Review Botworld Adventure: Petualangan Robot Petarung Dalam Konsep RPG

Dari sekian banyak judul game gratis di Google Play, nama Botworld Adventure berhasil mencuri perhatian kami. Game kreasi Featherweight, developer asal Australia ini, menawarkan pengalaman bermain yang jarang diberikan dari game gratisan untuk Android. Yaitu petualangan open world dengan basis permainan role playing game (RPG).

Kehadiran Botworld begitu menarik di tengah kehadiran judul game gratis dengan tema MOBA atau Balapan. Tema petualangan milik Botworld membuat bermain game mobile jadi terasa menyenangkan kembali. Dengan progres bermain yang dinamis, bukan sekadar mengumpulkan item atau aksesoris saja. Tapi juga lokasi bermain yang terus berubah seiring perkembangan objective yang perlu dicapai.

Sebelum merilis Botworld Adventure, Featherweight sendiri telah menelurkan dua judul game yang cukup sukses diterima pasar. Judul pertama Rodeo Stampede, tentang seorang koboi yang berusaha menangkap binatang dengan tali lasonya. Kemudian ada Skiing Yeti Mountain yang tampak terinspirasi dari game klasik SKI di Microsoft Windows.

Dari kesemua judul game yang pernah rilis, dapat kami katakan bahwa Botworld Adventures memiliki skala paling masif. Dan lewat kesempatan bermain di program early access, kami coba memberikan gambaran dari beberapa poin review game khas Gizmologi. Khusus untuk kamu para Gizmofriends, pembaca setia rubrik games ini!

User Interface / Experiences

Botworld Adventure
Dialog dengan karakter lain khas game RPG dapat ditemukan dalam Botworld Adventure.

Jika kamu pernah memainkan atau setidaknya melihat game berkonsep RPG di konsol, mungkin akan mudah memahami tampilan antarmuka Botworld Adventure. Kamu akan langsung masuk ke dunia permainan di base camp atau kota tempat cerita bermula. Tepatnya di kapal milik ayah dari karaktermu. Tanpa melalui beranda menu terlebih dulu.

Pada bagian kiri atas layar akan tersedia icon untuk kostumisasi, shop, rewards, serta arena yang hanya dapat diakses bila telah mencapai level tertentu. Kemudian pada sisi kanan atas ada hamparan peta. Berisi lembaran cerita dan objective (dalam game ini disebut Contracts) untuk membantumu mencapai progres yang lebih terarah.

Featherweight membuat antarmuka game ini terasa clean dan simple. Ciri yang mereka bawa sejak Rodeo Stampede. Tidak lain untuk memudahkan gamer sepertimu mudah mengakses beragam menu yang tersedia secara efisien. Ditambah kalimat informasi yang ringkas tidak bertele-tele namun dapat dengan mudah dipahami.

Bagian antarmuka atau user interface Botworld patut diapresiasi. Bukan yang terbaik atau terkeren, tapi cukup untuk memberikan apa yang menjadi kebutuhan gamer untuk menyelesaikan progres permainan.

Visual Graphics

Botworld Adventure
Warna-warni khas game Featherweight tampak mencolok hingga ke sajian peta dunia bot.

Featherweight bukanlah studio besar. Didirikan sejak tahun 2014 oleh Dylan Bevis dan Tim Kaldor, mereka mendefinisikan Featherweight sebagai studio kecil. Dengan ambisi, orisinalitas, untuk membuat game berkualitas yang mampu meninju hingga kelas di atasnya. Dan itu terlihat dalam game karya mereka yang lebih mementingkan gameplay.

Botworld Adventure memiliki nafas kreasi seperti Rodeo Trapede yang lebih dulu dibuat Featherweight. Lewat kombinasi olah warna mencolok dikedepankan, membungkus desain karakter yang tampil sederhana. Termasuk untuk lingkungan tempat permainan berlangsung. Tidak ada detail gradasi mencolok di dalamnya.

Grafis visual game ini tampak menarik di awal, tapi seiring waktu memainkannya akan jadi tampak menjemukan. Sebab dengan progres cukup lambat, dunia yang tersaji tampak sangat monoton di beberapa tempat. Banyak ruang kosong di lingkungan Botwrold, sehingga menghilangkan elemen kejutan. Terutama saat bertemu lawan di hutan, misalnya.

Baca juga: Review Sausage Man: Battle Royale Yang Ramah Anak

Gameplay Botworld Adventure

Botworld Adventure
Terjebak di tengah musuh dengan level lebih tinggi terasa mengerikan!

Botworld Adventure mengisahkan pertualangan karakter di dunia yang menjadikan robot sebagai alat tempur dan meraih tujuan tertentu. Kamu dapat memilih empat ras karakter untuk dimainkan, yakni kucing, anjing, banteng, dan kadal. Di awal permainan karakter tersebut akan memiliki sebuah bot, yang lagi-lagi, dapat dipilih sesuai kesukaanmu.

Dunia Botworld tersaji begitu luas dengan beragam lanskap di dalamnya. Mulai dari Scrapper Coast tempat permainan bermula. Lalu ada Great Desert, Parched Sea, Fall Grove, Spore Wood, Saltwater Swap, sampai Ashen Shore. Itu belum termasuk lanskap bersalju, berbatu, dan beberapa tempat yang belum diberi nama. Sepertinya akan menyusul seiring update yang diberikan developer.

Bot (atau robot) dalam game berasal dari material rongsok atau sampah yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat hidup dan jadi senjata mematikan. Untuk menghidupkan serta memodifikasi tiap bot, dibutuhkan material tertentu yang tersebar dalam dunia bot. Atau kamu juga dapat memilih jalan cepat lewat proses jual-beli dengan pedagang, atau membeli item lewat micro transaction.

Sebagai sebuah game RPG, perkembangan karakter dan bot akan sangat bergantung pada pengalaman bertarung dan item yang didapatkan. Begitu juga dengan alur cerita yang akan berkembang seiring progres yang didapat. Objective atau disebut Contracts dalam Botworld didapatkan lewat interaksi dengan karakter lain.

Akan ada pertarungan ketika karaktermu berpapasan dengan bot liar atau karakter lain seperti bandit di hutan. Saat pertarungan terjadi, visualisasi berubah menjadi sebuah arena yang dikelilingi semacam laser tempat para bot bertarung. Karaktermu juga dapat memberi bantuan lewat mode skill yang tersedia. Seperti serangan bom, es pembeku, sampai garis api untuk menyerang bot lawan.

Konsep membawa, menukar, memodifikasi para bot dalam game ini sangat mirip dengan permainan game Pokémon. Bedanya jika Pokémon membawa monster, maka Botworld membawa robot-robot lucu.

Secara umum apa yang ditawarkan Featherweight untuk gameplay di dalam Botworld mampu memberi kesan tersendiri. Melihat bot milikmu berkembang jadi lebih kuat akan terasa menyenangkan. Melihat para karaktermu mampu memiliki skill yang lebih kuat juga tidak kalah serunya.

Dari sekian hal baik tadi, bukan berarti Botworld tidak memiliki kekurangan. Progres dan pace permainan yang terasa lambat cukup berpotensi membuat frustasi bahkan dapat membuatmu meninggalkan game ini. Untuk menyelesaikan sebuah peta, terkadang kami perlu banyak grinding agar para bot bertambah pengalaman dan kemampuannya. Selain itu, beberapa sisi dunia dalam peta memang dapat dijelejahi dengan segera, tapi di sana sudah menunggu para bandit dengan level sangat jauh darimu.

Control

Botworld Adventure
Kontrol permainan terasa sederhana dengan tombol navigasi yang mudah dipahami.

Kontrol permainan dalam Botworld Adventure sama seperti visual grafisnya, mudah dan sederhana. Kamu dapat menaruh titik tujuan agar karaktermu bergerak otomatis. Atau memilih mengarahkannya secara manual dan terus bergerak kontinyu. Dua mekanisme kontrol yang lazim kami temukan pada mode permainan RPG lainnya.

Pengaturan kontrol dalam mode pertarungan juga tidak kalah mudah. Apalagi para bot memang akan bertarung otomatis mengincar lawan yang ada di arena. Tugas kami hanya perlu memastikan bahwa bantuan berupa roket dapat tertuju tepat sasaran. Caranya lewat mengarahkan titik saran tepat sesuai tujuan.

Intinya kontrol permainan dalam game ini tersaji efektif sesuai dengan kebutuhan permainan. Tidak ada fungsi kontrol yang rumit dalam permainan. Memudahkan siapapun dapat mudah beradaptasi kala memainkan Botworld.

Monetization

Botworld Adventure
Jika kamu termasuk sabar memainkan game ini, tak perlu tergiur dengan gem yang dijual murah itu.

Konsekuensi menyaksikan iklan atau membeli beberapa item penting dalam permainan memang tidak dapat dihindarkan dari judul game gratisan seperti Botworld Adventure. Kami menemukan letak iklan pada setiap bonus item yang diberikan. Terkadang ada hari dimana tidak ada iklan. Hari yang membuat kami malah merindukannya.

Sementara transaksi dengan uang tunai dapat dilakukan untuk membeli koin atau gem dalam Botworld. Dengan kedua hal tersebut, kamu dapat melakukan pembelian item untuk memodifikasi bot sampai membuat bot yang lebih kuat. Apakah aktivitas pembelian tersebut layak dilakukan? Pada beberapa keadaan kami merasakan hal itu sangat layak dicoba.

Pertama, game ini memiliki cukup amunisi untuk menghadirkan sikap candu. Konsep dan gameplay yang menarik mendorong hal tersebut. Lalu, progres permainan yang lambat bila ditempuh lewat jalur ‘normal’ memang tampak disengaja. Tujuannya apalagi kalau bukan proses transaksi pembelian item tadi. Lewat item yang terbeli, maka dengan segera kita dapat mendapatkan progres lebih cepat dan sesuai harapan.

Harga item yang dijual bervariasi. Mulai dari Rp 32.000 sampai dengan Rp 1.621.287,- untuk paket gem terbaik hingga 2000 buah. Dari membeli gem, maka kamu dapat membeli koin, lalu koin dapat dipakai untuk menebus material pembuat robot. Tapi kami menilai hal tersebut masih terasa fair, sebab ada progres cerita yang masih dapat diharapkan.

Catatan:
Game Sausage Man ini diuji coba menggunakan Realme 6 Pro

Spesifikasi Game Botworld Adventure

Publisher: Featherweight
Developer: Featherweight
Platform: Android
Download: Google Play Store
Genre: Role Playing Game, Adventure
Size: 232 MB
Harga: Freemium (In Game Purchase)

The Review


Botworld Adventure

PROS

  • Dunia robot berkonsep RPG dengan potensi cerita menarik.
  • Tampilan UI dan kontrol mudah digunakan.
  • Pertarungan antar bot berlangsung seru.

CONS

  • Visualisasi bisa sangat membosankan.
  • Progres permainan terasa sangat lambat.

Review Breakdown

  • User Interface
    0%
  • Graphic Visuals
    0%
  • Gameplay
    0%
  • Control
    0%
  • Monetization
    0%

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *