ketika seseorang bisa mendapatkan dan menanam pohon ini di halaman rumah, konon kekayaannya akan melimpah. Berbagai usaha yang dijalankannya akan menuai banyak untung.

6. Pacar Air

Tidak hanya manusia, tanaman pun mempunyai energi yang bisa mempengaruhi mahluk hidup lainnya yang ada di sekeliling lingkungan tempat ia tumbuh. Tanaman-tanaman ini memancarkan energi panas dan dingin yang akan mempengaruhi manusia dan juga berpengaruh pada aliran keberuntungan.

Pacar air adalah salah satu tanaman gaib yang dipercaya mempunyai energi dingin yang dapat menghalau berbagai energi gaib. Rumah yang mempunyai pacar air di halamannya akan terhindar dari sihir, dan santet serta kekuatan gaib kiriman.

Tanaman yang juga mempunyai nama biologi Impatiens balsamina ini juga mampu mengusir mahluk gaib yang biasa datang. Aura dingin yang dipancarkan dari tanaman ini akan memblokir gelombang energi mahluk gaib tersebut.

Tanaman pacar air bisa ditanam di dalam pot atau di tanam langsung di tanam. Keberadaan tanaman ini akan membuat rumah terbentengi gelombang alfa yang menjadi gelombang pembuka celah keberuntungan.

7. Bambu Petuk

Kamu mungkin sering mendengar kalau tanaman bambu adalah tempat yang disukai oleh jin dan kuntilanak. Tak jarang mahluk-mahluk menyeramkan lainnya ikut menghuni pohon yang tumbuh secara berkerumun itu.

Karena selalu tumbuh berkerumun, tanaman bambu seringkali terlihat menyeramkan. Suasana di sekitarnya terasa gelap sehingga mendatangkan rasa seram.

Namun, di beberapa daerah di Pulau Jawa, tanaman bambu petuk dipercaya mempunyai kekuatan yang mampu menarik rezeki yang berasal dari dunia gaib. Kepercayaan masyarakat di Pulau Jawa ini sejalan dengan kepercayaan dalam ilmu feng shui.

Menurut dua kepercayaan ini, dalam tanaman bambu petuk terkandung kekuatan magis yang mampu menarik energi positif sehingga keberuntungan tidak akan terhalang.

Agar tanaman bambu petuk bekerja dengan baik, tanaman ini harus ditanam di arah timur rumah. Penempatan ini dipercaya dapat mendatangkan rezeki yang melimpah.

8. Telogosari

Satu lagi tanaman yang dianggap keramat dan mempunyai kekuatan yang dapat menarik keberuntungan dan rezeki dengan kekuatan yang besar. Para praktisi spiritual dan ilmu feng shui mengamini kepercayaan ini.

Komunitas praktisi spiritual bahkan meyakini tanaman ini tumbuh di alam gaib dan menjadi pohon yang menghubungkan dua alam. Pohon ini pun konon merupakan pohon yang disukai oleh Ratu Kidul. Oleh karena disebut juga dengan pohon demit.

Pohon telogosari tidak bisa tumbuh di sembarang tempat. Saking sakralnya, ia hanya akan tumbuh di tempat-tempat keramat yang mempunyai aura magis. Dan ketika seseorang mendapat pohon ini, ia dianggap sebagai orang yang telah dilimpahi karomah.

Pohon telogosari mempunyai keunikan tersendiri. Jika akarnya dibakar, konon asap yang dihasilkannya akan memanjang lurus vertikal sepanjang satu meter.

9. Pohon Tanjung

Pohon tanjung sejak dulu dikenal sebagai bunganya para dewa. Pohon ini mempunyai energi positif yang mampu meningkatkan keberuntungan dan kebahagiaan bagi orang yang menanamnya.

Pohon tanjung sebaiknya ditanam di sekitar tempat usaha agar bisa membantu kelancaran bisnis. Pohon yang sering digunakan sebagai pohon peneduh ini mempunyai aliran chi yang erat kaitannya dengan kelancaran rezeki.

10. Tanaman Melati

Hayo siapa yang suka bergidik ketika mencium aroma melati? Tanaman satu ini sering dikaitkan dengan hal-hal mistis yang bikin bulu kuduk berdiri. Mitosnya, bunga melati adalah bunga yang sering digunakan sebagai ritual untuk bertemu dengan Kanjeng Ratu Kidul.

Ritual-ritual lain yang berkaitan dengan kekuatan gaib pun sering menggunakan melati sebagai salah satu bunga sesajennya. Ini menambah citra mistis pada bunga perlambang kesucian ini semakin melekat.

Bunga melati yang dikenal juga dengan bunga jasmine ini tidak selalu menghadirkan kesan mistis dan digunakan sebagai media gaib.

Lebih dari itu, bunga yang juga digunakan sebagai bahan untuk membuat parfum ini dipercaya mendatangkan keberuntungan dan aura positif bagi penghuni rumah sehingga memberikan daya pikat yang kuat terhadap orang lain.

Menanam pohon melati di halaman depan juga konon akan membawa keharmonisan, kesejahteraan. Nah, meskipun selalu dianggap mistis, bunga melati ternyata punya kekuatan positif yang bisa dimanfaatkan untuk kebaikan, ‘kan? Jadi kamu tidak perlu takut menanam tanaman ini di halaman.

Itu dia 10 tanaman gaib yang mempunyai kekuatan yang mampu mendatangkan keberuntungan atau hoki. Meskipun banyak yang sanksi akan kebenarannya, masyarakat masih meyakini hal tersebut dan menanam tanaman-tanaman tersebut di pekarangan rumah atau di dalam pot.

Terlepas dari kepercayaan tersebut, tanaman-tanaman di atas mempunyai tampilan yang indah sehingga menanam tanaman tersebut akan membuat rumah dan ruangan menjadi terlihat segar dan enak dilihat. Jadi, tidak ada salahnya untuk menghias tanaman ini di rumah, ya, siapa tau hoki datang menghampiri dan membuatmu dibanjiri rezeki.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *