Bikin Pusing Pemilik Mobil, Sewa Lahan Parkir di Hong Kong Tembus Rp18,5 Miliar

Suara.com – Hong Kong adalah salah satu kota metropolitan terpadat di dunia. Pengguna mobil di daerah berstatus Special Administrative Region (SAR) China ini menemui kesulitan menemukan tempat parkir. Kalau pun ada, harganya menjulang. Nah, situasi inilah yang turut membuka peluang bisnis bagi pihak setempat.

Belum lama ini, sebuah lahan parkir di The Mount Nicholson terjual dengan harga yang fantastis, yakni 10 juta dolar Hong Kong (HK) atau Rp18,5 miliar.

Lokasinya keren, karena terletak di ketinggian Hong Kong Island (sebagai catatan, Hong Kong terdiri dari dua area, yaitu Hong Kong Island dan Hong Kong daratan yang menyatu dengan China), yaitu kawasan The Peak, dengan pemandangan menghadap ke Pelabuhan Victoria di kawasan Tsim Sha Tsui di Hong Kong daratan.

Victoria Harbour Hong Kong. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Pemandangan dari Victoria Harbour Hong Kong menuju Hong Kong Island. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Dan sebagai catatan, lahan parkir ini hanya salah satu dari 29 unit bagian tender yang ditawarkan pemilik rumah di bulan lalu, demikian dilaporkan South China Morning Post.

Baca Juga: Viral Tukang Parkir Pakai Teknik Unik Pindahkan Motor, ‘Lulusan S3 Perparkiran’

Sedangkan menurut Carscoops, orang yang membeli lahan parkir ini tidak mau berspekulasi dengan semakin sulitnya tempat parkir yang tersedia. Sehingga mereka bersedia mengeluarkan biaya lebih untuk sebuah lahan parkir.

Harga lahan parkir memang cukup mencengangkan karena ditawarkan mulai dari 8,8 jutadolar Hong Kong (Rp16 miliar) dan satu pembeli rela bisa menginginkan empat lahan sedangkan lainnya membeli enam lahan.

Hong Kong bukanlah satu-satunya tempat di dunia dengan harga parkir yang tidak masuk akal. UPI (Unified Payments Interface) melaporkan lahan parkir terjual jutaan dolar di New York City pada 2012.

Sementara di Britania Raya, berdasar laporan aplikasi YourParkingSpace menyebutkan ada pihak yang meraup 28 juta dolar Amerika Serikat dengan menyewakan trotoar depan rumah untuk parkir sementara.

Baca Juga: Fase Praproduksi, Mobil Konsep Megane eVision Jadi Renault Megane E-Tech Electric

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *