Tren SUV Meningkat, Ini Alasan Audi Tetap Luncurkan Sedan di Indonesia

Suara.com – Tren Sport Utility Vehicle (SUV) terus mengalami peningkatan di Tanah Air maupun skala global. Oleh karena itu tak heran bila para Agen Pemegang Merek (APM) mulai menawarkan model ini sebagai strategi untuk mendongkrak penjualan.

Namun di tengah tren SUV yang terus meningkat, kenapa Audi justru meluncurkan model sedan lewat produk New Audi A5 yang diboyong secara utuh dari Jerman?

Business Development PT Garuda Mataram Motor-Audi Indonesia, Stefan Hutahayan menjelaskan, masuknya Audi A5 untuk mengisi kekosongan. Jadi sebenarnya model ini menggunakan platform yang sama dengan Audi A4.

Transmisi otomatis 7-speed S-Tronic, New Audi A5 ini mampu berakselerasi 0 – 100 km per jam dalam 7,5 detik, dan memiliki top speed 241 km per jam [PT Garuda Mataram Motor].
Transmisi otomatis 7-speed S-Tronic, New Audi A5 ini mampu berakselerasi 0 – 100 km per jam dalam 7,5 detik, dan memiliki top speed 241 km per jam [PT Garuda Mataram Motor].

“Dari karakter konsumen Audi banyak yang suka model coupe sporty sehingga dibuatlah A5. Nah, Audi A5 ini dihadirkan dalam bentuk coupe maupun sportback,” ujar Stefan Hutahayan, saat peluncuran New Audi A5 secara virtual.

Baca Juga: Pesan New Audi A5 Bisa Custom, Inden Sekitar Lima Bulan

Ia menambahkan, mobil ini sebenarnya sempat memimpin dalam segmennya sehingga ditiru pesaingnya.

“Jadi A5 ini memang alternatif untuk A4. Walaupun dari segi sizenya kurang lebih sama, tetapi bagasi lebih besar dari A4. Jadi ini (A5) cocoklah untuk pengemudi saat ini,” kata Stefan Hutahayan.

Sebagai informasi, New Audi A5 hanya tersedia dalam satu opsi jantung pacu yang ditawarkan bagi New Audi A5 Sportback dan New Audi A5 Coupe di Indonesia, yaitu mesin berbahan bakar bensin 4-silinder segaris 2.0L TFSI. Namun ada perbedaan output tenaga yang ditawarkan pada mesin dilengkapi turbocharger kapasitas 1.984 cc ini pada New Audi A5 berpenggerak roda depan dan quattro.

Pada New Audi A5 berpenggerak roda depan (FWD), mesin ini mampu melontarkan tenaga puncak 190 dk dengan torsi maksimal 320 Nm. Berpadu transmisi otomatis 7-speed S-Tronic, New Audi A5 ini mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 7,5 detik dan top speed mencapai 241 km per jam.

Untuk konsumsi bahan bakarnya, rasio penggunaannya adalah 5.1L per 100 km untuk pemakaian luar kota hingga 7.7L per 100 km untuk pemakaian dalam kota. Konsumsi bahan bakar kombinasi mencapai 5.9L per 100 km.

Baca Juga: New Audi A5 Resmi Mendarat di Indonesia, Harga Tembus Rp1,2 Miliar

Sementara pada New Audi A5 Sportback dan Coupe quattro, mesin serupa yang digunakan mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 245 dk dan torsi maksimal 370 Nm.

Melalui transmisi otomatis 7-Speed S-tronic yang mendistribusikan tenaga kepada keempat rodanya, akselerasi New Audi A5 Sportback dan New Audi A5 Coupe quattro 0 – 100 km per jam dapat dicapai dalam 5,9 detik.

Sementara untuk model New Audi A5 Coupe, akselerasi 0 – 100 km per jam ini tercatat 5,5 detik. Kecepatan maksimum keduanya berada di angka 250 km per jam.

New Audi A5 Sportback dan New Audi A5 Coupe dipasarkan di Indonesia dengan harga mulai Rp1.248.000.000 (off–the-road).

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *