10 Film Paling Sedih yang Diambil dari Kisah Nyata

Film kisah nyata yang sedih menjadi sebuah tontonan yang akan suguhkan pengalaman serta perasaan berbeda. Pasalnya, kita ikut membayangkan betapa tokoh asli dalam film-film tersebut menjalani kehidupan yang pilu dengan perjalanan serta perjuangan yang berat. Kisahnya menjadi inspirasi para sineas untuk mentransfernya ke dalam sebuah karya yang bisa abadi.

Hasilnya, beberapa judul film di bawah ini pun tercipta. Jalan ceritanya merupakan inspirasi, adaptasi bahkan memang merupakan film biografi dari sosok tersebut. Tanpa berlama-lama, ini dia sepuluh film berdasarkan kisah nyata dengan alur cerita memilukan yang bisa Anda jadikan tontonan dan pelajaran versi Bacaterus.  

1. Schindler’s List (1993)

film kisah nyata yang sedih_Schindler’s List
  • Tahun: 1993
  • Genre: Epic Historical Drama
  • Produksi: Amblin Entertainment
  • Sutradara: Steven Spielberg 
  • Pemeran: Liam Neeson, Ben Kingsley, Ralph Fiennes, Caroline Goodall

Sinposis & Review Schindler’s List (1993)

Schindler’s List (1993) menjadi salah satu film kisah nyata yang sedih dan tak terlupakan dalam sejarah film Amerika. Pada 2007 ia masuk menduduki peringkat 8 dalam The 100 Best American Film oleh American Film Institute. Film ini juga dinominasikan untuk 12 kategori dalam Academy Awards dan memenangkan tujuh nominasi di antaranya. 

Schindler’s List (1993) diangkat berdasarkan novel tahun 1982 karya Thomas Keneally berjudul Schindler’s Ark yang terinspirasi dari kehidupan nyata seorang Oskar Schindler dan istrinya, Emilie Schindler.

Oskar yang merupakan seorang German Industrialist menyelamatkan lebih dari seribu pengungsi Polandia-Yahudi dari peristiwa Holocaust dengan mempekerjakan mereka di pabriknya selama PD II.

2. City of God (2002)

film kisah nyata yang sedih_City of God
  • Tahun: 2002
  • Genre: Criminal, Crime, Drama
  • Produksi: O2 Filmes, VideoFilmes, Hank Levine Film
  • Sutradara: Fernando Meirelles, Katia Lund 
  • Pemeran: Alexander Rodrigues, Leandro Firmino da Hora, Douglas Silva, Phellipe Haagensen

Pada 2004 lalu, City of God (2002) dinominasikan dalam empat kategori di ajang Academy Awards yaitu Best Cinematography, Best Director, Best Film Editing dan Best Writing. Film ini diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama karya Paulo Lins yang terinspirasi dari kisah nyata mengenai pertumbuhan kejahatan terorganisir yang ada di pinggiran Cidade de Deus di Rio de Janeiro

Peristiwa tersebut terjadi antara tahun 1960-an hingga 1980-an awal. Film dibuka dengan ulah tiga pencuri amatir yang miskin. Mereka dikenal dengan nama Tender Trio yang terdiri atas Shaggy, Clipper, dan Goose. Suatu hari Li’l Dice, seorang anak laki-laki meyakinkan mereka untuk membajak sebuah motel dan merampok para penghuninya. Sayang, hal tak terduga dan dihindari oleh ketiganya justru terjadi. 

3. The Pianist (2002)

film kisah nyata yang sedih_The Pianist
  • Tahun: 2002
  • Genre: Biographical Film, War, Drama
  • Produksi: Canal+, Studio Babelsberg, Studio Canal+
  • Sutradara: Roman Polanski 
  • Pemeran: Adrien Brody, Thomas Kretschmann, Frank Finlay, Maureen Lipman

Film kisah nyata yang sedih selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan, apalagi jika memiliki kegemaran khusus terhadap film-film biografi, adalah The Pianist (2002). Film ini dibuat berdasarkan buku otobiografi berjudul The Pianist (1946), sebuah memoar Holocaust yang ditulis oleh pianis dan composer Polandia-Yahudi bernama Władysław Szpilman.

Szpilman adalah salah satu korban selamat dari tragedi bersejarah dan memilukan tersebut. Diperankan oleh Adrien Brody, pada November 1940 Szpilman dan keluarganya dipaksa meninggalkan rumah ke Ghetto Warsawa yang terisolasi dan penuh sesak.

Di sana pembunuhan terhadap kaumnya adalah pemandangan sehari-hari. Anak-anak dibiarkan kelaparan serta mayat di mana-mana sangat menerornya. Sejak itu, Szpilman bertahan hidup dengan bersembunyi dari satu tempat ke tempat yang lain. Berkat bantuan Kapten Wilm Hosenfeld pada 1944 seorang perwira Angkatan Darat Jerman, Szpilman akhirnya dapat selamat. 

4. A Beautiful Mind (2001)

film kisah nyata yang sedih_Beautiful Mind
  • Tahun: 2001
  • Genre: Biographical Film, Drama
  • Produksi: Universal Pictures, DreamWorks Pictures, Imagine Entertainment
  • Sutradara: Ron Howard  
  • Pemeran: Russell Crowe, Ed Harris, Jennifer Connelly, Christopher Plummer

Tak kalah sedih, A Beautiful Mind (2001) merupakan film yang dibuat berdasarkan kisah nyata seorang matematikawan Amerika bernama John Nash. Beliau adalah peraih Nobel Laureate in Economics dan Abel Prize Winner yang hebat. Pada 1953, Nash yang diperankan Russell Crowe diundang ke Pentagon untuk mempelajari telekomunikasi pihak musuh yang dienkripsi dan berhasil diurainya. 

Nash dan salah satu muridnya, Alicia Larde (Jennifer Connelly) saling jatuh cinta. Nash pun akhirnya melamar Alicia dan keduanya menikah. Sayang, kebahagiaan Alicia dan Nash tidak berlangsung lama karena sang jenius divonis skizofrenia. Alih-alih meninggalkan, Alicia dengan setia tetap tinggal dan mendukungnya. Lalu bagaimana akhirnya kisah Nash dan Alicia ini? 

5. Hachi: A Dog’s Tale (2009)

film kisah nyata yang sedih_Hachi A Dog’s Tale
  • Tahun: 2009
  • Genre: Drama, Based True Story
  • Produksi: Hachiko, LLC, Grand Army Entertainment, LLC, Opperman Viner Chrystyn Entertainment, Scion Film, Inferno Production
  • Sutradara: Lasse Hallstrom 
  • Pemeran: Richard Gere, Joan Allen, Erick Avari, Jason Alexander

Film kisah nyata yang sedih selanjutnya ini benar-benar akan membuat Anda banjir air mata. Hachi: A Dog’s Tale (2009) bercerita tentang persahabatan seorang profesor bernama Parker Wilson dan seekor anjing menggemaskan bernama Hachi. Film yang disutradarai oleh Lasse Hallstrom ini merupakan adaptasi dari film Jepang tahun 1987 berjudul Hachiko Monogatari. Anjing jenis Akita bernama Hachiko tersebut hidup tahun 1920. 

Pada film ini, Parker Wilson yang merupakan seorang profesor musik secara tidak sengaja menemukan seekor anak anjing di person stasiun di Bedridge lalu membawanya pulang. Hachi dirawat dengan penuh kasih, hingga anjing itu tumbuh dewasa dan mulai mengikuti serta menjemput Parker di stasiun. Kegiatan tersebut menjadi rutinitas menyenangkan bagi keduanya, hingga suatu hari Parker tak lagi kembali. 

6. Into the Wild (2007)

film kisah nyata yang sedih_Into the Wild
  • Tahun: 2007
  • Genre: Biographical Film, Adventure, Drama
  • Produksi: Paramount Vantage, River Road Entertainment, Square One C.I.H, Linson Film
  • Sutradara: Sean Penn 
  • Pemeran: Emile Hirsch, Marcia Gay Harden, William Hurt, Jena Malone

Sinopsis & Review Into The Wild (2007)

Diadaptasi dari sebuah buku non-fiksi yang terbit tahun 1996 berjudul Into the Wild karya Jon Krakauer, film ini menceritakan kisah nyata kehidupan seorang Christopher McCandless atau Alexander Supertramp. McCandless terkenal sebagai seorang pria yang mendaki, melintasi Amerika Utara menuju hutan belantara di Alaska di awal tahun 1990-an. 

Baca juga:

Pada April 1992, McCandless tiba di sebuah daerah terpencil bernama Healy, tepat di utara Denali National Park and Preserve di Alaska. Dia lalu melanjutkan perjalanan semakin jauh ke hutan belantara dan akhirnya tinggal di sebuah bus kota yang sudah lama ditinggalkan. 

Dua tahun sebelumnya, setelah lulus dari universitas, McCandless memutuskan meninggalkan semua kehidupannya setelah merasa dikecewakan oleh keadaan. Setelah dua tahun berkelana, dia memutuskan hidup di alam. Sayang keadaan semakin memburuk dan McCandless kekurangan makanan. 

Dia sampai harus memakan akar dan tanaman yang ternyata beracun. Perlahan kesehatannya semakin memburuk dan tubuhnya ditemukan tak bernyawa dua minggu kemudian. McCandless meninggal setelah berusaha ingin kembali ke keluarga dan kehidupan yang sempat dia tinggalkan. 

7. 12 Years of Slave (2013)

film kisah nyata yang sedih_12 Years of Slave
  • Tahun: 2013
  • Genre: Biographical Film, Period Drama Film 
  • Produksi: Regency Enterprises, River Road Entertainment, Plan B Entertainment, New Regency Productions, Film4 Productions
  • Sutradara: Steve McQueen 
  • Pemeran: Chiwetel Ejiofor, Michael Fassbender, Lupita Nyong’o, Sarah Paulson

Film kisah nyata yang sedih selanjutnya berkisah tentang hidup seorang budak yang diadaptasi dari sebuah memoar tahun 1853 milik Solomon Northup, seorang Afrika-Amerika yang merdeka. Kemerdekaannya sebagai manusia bebas harus menemui bencana ketika pada 1841 dia dijual sebagai budak oleh dua orang penipu. Selama diculik, Northup mengalami banyak penyiksaan.

Solomon yang dimainkan oleh aktor Chiwetel Ejiofor dipekerjakan di perkebunan yang ada di negara bagian Louisiana selama kurang lebih 12 tahun, sebelum akhirnya dibebaskan. Selama menjadi budak, Northup terus berusaha untuk mendapatkan kebebasan. Perjuangannya pun membuahkan hasil setelah 12 tahun tak putus harapan. 

8. Room (2015)

film kisah nyata yang sedih_Room
  • Tahun: 2015
  • Genre: Drama, Based True Story
  • Produksi: Filmnation Entertainment, Telefilm Canada, Film4, Irish Film Board
  • Sutradara: Lenny Abrahamson 
  • Pemeran: Brie Larson, Jacob Tremblay, Joan Allen, William H. Macy

Saat menonton film ini, Anda tidak akan percaya bahwa penderitaan yang dialami tokoh utamanya, yaitu Joy Newsome benar-benar terjadi dan dialami seorang manusia.

Kenyataannya, film yang diadaptasi dari sebuah novel karya Emma Donoghue ini terinspirasi dari sebuah peristiwa tragis yang menimpa Elisabeth Fritzl; seorang gadis asal Austria yang diculik dan disekap serta diperkosa oleh ayahnya sendiri, Josef Fritzl.

Dalam film, Anda akan mengikuti kehidupan perih yang dijalani seorang perempuan muda berusia 24 tahun bernama Joy dan sang putra, Jack. Jack lahir setelah Joy diperkosa oleh seorang pria yang disebut Old Nick. Keduanya disekap di sebuah ruangan dalam keadaan sangat memprihatinkan.

Meski begitu, Joy dan Jack saling menyayangi. Bagaimana kelanjutan kisah keduanya? Apakah mereka akan berhasil keluar dari ruangan tersebut? 

9. Hotel Rwanda (2004)

film kisah nyata yang sedih_
  • Tahun: 2004
  • Genre: Drama, Based True Story
  • Produksi: United Artist, Lions Gate Films, Miracle Pictures, Seamus
  • Sutradara: Terry George 
  • Pemeran: Don Cheadle, Sophie Okonedo, Nick Nolte, Joaquin Phoenix

Film kisah nyata yang sedih selanjutnya ini mengangkat perjuangan serta kedermawanan seorang hotelier bernama Paul Rusesabagina dan istrinya, Tatiana ketika terjadi Rwandan Genocide tahun 1994. Dalam film ini, diperlihatkan bahwa Rusesabagina yang diperankan oleh Don Cheadle berusaha menyelamatkan nyawa keluarga serta lebih dari 1.000 orang pengungsi.

Saat peristiwa mengerikan itu terjadi, Rusesabagina memberikan orang-orang tersebut tempat berlindung, yaitu di hotel tempatnya bekerja, Hôtel des Mille Collines. Ketegangan antara pihak pemerintah yang dikendalikan Hutu dan pihak pemberontak dari Tutsi menyebabkan kekacauan di mana-mana.

Menariknya, Rusesabagina dan Tatiana berasal dari dua kelompok yang bertikai tersebut. Lalu apakah mereka beserta para pengungsi dapat selamat?

10. The Pursuit of Happiness (2006)

film kisah nyata yang sedih_The Pursuit of Happiness
  • Tahun: 2006
  • Genre: Biographical Film, Drama
  • Produksi: Columbia Pictures, Relativity Media, Overbrook Entertainment, Escape Artists
  • Sutradara: Gabriele Muccino 
  • Pemeran: Will Smith, Jaden Smith, Thandie Newton, Brian Howe

Perjuangan seorang salesman bernama Chris Gardner beserta anaknya, Christopher Jr. selama kurang lebih satu tahun menjadi tunawisma tertuang dalam sebuah memoar. Memoar tersebut ditulis sendiri oleh dirinya dan menjadi terlaris di tahun 2006 yang kemudian diadaptasi menjadi sebuah film. Karakter Chris Gardner sendiri dibawakan dengan apik oleh Will Smith.

Pada 1981, Gardner menginvestasikan seluruh tabungannya untuk sebuah alat pemindai kepadatan tulang portable yang rencananya akan dijual dan ditawarkan pada para dokter. Keadaan ekonominya sangat berantakan, dia bahkan kekurangan uang untuk sekadar membayar ongkos taksi. 

Keadaan semakin buruk ketika sang istri memilih pergi, meninggalkannya bersama sang putra dan sisa uang yang hanya tinggal $22 dollar. Kondisi tersebut diperparah saat rumahnya harus digusur dan mengakibatkan dia beserta sang putra harus pergi. Keduanya pun menjadi tunawisma.

Meski begitu mereka tampak tak pernah berhenti saling menyayangi. Walau harus tinggal di sembarang tempat, Gardner dan putranya yang berusia 5 tahun tak henti saling berbagi canda.

Sepuluh rekomendasi film kisah nyata yang sedih di atas bukan sekadar sebuah tontonan biasa. Saat menontonnya akan ada perasaan lain yang bercampur. Anda juga akan turut membayangkan saat peristiwa itu terjadi. Pengalaman menyaksikan film-film yang diangkat dari kisah nyata memang selalu berbeda. Bagaimana? Sedang butuh menangis? Film di atas akan membantu Anda!

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *