10 Tips Menjaga Bayi Tetap Hangat Saat Musim Hujan

Musim hujan akan membuat suhu udara menjadi dingin. Jangankan bayi, orang dewasa pun kerap merasa kewalahan dan butuh untuk segera menghangatkan badan. Saat memasuki musim dingin, kondisi badan tidak jarang akan mudah sekali drop. Kondisi semacam ini cukup mengganggu, apalagi jika Anda juga punya bayi.

Selain harus menjaga tubuh sendiri, Anda juga harus menjaga tubuh bayi tetap hangat. Menurut Janice Montague, seorang direktur pediatric di Good Samaritan Hospital, bayi belum punya kemampuan untuk mengatur suhu inti tubuh mereka. Tubuh bayi juga kehilangan panas jauh lebih cepat dibandingkan tubuh orang dewasa.

Dengan tubuhnya yang mungil, bayi pun belum punya kemampuan meningkatkan panas sehingga bisa mudah menggigil. Mereka juga tidak punya lemak yang diperlukan agar tubuh menjadi hangat dengan sendirinya. Oleh karena itu, Anda perlu membantunya dengan cara menjaga bayi tetap hangat.

Lalu apa saja tips menjaga bayi tetap hangat saat musim hujan atau saat dia berada di udara dingin? Berikut adalah jawabannya!

1. Pakaikan Selimut Ekstra Hangat

tips menjaga bayi tetap hangat saat musim hujan_Pakaikan Selimut Ekstra Hangat

Daripada memakaikannya pakaian yang berlapis-lapis dan membuat Anda kesulitan saat harus mengganti popok sekali pakai, Anda bisa melindungi bayi dengan menghangatkannya menggunakan selimut yang lebih mudah dipakai dan dilepas. Pilih selimut dengan bahan yang lembut, tidak berbahaya untuk kulit dan pernapasan bayi, serta cukup ringan.

Pastikan selimut yang Anda pilih memiliki kriteria itu. Hindari memilih selimut bahan wool karena permukaannya cukup kasar sehingga tidak akan membuat bayi nyaman. Pilih selimut berbahan katun organik, terutama bila bayi Anda memiliki kulit yang sensitif. Pilihan lainnya adalah selimut berbahan double freele, velboa dan polyester atau katun. 

2. Segera Ganti Saat Pakaian Bayi Basah

tips menjaga bayi tetap hangat saat musim hujan_Segera Ganti Saat Pakaian Bayi Basah

Pakaian basah pada bayi bisa disebabkan karena beberapa hal, misalnya ketumpahan air susu dan keringat atau lembap. Oleh karena itu, tips menjaga bayi tetap hangat saat musim hujan selanjutnya adalah dengan segera mengganti pakaian bayi Anda ketika basah. Anda bisa memeriksanya setelah bayi menyusu atau setiap beberapa jam sekali.

Selain bisa membuatnya kedinginan, baju basah yang tidak segera diganti bisa menyebabkan kulitnya teriritasi. Kulit bayi yang cukup sensitif akan menjadi lembap, memerah dan gatal. Demi menjaganya dari masalah-masalah itu, rutin cek pakaian bayi Anda dan lekas menggantinya bila basah.

3. Ganti Popok Secara Berkala

tips menjaga bayi tetap hangat saat musim hujan_Ganti Popok Secara Berkala

Selain pakaian, popok yang dipakai bayi juga harus Anda periksa secara rutin. Popok yang dibiarkan basah bisa membuat bayi kedinginan. Itulah mengapa Anda harus rajin memeriksa dan mengganti popoknya secara rutin atau berkala. Misalnya lakukan pemeriksaan setiap  dua jam sekali. Jika popok dirasa sudah penuh dan mulai basah, segera ganti. 

Namun, alangkah lebih baik jika Anda juga tetap mengganti saat popok belum terlalu basah. Semua dilakukan demi menjaga kulit bayi tetap kering tanpa lembap. Jika kulit bayi sudah lembap, ia akan rentan terkena ruam dan iritasi.

4. Pilih Baju yang Hangat

tips menjaga bayi tetap hangat saat musim hujan_Pilih Baju yang Hangat

Tips menjaga bayi tetap hangat saat musim hujan selanjutnya adalah memilih baju yang hangat. Pemilihan bahan menjadi sangat penting untuk pakaian bayi, maka dari itu Anda harus memerhatikannya. Pakaikan baju dan celana berbahan lembut serta hangat.

Menggunakan baju yang hangat untuk bayi bisa melindunginya dari cuaca dingin di sekitar. Jangan lupa untuk memilih baju dan celana model panjang agar seluruh badannya tertutupi dan terlindungi dari cuaca dingin yang menusuk kulit.

5. Lakukan Skin to Skin

tips menjaga bayi tetap hangat saat musim hujan_Lakukan Skin to Skin

Skin to skin adalah kontak fisik dari kulit ke kulit. Artinya, Anda bisa menghangatkan tubuh bayi dengan memeluknya tanpa menggunakan pakaian. Hal ini bisa dilakukan apabila bayi mengalami kedinginan. Kontak kulit bisa mengalirkan suhu tubuh Anda yang hangat kepada buah hati. Dengan begitu, suhu tubuh bayi Anda akan ikut meningkat dan dia pun merasakan hangat.

Baca juga:

Saat melakukan skin to skin Anda bisa menutupi bagian belakang tubuh bayi dengan selimut. Tujuannya tentu saja agar bayi dan Anda tetap nyaman serta tidak terganggu oleh dingin. Pilih selimut yang tidak terlalu tebal karena sumber panas utama tetap ada pada tubuh Anda. 

6. Jaga Ruangan Tetap Hangat

tips menjaga bayi tetap hangat saat musim hujan_Jaga Ruangan Tetap Hangat

Ruangan yang hangat dapat membantu bayi berada dalam kondisi nyaman saat musim dingin. Untuk itu Anda bisa mengatur ruangan tetap nyaman menggunakan room heater. Periksa dan pastikan suhu ruangan berada di angka 18-20 derajat menggunakan termometer kamar. Jika tidak, Anda bisa mengetesnya dengan berada di ruangan menggunakan pakaian tipis. Bila Anda nyaman, bayi pun akan nyaman.

Cara lain untuk menjaga ruangan tetap hangat adalah dengan tidak terlalu sering membuka-tutup pintu dan jendela, serta menjauhkan tempat tidur dari lubang-lubang ventilasi yang ada di dalam kamar. Lindungi bayi Anda dari angin yang bisa langsung masuk dari sana.   

7. Gunakan Minyak Telon

tips menjaga bayi tetap hangat saat musim hujan_Gunakan Minyak Telon

Salah satu senjata andalan untuk menghangatkan tubuh bayi adalah minyak telon. Anda sudah berada di jalan yang benar jika mengandalkannya untuk membuat bayi nyaman saat musim hujan. Minyak telon terdiri atas campuran tiga minyak alami, yaitu minyak adas, minyak kayu putih dan minyak kelapa. 

Kandungan minyak kayu putih di dalamnya bekerja memperlebar pembuluh darah tepi hingga membuat atau menimbulkan sensasi hangat pada kulit bayi. Dengan rutin mengoleskan pada tubuh bayi Anda, mulai dari perut, punggung, hingga telapak kaki, dia akan terhindar dari dingin. Selain bisa bantu menghangatkan, aroma minyak telon juga sangat menenangkan.

8. Pakaikan Penutup Kepala, Sarung Kaki dan Sarung Tangan Bayi

tips menjaga bayi tetap hangat saat musim hujan_Pakaikan Penutup Kepala, Sarung Kaki dan Sarung Tangan Bayi

Tips menjaga bayi tetap hangat saat musim hujan yang selanjutnya adalah pakaikan penutup kepala, sarung kaki dan sarung tangan bayi. Terutama saat cuaca sedang lebih dingin, hendak bepergian atau pada malam hari. Usahakan untuk menutupi tubuh atau kulit bayi serapat mungkin agar tidak terpapar langsung dengan suhu dingin.

Saat ini, perlengkapan bayi seperti penutup kepala, sarung tangan dan kaki sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai model yang lucu. Pastikan memilih penutup kepala, sarung kaki dan sarung tangan berbahan nyaman dan tebal ya! Jangan hanya tergiur oleh bentuknya yang beragam dan menggemaskan.

9. Bedong Bayi

tips menjaga bayi tetap hangat saat musim hujan_Bedong Bayi

Metode bedong bayi juga bisa diandalkan untuk menjaga tubuh bayi tetap hangat di musim hujan. Membedong bayi dengan benar bisa membuatnya tenang dan hangat. Dengan begitu bayi akan terjaga dari udara dingin yang membuatnya terganggu.

Bedong juga punya manfaat lain lho. Bila dilakukan dengan tepat, membedong bayi bisa membuatnya tidur lebih lama, mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak dan meningkatkan keterampilan motorik bayi.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membedongnya. Pertama hindari membedong bayi terlalu kuat, terutama di bagian kaki. Selama ini banyak metode bedong yang lebih menguatkan ikatan di bagian kaki dan longgar di bagian atas. Padahal hal tersebut bisa berisiko pada pembentukan sendi pinggul.

Metode bedong yang benar adalah mengeratkan ikatan di bagian atas. Pasalnya jika ikatan bedong di bagian atas terlepas, risiko terkena SIDS atau kematian bayi secara mendadak dapat meningkat. Mulai sekarang guna kenyamanan dan keselamatan bayi, cari tahu lebih banyak mengenai metode bedong yang tepat ya!

10. Beri ASI

tips menjaga bayi tetap hangat saat musim hujan_Beri ASI

MengASIhi dan memastikan kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi menjadi tips menjaga bayi tetap hangat saat musim hujan selanjutnya. Dengan mencukupi kebutuhan tubuhnya dari dalam, bayi akan terjaga dan lebih kuat dari berbagai gangguan, termasuk udara dingin. 

Saat mengASIhi, bayi akan berada dalam gendongan dan pangkuan Anda. Hal tersebut akan membuatnya hangat. Dia akan terlindungi dari suhu dingin selama berada dalam dekapan Anda. Selain itu, proses mengASIhi juga mampu mendekatkan emosi antara ibu dan buah hati. 

Sebagai orangtua sudah seharusnya Anda menjaga buah hati dari berbagai cuaca, baik dingin atau panas. Oleh karena itu, sepuluh tips menjaga bayi tetap hangat saat musim hujan yang terangkum dalam artikel ini bisa Anda praktikan.

Lakukan hal-hal tersebut dengan ketenangan dan penuh kasih sayang. Bagaimana pun suhu udara yang dingin memang bisa menyebabkan bayi tidak nyaman. Lebih parahnya lagi suhu dingin bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Anda pasti ingin buah hati selalu terjaga dan terlindungi, kan?

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *