[Cek Fakta] Penghina Presiden Joko Widodo Divonis Hukuman Mati? Ini Faktanya

Beredar sebuah video dengan narasi judul penghina Presiden Joko Widodo divonis hukuman mati. Video beredar di facebook.
 
Kanal youtube PENA ISTANA membagikan video ini pada 10 Juni 2021. Video berjudul “AKHIRNYA !! NYA NYIAN SI PENGHIN4 BERUJUNG MALA PETAKA” telah ditonton 17 ribu orang.
 
Dalam halaman sampul video tersebut, terdapat narasi sebagai berikut. “Semua Sepakat Langsung ke Nusakambangan Penghina Jokowi Akhirnya Diberikan Hukuman Mati”

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 
[Cek Fakta] Penghina Presiden Joko Widodo Divonis Hukuman Mati? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim penghina Presiden Joko Widodo divonis hukuman mati adalah salah. Faktanya, tidak ada vonis hukuman mati kepada pelaku penghina presiden.
 
Video berdurasi 10 menit 5 detik itu sama sekali tidak ada informasi atau narasi vonis hukuman mati pelaku penghina presiden. Video hanya berisi polemik pasal pidana bagi penghina presiden dalam RKUHP.
 
Dilansir kompas.com, merangkum beberapa kasus penghinaan kepada Presiden Joko Widodo. Bererapa kasus berujung pidana dan pelaku ditetapkan sebagai tersangka karena bersifat ancaman dan ujaran kebencian. Beberapa juga memberikan permintaan maaf ke publik di media sosial dan berjanji tidak mengulangi perbuatannya.
 
[Cek Fakta] Penghina Presiden Joko Widodo Divonis Hukuman Mati? Ini Faktanya
 
Polemik terkait pasal penghinaan presiden mencuat karena diusulkan masuk ke dalam Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKHUP).
 
Revisi KUHP memuat ketentuan pasal penghinaan presiden. Adapun bunyi pasal 218 ayat 1 Setiap Orang yang di muka umum menyerang kehormatan atau harkat dan martabat diri presiden atau wakil presiden dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun 6 (enam) bulan atau pidana denda paling banyak kategori IV.
 
Hukum pidana ditambah satu tahun jika penghinaan disampaikan melalu media sosial. Hal ini termaktub pada pasal 219.
 
Sedangkan sifat delik aduan termaktub pada pasal 220 ayat (1). Pengaduan dapat dilakukan secara tertulis oleh presiden atau wakil presiden.
 
[Cek Fakta] Penghina Presiden Joko Widodo Divonis Hukuman Mati? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim penghina Presiden Joko Widodo divonis hukuman mati adalah salah. Faktanya, tidak ada vonis hukuman mati kepada pelaku penghina presiden.
 
Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
[Cek Fakta] Penghina Presiden Joko Widodo Divonis Hukuman Mati? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.medcom.id/nasional/politik/5b2m8W2N-pidana-penghinaan-presiden-harus-dipagari-agar-tak-jadi-pasal-karet
2.https://regional.kompas.com/berita/08463681-nasib-para-pelaku-penghinaan-presiden-jokowi-di-media-sosial-dipenjara?page=all
3.https://archive.fo/1Qymr
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 

 
(WHS)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *