10 Tips Belajar Masak untuk Pemula yang Mudah Dilakukan

Belajar masak bukan untuk wanita atau kaum ibu saja. Masak merupakan basic life skill yang harus dikuasai oleh semuanya, termasuk pria. Di zaman yang serba mudah, mempelajari hal baru bukan sebuah kesulitan, termasuk belajar memasak. Anda bisa mendapat informasi serta bantuan dari berbagai sumber yang tersedia secara gratis di internet. 

Memasak memang terkesan merepotkan. Ada banyak bahan dan bumbu yang perlu disiapkan. Belum lagi step by step pengolahan yang membingungkan. Selain itu rasa juga harus diperhatikan, karena jika tidak enak tentu akan mubazir. Intinya, tidak semua orang suka masak dan lebih memilih jalan praktis yaitu membelinya di luar.

Namun, bisa memakan masakan sendiri atau melihat orang lain menyantap dengan lahap masakan kita dan memujinya enak, membuat kita merasa bahagia. Ada kepuasan yang sulit ditukar dengan apa pun.

Nah! Jika Anda tertarik untuk mulai belajar masak, berikut ini sepuluh tips belajar masak untuk pemula yang dilansir dari berbagai sumber. Simak penjelasannya lebih lanjut yuk!

1. Kenalan dengan Bumbu Beserta Fungsinya

Tips belajar masak bagi pemula yang pertama adalah mengenali lebih dulu bumbu-bumbu beserta fungsinya. Jika selama ini Anda tahu bentuk bawang merah dan bawang putih, sekarang mulai cari tahu kegunaannya atau efek rasa apa yang diberikan. Bagian ini cukup penting karena ada beberapa bumbu atau rempah-rempah yang umum dipakai di masakan Indonesia memiliki kesamaan bentuk.

Bagi para pemula ini tentu sulit. Misalnya ketika Anda harus membedakan biji merica atau ketumbar atau membedakan antara kunyit, jahe, kencur dan lengkuas. Oleh karena itu penting untuk mengenali bumbu tersebut seperti dari aroma, bentuk dan warna. Setelahnya, cari tahu kegunaan bumbu-bumbu tersebut pada masakan. 

2. Mengenal Bahan dan Kriterianya

Sebagai pemula dalam kegiatan masak-memasak, Anda memang harus lebih banyak berkenalan. Setelah kenalan dengan bumbu, mari sekarang berkenalan dengan bahan pangan. Ketahui lebih dulu jenis-jenis sayur, kacang, bagian-bagian daging sapi, jenis ikan, makanan laut dan lainnya. Setelah bisa membedakan mereka semua, mulai cari tahu dan kenali kriterianya.

Setiap sayuran memiliki kriteria dan treatment pengolahan yang berbeda. Misalnya tidak semua sayuran cocok dimasak dengan santan, malah justru dilarang. Dari kriteria-kriteria tersebut, Anda bisa mengetahui bahwa setiap bahan makanan memerlukan waktu yang berbeda-beda untuk matang, bahan makanan tersebut lebih enak diolah menjadi apa dan sebagainya.

3. Mengenal Alat Masak dan Fungsinya

tips belajar masak untuk pemula_Mengenal Alat Masak dan Fungsinya

Tips belajar masak untuk pemula yang selanjutnya adalah mulai mengenal alat-alat masak. Selama ini ada berapa alat masak yang familiar untuk Anda? Selain pisau, panci, wajan atau penggorengan, dan oven, terdapat beragam alat masak lain yang digunakan dalam memasak. Kenali lalu ketahui fungsinya agar Anda dapat memasak dengan tenang.

Anda mungkin tidak tahu bahwa panci juga ada berbagai jenis dan ukuran. Selain itu pisau yang selama ini jadi barang wajib di dapur juga tersedia dalam beberapa tipe, semuanya digunakan untuk keperluan berbeda. Ada pisau untuk daging hingga kue.

Jangan lupa juga cari tahu mengenai bahaya akibat tidak memperhatikan penggunaan alat-alat masak. Sebut saja kontaminasi silang karena penggunaan alat masak yang salah.

4. Mengenal Aneka Teknik Memasak

tips belajar masak untuk pemula_Mengenal Aneka Teknik Memasak

Proses kenalan selanjutnya yang sangat penting dan berguna untuk pemula adalah mengenal aneka teknik memasak. Sebagai orang yang mulai belajar masak, selama ini teknik atau proses masak yang diketahui rata-rata hanya menggoreng, mengukus dan merebus. Sebenarnya mengenali tiga proses itu sudah cukup baik, kecuali Anda belajar masak untuk keperluan profesional.

Sebagai pemula, ketahui trik terkait tiga teknik memasak tersebut, seperti bagaimana cara menggoreng yang aman dan matang merata, seberapa banyak minyak yang diperlukan untuk menggoreng bahan makanan A atau B, berapa lama waktu merebus telur agar dapat hasil yang matang dan lain-lain. Mengetahui teknik memasak sangat penting untuk proses belajar memasak Anda.

5. Mulai Belajar Memotong Bahan-bahan

Setelah mengenal bumbu, bahan, alat masak hingga teknik memasak, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan para pemula adalah mulai belajar memotong bahan-bahan makanan. Pelajari bagaimana potongan terbaik untuk daging, ikan, hingga sayuran. Hal ini terkesan sepele, padahal dengan mengetahuinya Anda bisa menentukan berapa lama waktu memasak yang dibutuhkan bahan tersebut.

Saat memotong daging misalnya, pengetahun mengenai cara memotong yang tepat agar ia cepat empuk tentu jadi hal baru dan menarik untuk dipelajari. Dengan mengetahui cara memotong daging yang benar, Anda bisa membuat olahan daging yang lezat tanpa kesulitan mengunyahnya.   

6. Baca Resep atau Nonton Tutorial Memasak

tips belajar masak untuk pemula_Baca Resep atau Nonton Tutorial Memasak

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan para pemula adalah dengan mulai membaca resep dan nonton tutorial masak. Lakukan itu hingga setidaknya Anda paham mengenai langkah pertama yang harus dilakukan saat memasak. Membaca resep dan melihat toturial sangat penting sebagai salah satu upaya mengenali bahan-bahan dan teknik masak lebih jauh.

Baca juga:

Hitung hal ini sebagai praktik tidak langsung sebelum Anda benar-benar terjun ke dapur untuk mulai membuat satu masakan. Sering-sering membaca resep dan melihat video tutorial memasak bisa mengurangi kegugupan Anda saat di dapur nanti. 

7. Belajar Menentukan Kematangan Makanan

tips belajar masak untuk pemula_Belajar Menentukan Kematangan Makanan

Tips belajar masak untuk pemula yang seterusnya adalah belajar menentukan kematangan makanan. Ketahui bahwa ada beberapa tingkat kematangan. Jangan sampai masakan Anda kurang matang atau terlalu matang. Bagi beberapa bahan makanan, terlalu matang akan membuatnya lembek sementara untuk bahan pangan lain, jika kurang matang dapat berbahaya bagi kesehatan karena masih mengandung berbagai bakteri.

Mulailah menghitung waktu yang dibutuhkan untuk memasak hingga seluruh bahan matang. Sebelumnya Anda harus sudah lebih dulu mengenal kriteria bahan pangan yang digunakan; apakah ia tipe yang cepat matang atau membutuhkan waktu agak lama untuk matang.  

8. Masak Menu Sederhana Lebih Dulu

tips belajar masak untuk pemula_Masak Menu Sederhana Lebih Dulu

Setelah semua perkenalan, tips belajar masak untuk pemula yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mulai memasak! Sebagai permulaan, tentu saja Anda hanya perlu memasak menu-menu sederhana lebih dulu. Cari referensi dan ide menu yang sederhana dan praktis. Menu tersebut biasanya tidak terlalu banyak membutuhkan bahan dan bumbu. Cara pengolahannya pun masih sangat dasar.

Menu-menu yang sederhana biasanya disantap saat sarapan. Lalu bagaimana jika untuk masakan pertama ini, Anda buat nasi goreng? Bahan dan bumbu yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, begitu pun dengan tahapan pengolahannya. Setelah membuat nasi goreng dirasa mahir, Anda bisa mulai memasak menu lain.  

9. Sering Praktik Resep Masakan

tips belajar masak untuk pemula_Sering Praktik Resep Masakan

Tips belajar masak untuk pemula yang bisa membantu Anda semakin pandai mengolah masakan yaitu tentu saja sering praktik. Belajar apa pun akan semakin mahir saat disertai dengan praktik, begitu pula dengan memasak. Lakukan beberapa metode memasak secara bergantian. Mulai dari menggoreng, menumis, mengukus, merebus, hingga memanggang.

Memasak lebih sering akan membuat Anda lebih cepat pandai. Setidaknya tangan akan mulai luwes memegang alat-alat masak, memotong dan sebagainya. Selain itu Anda juga mulai bisa mengira-ngira tingkat kematangan dan rasa masakan.  

10. Terus Mencoba Hingga Rasa Sempurna

tips belajar masak untuk pemula_Terus Mencoba Hingga Rasa Sempurna

Terakhir, tips belajar masak untuk pemula adalah terus mencoba hingga mendapatkan rasa yang sempurna. Ketika pertama kali masak wajar jika rasa masakan Anda keasinan atau kurang asin. Seiring berjalannya waktu yang disertai dengan terus latihan memasak dan mencoba aneka resep, hal tersebut akan terlatih dengan sendirinya.

Belajar apa pun memang membutuhkan ketelatenan, semangat dan konsisten. Terus memasak adalah jalan ninja agar Anda bisa pandai memasak. Dengan terus mencoba, Anda bisa belajar dari kekurangan, menambalnya dan berimprovisasi sehingga tercipta rasa yang sempurna.

Demikian sepuluh tips belajar masak untuk pemula yang bisa Anda lakukan. Modal pertama yang harus dimiliki saat akan belajar memasak adalah keinginan, tanpa itu segala kemudahan di depan mata akan percuma. Bagaimana? Sudah siap menjadi koki untuk diri sendiri dan orang-orang tersayang?

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *