Ribuan Anak di Jatim Yatim Piatu Setelah Orang Tua Meninggal Terpapar Covid-19

Surabaya: Sebanyak 5.082 anak-anak di Jawa Timur menjadi yatim piatu. Ini setelah kedua orang tua mereka meninggal akibat terpapar covid-19.
 
“Kami coba berberkolaborasi dengan lembaga masyarakat, forum anak, dan stakeholder lainnya, menginisiasi upaya pemulihan psiko sosial terpadu bagi anak-anak karena kehilangan orang tuanya,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Kependudukan Jatim (DP3AK Jatim), Andriyanto, dikonformasi, Selasa, 3 Agustus 2021.
 
Terkait hal itu, Andriyanto mengaku terus melakukan proses pendataan by name by address. Pendataan ini untuk dilakukan intervensi, dan pemberian bantuan spesifik kepada mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Anak-anak tersebut juga akan didampingi oleh pendamping psikolog untuk dilakukan asesmen dan penguatan psikis selama pandemik berlangsung,” terangnya.
 
Baca: Vaksinasi Anak di Kabupaten Bekasi Dilakukan di Sekolah
 
Anak-anak tersebut, lanjut Andriyanto, nantinya juga akan diberikan peningkatan kapasitas, dengan edukasi dan pelatihan kewirausahaan oleh pelatih profesional yang dibutuhkan remaja. Caranya melalui daring atau luring di UPTD Dinas Sosial Provinsi Jatim.
 
“Kami juga bekerja sama dengan Dinas Dukcapil untuk memastikan Anak-anak tersebut memperoleh hak-hak sipilnya, misalnya akta kematian orangtua, akta kelahiran, KK yang ada namanya, kartu identitas anak dan perekaman KTP bagi yang mau berusia 17 tahun,” bebernya.
 
Selain itu, angka kematian akibat covid-19 di Jawa Timur mencapai 21.012 orang per 2 Agustus 2021. Dari jumlah itu, angka kematian anak-anak terinfeksi covid-19 bertambah dari 93 menjadi 114 jiwa.
 
“Ada 114 anak yang meninggal dunia akibat infkesi covid-19. Rinciannya 50 anak usia 0-5 tahun dan 64 anak usia 6-18 tahun,” tuturnya.
 
(LDS)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *