Inilah 13 Jenis Hot Dog di Dunia dengan Beragam Varian

Hot dog adalah salah satu makanan yang memiliki banyak penggemar. Makanan ini berupa roti yang diiris jadi dua dan diberi sosis di antara dua lapisan tersebut kemudian di atasnya ditambahkan saus, seperti mustard, saus tomat, dan lain-lain membuat semua orang langsung mengeluarkan air liur.

Secara historis, sosis dan sandwich-nya diimpor secara budaya dari Jerman dan kemudian menjadi populer di Amerika Serikat. Hot dog menjadi makanan jalanan kelas pekerja di AS, dijual di kios dan gerobak. Sekarang hot dog tersedia di seluruh dunia dan memiliki banyak varian menarik. Berikut ini adalah beberapa jenis hot dog di dunia yang bisa kamu coba.

1. Seattle Dog, Amerika Serikat

Seattle dog merupakan varian hot dog yang terdiri dari roti panggang dan sosis yang diberi krim keju, kubis, saus barbekyu, dan beberapa besar bawang panggang. Ada banyak jenis hot dog di seluruh Seattle dan hampir semuanya cocok dengan topping-nya.

Beberapa pembuat hot dog menambahkan pico de gallo, bacon, acar, atau mustard ke hot dog yang ukurannya sudah besar itu. Dipercaya bahwa hot dog bergaya Seattle dibuat pada tahun 1988 oleh Hadley Longe.

Dia adalah seorang pria pembuat bagel yang awalnya meletakkan sosis di atas bagel dengan krim keju dan menjualnya kepada penduduk setempat pada saat mereka keluar malam di dekat Pioneer Square.

2. Pølser, Denmark

Hot dog tidak hanya ada di Amerika. Di Denmark juga ada hot dog yang terkenal. Hot dog ini sering disebut sebagai rød pølser dan merupakan makanan cepat saji paling umum yang dimakan di Denmark.

Faktanya, tidak ada yang dianggap lebih Denmark daripada makan pølser yang baru disiapkan diikuti dengan sebotol bir yang menyegarkan. Sajian ini terdiri dari sosis tradisional Denmark yang dihidangkan dalam roti dan dianggap semacam hot dog gourmet.

Pølser asli dibedakan dengan warna merahnya yang tidak biasa dan secara tradisional dibuat dari daging babi murni. Pølser pertama muncul sekitar tahun 1921. Dengan cepat pølser menjadi populer dan sejak itu menjadi warisan penting dan tradisi makanan cepat saji di seluruh Denmark.

Hot dog ini dijual di jalan-jalan di kios makanan keliling yang disebut pølsevogns. Di kios tersebut beragam jenis hot dog disajikan, tetapi pølser adalah yang paling disukai orang banyak.

Ada lebih dari 120 pølsevogn di Kopenhagen dan mereka hadir sepanjang tahun. Biasanya pølser disajikan dengan sosis yang mencuat di kedua sisinya dan bumbu tradisional yang disajikan dengan sosis adalah saus tomat, mustard, dan remoulade Denmark.

3. Halv Spesial, Swedia

Halv special merupakan jenis hot dog Swedia yang terdiri dari hot dog standar, tetapi dengan twist, yaitu dilapisi dengan kentang tumbuk. Kata halv berarti setengah, tetapi ada juga versi yang disebut hel special. Hel artinya utuh. Ini mengacu pada fakta bahwa ada dua sosis, bukan hanya satu.

Hot dog sering juga diberi bumbu seperti saus tomat, mustard, acar, dan bawang panggang. Kadang-kadang, pelanggan bisa memutuskan apakah sosis akan dipanggang atau direbus atau mungkin salah satu dari masing-masing dalam versi hel special.

Kedua jenis hotdog ini, halv dan hel special, umumnya disantap dengan susu cokelat yang dinamakan pucko.

4. Sonoran Hotdog, Meksiko

Jenis hot dog di dunia ini dibuat di Hermosillo, ibu kota negara bagian Sonora, Meksiko barat laut. Hot dog ini terkenal di dua kota di Arizona, yaitu Tucson dan Phoenix. Pertama, sonoran diisi bacon yang dimasak dan dimasukkan ke dalam bolillo bun (roti Meksiko yang gurih).

Kemudian, biasanya dibumbui dengan kacang pinto, bawang bombay, dan tomat, ditambah jalapeños, mayo, dan mustard. Phoenix’s Nogales Hotdogs menawarkan pelanggan pilihan bumbu tambahan mulai dari jamur hingga salsa dan ketumbar.

5. Nokia Kuuma Koira, Finlandia

Kuuma koira adalah makanan jalanan tradisional Finlandia yang berasal dari kota Nokia. Hot dog ini terdiri dari sosis yang ditempatkan pada donat manis yang dibelah. Biasanya hot dog ini dibungkus dengan kertas berminyak dan diberi topping dengan mustard buatan sendiri.

Teodor Leppänen merupakan pencipta kuuma koira. Dia menciptakannya pada tahun 1960-an dengan menggunakan donat jeli apel. Namun saat ini orang menggunakan donat biasa yang ditaburi gula, bersama dengan rasa acar dan bawang mentah.

Dianjurkan untuk minum segelas susu setelah mengkonsumsi hot dog tersebut. Jenis hot dog yang tidak biasa ini dapat ditemukan di kios pinggir jalan dan kios makanan cepat saji di daerah tersebut.

6. Panchuker, Argentina

Sumber: tasteatlas.com

Panchuker, yang dieja sebagai panchuque, berasal dari provinsi Tucumán Argentina dan dapat ditemukan di kios pinggir jalan. Adonan untuk roti terdiri dari tepung, susu, telur, garam, dan merica, dan dituangkan ke dalam mesin yang mirip dengan mesin pembuat wafel.

Selanjutnya, ditambahkan sosis. Lalu dituangkan lagi adonan di atasnya dan menghasilkan sandwich seperti corn dog. Panchuker dapat dinikmati dengan kentang goreng, mustard, saus tomat, mayo, dan saus golf, yaitu saus Argentina yang terdiri dari campuran saus tomat dan mayo.

7. Párek v Rohlíku, Ceko

Párek v rohlíku merupakan jenis hot dog dari Ceko yang terdiri dari sosis parek kecil yang dihidangkan di dalam roti gulung. Dalam banyak hal, hot dog klasik Ceko ini mirip dengan hot dog umumnya, tapi roti gulung biasanya dilubangi dan sosisnya benar-benar tertutup di dalam roti.

Saus tomat atau mustard adalah satu-satunya bumbu yang secara tradisional dipadukan dengan párek v rohlíku. Camilan cepat dan mudah ini merupakan makanan kaki lima Ceko yang paling umum. Hot dog ini dijual di banyak gerobak makanan keliling dan bahkan dijumpai di banyak pompa bensin.

Dipercaya pencipta makanan ini adalah tukang daging Václav Masopust. Dia menciptakannya pada tahun 1972 ketika ia melihat varian serupa dijual di Madrid. Dia awalnya menamakannya picador, nama yang masih digunakan di bagian selatan negara itu.

Baca juga: Jenis Sosis yang Paling Enak dari Berbagai Negara

8. Khanom Tokyo, Thailand

Di Thailand, hot dog dibuat dari bahan-bahan yang bisa manis, gurih, atau pedas, termasuk saus sambal, kacang cincang, dan sayuran segar. Jenis hot dog di Thailand juga bisa hadir dengan bentuk yang berbeda.

Misalnya saja khanom Tokyo yang adalah krep tipis Thailand yang dibuat dengan dua isian. Bisa isian gurih yang terdiri dari bahan-bahan seperti telur, soy sauce, daging babi cincang dan sosis atau isian manis berupa puding krim yang manis. Apa pun itu, camilan ini lalu digulung menjadi bentuk hot dog.

9. Montréal Hot Dog, Kanada

Montréal hot dog merupakan jenis hot dog Kanada yang dibuat dari sosis kukus yang ditempatkan dalam roti kukus yang lembut dan diberi topping dengan bawang cincang, selada kol, mustard, dan sejenis kondimen lainnya.

Jika hot dog dikukus namanya menjadi steamé atau stimé. Namun hot dog ini bisa juga dipanggang atau dibakar sampai garing dan disebut dengan istilah toasté atau toastie. Akan tetapi toasties sedikit lebih mahal dan kurang populer dibandingkan steamies.

Jika topping-nya boleh dipilih, maka hotdog itu disebut sebagai all-dressed hot dog yang artinya hot dog diberi dengan berbagai topping. Konon itulah cara terbaik untuk menikmati kelezatan khas Montréal ini.

Hot dog Montréal tetap merupakan makanan pokok yang penting dan sekarang ini salah satu dari jenis hot dog di dunia ini dapat ditemukan di banyak sudut jalan di seluruh kota.

10. Shuco, Guatemala

Shuco dimulai di jalanan Guatemala City. Dahulu ada gerobak hot dog shuco di luar sekolah swasta anak laki-laki yang populer dan kemudian tak lama gerobak hot dog shuco pun mulai bermunculan di seluruh kota.

Kata shuco sendiri berarti “kotor” dalam bahasa Spanyol Guatemala. Shuco disajikan di atas roti panggang.

Namun perbedaan utama antara shuco dan hot dog pada umumnya adalah bahwa orang Guatemala membuatnya dengan berbagai daging panggang termasuk irisan sosis, chorizo, daging sapi, salami, dll. Beberapa topping termasuk guacamole, kubis kukus, mayones dan mustard.

11. Tōa-tn̂g pau sió-tn̂g (Sosis Kecil dalam Sosis Besar), Taiwan

Makanan khas jalanan Taiwan ini terdiri dari sosis babi kecil yang ditempatkan di dalam sosis ketan yang lebih besar dan kemudian dipanggang. Menyerupai hot dog klasik, sosis dalam sosis ini dapat dilengkapi dengan berbagai macam pelengkap.

Jenis hot dog Taiwan ini juga diberi bumbu termasuk sayuran asin, acar kubis, acar mentimun, bawang putih, wasabi, sambal manis, kecap kental, bubuk kacang tanah, ketumbar, dan kemangi. Hidangan ini biasanya dijual di pasar malam Taiwan.

Ide hot dog ini berasal dari ide kreatif seorang penjual makanan dari Taiwan yang menyukai sosis beras ketan dan sosis Taiwan tetapi terlalu malas untuk memakannya secara terpisah. Karena itu, dia menemukan cara untuk memakan keduanya pada saat bersamaan.

12. Corn Dog, Korea Selatan

Sumber: kocis.go.kr

Corn dog Korea merupakan sentuhan unik untuk hot dog yang dibuat dengan melapisi sosis dengan adonan corn dog, mencelupkannya ke dalam kentang goreng, lalu menggoreng semuanya dalam minyak. Hidangan disajikan dengan tusukan sate dan biasanya dikonsumsi sambil jalan-jalan.

Penjual hot dog menjualnya di seluruh Korea dan ada beberapa variasi. Jadi jenis hot dog khas Korea ini bisa juga berisi dengan bacon, kentang tumbuk, atau rumput laut. Sementara saus tomat biasanya digunakan sebagai bumbu utama.

Ada juga beberapa variasi lain, di antaranya mozzarella dog yang hanya diisi keju. Yang satu ini sangat populer di media sosial dan yang dilapisi dengan kentang atau mie ramen.

13. Completo, Chili

Sumber: roadsandkingdoms.com

Salah satu makanan kaki lima paling populer di Chili adalah completo yang lezat. Ini adalah jenis hot dog yang merupakan versi Chili dari hot dog Amerika yang terkenal. Dibuat dengan sosis wiener rebus yang disajikan di dalam roti gulung tawar.

Seluruh hidangan diberi topping dengan berbagai macam bumbu gurih seperti asinan kubis, alpukat tumbuk, tomat cincang, mayones, mustard, dan banyak kombinasi lezat lainnya.

Bergantung pada topping-nya, hot dog ini muncul dengan berbagai nama seperti original atau Italiana, dan dapat ditemukan di restoran-restoran lokal yang santai dan waralaba cepat saji di mana-mana di negara ini.

Ternyata bukan hanya Amerika Serikat yang memiliki berbagai hot dog, negara-negara lain di dunia pun memiliki jenis hot dog masing-masing. Ada hot dog yang gurih ada juga hot dog yang manis seperti versi Thailand atau Korea.

Mungkin hot dog bagi kamu bukan makanan asing lagi. Namun apakah kamu pernah mencoba hot dog lain selain versi hot dog Amerika Serikat?

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *