Review TCL A20 55 Inci: Smart TV Premium Kaya Fitur!

Kenyamanan menonton film atau serial merupakan hal yang penting bagi sebagian orang. Selain menjadi alternatif hiburan aman selama pandemi, bagi para penikmat film, kualitas tayangan seperti visual dan audio juga jadi poin yang harus diutamakan. TCL hadir dengan penawaran terbarunya, TCL A20 yang bisa mengakomodir keperluan tersebut.

Memilih smart TV tidak hanya sekadar mencari kelengkapan fitur atau dimensi layarnya, tapi masing-masing komponen sangat memiliki andil dalam kepuasan menonton. Mulai dari bagaimana kita mengakses konten, tampilan visual yang diberikan, serta kualitas audionya. Maupun desainnya yang bisa selaras dengan dekorasi ruangan.

TCL sendiri bukanlah pemain baru dalam hal menjual produk elektronik terutama televisi. Ditemukan sejak tahun 1981, telah diproduksi banyak sekali seri smart TV yang tak hanya hadir di Indonesia, namun banyak negara lain secara global. Sejak diluncurkan pada bulan April 2021 lalu, seri TCL A20 sendiri sudah berhasil terjual lebih dari 700 unit.

Secara tampilan dan spesifikasi, TCL A20 bisa dibilang cukup menggiurkan. Dengan harga yang tergolong murah, smart TV layar besar ini bisa berikan panel 4K plus dukungan konten Dolby yang lengkap. Tak hanya itu, disematkan fitur khusus yang membuat pengguna bisa kirim perintah, tanpa perlu memegang remote sekalipun. Berikut ulasan lengkap dari TCL A20 (TCL55A20).

Desain

TCL A20

Kesan modern dan minimalis langsung terpancar saat pertama kali melihat tampilan dari smart TV TCL satu ini. Selayaknya produk premium terbaru, TCL A20 hadir dengan keempat bezel yang dibuat tipis, terutama pada bagian atas, kiri dan kanannya. Dibuat berwarna hitam, bezel ini seolah menjadi bagian dari layar, berikan efek yang lebih imersif ketika sedang menonton.

Sementara bagian bezel bawah dibuat berwarna silver, dilanjutkan sampai kedua kakinya untuk diletakkan di atas meja. Tentunya TCL A20 bisa ditempelkan ke dinding menggunakan bracket khusus—berkat desain yang minimalis, bakalan mudah untuk blend-in atau menyesuaikan beragam kondisi dan desain ruangan. Bodi yang dibuat seamless bertujuan agar komponen di dalam terlindung dari lembab dan debu.

Port TCL A20

Dimensinya juga tergolong sangat tipis, dengan bagian belakang tengah sedikit lebih tebal untuk simpan modul serta port yang lengkap. Kamu bisa menemukan port audio combo, LAN, receiver digital, USB hingga tiga port HDMI 2.1, cocok banget terutama bagi konsumen yang memiliki banyak perangkat lain dan ingin disambungkan ke TV. Sementara tombol power ada di belakang kanan, mudah diraih dan tersembunyi.

Selain itu, di bagian bawah logo TCL terdapat modul tambahan yang, bisa dilihat sekilas, terlihat seperti speaker. Namun bagian ini bukanlah speaker, melainkan modul lampu LED khusus yang bakal menyala ketika pengguna sedang akses fitur unggulan yang akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Layar

TCL A20
Bezel hitam di tiga sisi yang tipis membuatnya seolah-olah menjadi bagian dari layar, ditambah panel hitam pekat.

TCL A20 sendiri punya total tiga varian dimensi layar; 43 inci, 50 inci & 55 inci. Varian yang kami ulas adalah yang paling besar, baik dari yang ditawarkan dan yang pernah kami ulas sebelumnya. Ada banyak fitur atau spesifikasi yang ditawarkan oleh TCL untuk bagian ini. Tak sekadar resolusinya saja yang sudah sampai 4K.

Walaupun harganya terjangkau, panel layar TCL A20 sudah bisa tampilkan kedalaman warna 10-bit, alias 1 milyar warna. Ditambah dengan dukungan HDR, kamu bisa memutar film dari platform streaming populer yang tampilkan konten dalam standar HDR10. Konten bakal terlihat lebih baik dengan kontras dan rentang dinamis lebih lebar. Bakal membantu tampilkan aksi lebih baik dalam situasi gelap, misalnya.

Dolby TCL A20
Dukungan Dolby Vision & Dolby Atmos untuk konten streaming seperti Netflix.

Tak sampai di situ, dukungan standar Dolby Atmos plus Dolby Vision pun hadir. Film dengan standar Dolby Vision bisa tampilkan warna lebih maksimal, dan tentunya hanya konten tertentu saja yang pakai standar ini. Masih ditambah dengan MEMC (Motion Estimation Motion Compensation), membuat gerakan yang ada di film lebih halus, selayaknya punya refresh rate tinggi.

MEMC sendiri bertugas untuk pastikan tampilan gambar lebih tajam, tidak buram dan stabil, bakal sangat terlihat ketika tampilan konten olahraga atau aksi gerak cepat. Saya pun kaget ketika mengetahui panel-nya yang ‘masih’ VA, karena hitamnya cukup pekat, layar yang sangat berwarna serta sudut pandang lebar. Benar-benar memanjakan mata.

Audio

Dolby Atmos TCL A20

Smart TV TCL A20 dilengkapi dengan setup speaker stereo, masing-masing terletak pada sisi bawah kiri dan kanannya. Meski kesannya sederhana, keluaran audionya melebihi ekspektasi. Tidak sekadar lantang, namun juga sangat bisa dinikmati untuk membuat momen nonton film maupun serial televisi jadi lebih seru.

Kalau Dolby Vision bertugas untuk tingkatkan visual, maka Dolby Atmos berperan besar untuk tingkatkan output suaranya. Menurut saya, ini gimmick yang benar-benar efektif penerapannya. Perbedaan antara Dolby Atmos diaktifkan dan di-nonaktifkan langsung terasa di detik pertama.

Untuk ukuran kamar tidur yang luas pun, hanya perlu tingkatan volume rentang 20 saja, dan suaranya sudah sangat keras dan cukup untuk memenuhi ruangan. Tidak perlu memasangkannya dengan speaker tambahan, meski tentunya opsi tersebut tersedia bila diperlukan.

Artikel terkait

Fitur Hands-free Voice Control

TCL A20

Seolah punya smart TV yang punya fungsi ganda sekaligus smart speaker. TCL A20 membawa fitur spesial yang memungkinkan kamu mengirimkan perintah suara dengan lebih mudah. Lewat Hands-free Voice Control 2.0, kamu nggak perlu lagi megang remote sambil bicara ke mikrofon yang ada di remote. Cukup memanggil asisten Google selayaknya dari smartphone.

Ya, cukup dengan menggunakan perintah seperti “Ok Google” atau “Hey Google”, maka TCL A20 sudah siap menerima input pertanyaan baik dalam Bahasa Inggris maupun Indonesia, mengikuti pengaturan bahasa dari akun Google yang digunakan untuk login. Bisa apa saja? Ya… apa saja. Mulai dari ramalan cuaca, memutar film dengan menyebutkan judul, bahkan diajak bercanda.

Tentunya, bila kamu sudah menghubungkan perangkat IoT yang ada di rumah ke akun Google, semua bisa dikendalikan juga lewat perintah suara. Jangan khawatir, suara kamu bakal tetap terdeteksi meski sedang memutar film sekalipun, tak perlu menghentikannya lebih dulu. Pun tak perlu mendekat ke televisi, bisa hingga dari jarak 2 – 3 meter.

TCL A20
Indikator akan menyala ketika mikrofon sedang aktif.

Khawatir akan faktor keamanan? Tenang, karena TCL berikan keamanan dua lapis. Pertama, pendeteksian panggilan “Ok Google” bisa dimatikan lewat menu Settings. Kedua, terdapat switch on off untuk mikrofon yang ada di bodi belakang, di sebelah tombol power. Ketika sedang mendengarkan, smart TV canggih ini juga bakal tampilkan indikator lampu khusus di bawah logo depan.

Kinerja

TCL A20
TCL A20 termasuk smart TV pertama di Indonesia yang jalankan Android 11.

Namanya saja smart TV, otomatis pengaturan awalnya anti ribet. Setup-nya tergolong mudah, dan bakal jauh lebih mudah kalau kamu juga menggunakan smartphone Android, jadi bisa otomatis login ke akun yang sama. Termasuk aplikasi di dalamnya seperti YouTube, Netflix serta Spotify.

Kinerjanya sendiri sudah cukup oke, setara dengan beberapa smart TV Android yang pernah kami coba. Jeda buka aplikasi cukup instan, proses cast konten dari smartphone ke televisi hingga mirroring pun lancar. Berkat kapasitas RAM 2GB yang tergolong besar untuk smart TV, memori 16GB dan prosesor AiPQ Engine quad-core 1,3 GHz.

Yang tidak kalah penting, selayaknya memilih smartphone Android, adalah sistem operasi yang dijalankan. TCL A20 sudah menjalankan Android versi terbaru yaitu Android 11, sehingga bakal mendukung aplikasi-aplikasi terbaru. Hanya saja, memang, tampilan menu awalnya belum serupa Google TV—mungkin bakal diperbarui lewat software update ke depannya.

Ya, TCL A20 tentu saja dilengkapi dengan Chromecast secara built-in. Fitur ini cocok buat kamu yang ingin tampilkan konten yang ada di smartphone ke layar yang jauh lebih besar. Untuk menikmati foto-foto bersama keluarga dalam satu ruangan, misalnya.

TCL A20

Sambungannya pun lancar, berkat dukungan Wi-Fi 2.4GHz & 5GHz. Kamu juga bisa menyambungkannya dengan aksesori nirkabel lewat Bluetooth 5.0. Untuk remote sendiri, TCL hanya menyediakan satu jenis dengan numeric pad di bagian atas. Selain nyaman digunakan, juga terdapat pintasan untuk akses Netflix serta Amazon Prime lewat tombol khusus.

Kesimpulan

TCL A20

Bisa dibilang, kualitasnya sesuai dengan spesifikasi di atas kertas. TCL A20 memiliki layar yang sangat memanjakan mata, berkat 4K HDR dan serangkaian standar panel tinggi lainnya. Tanpa setup quad-speaker, sudah bisa keluarkan suara menggelegar dengan bantuan Dolby Atmos. Hadir dalam desain minimalis nan modern.

Tak perlu lagi meletakkan smart speaker di ruangan yang sama, karena TCL A20 juga memiliki fungsi tersebut, berkat fitur Hands-free Voice Control 2.0. Sehingga kamu bisa menghemat space dengan punya smart TV yang benar-benar multifungsi, plus menghemat budget berkat harganya yang terjangkau, untuk seluruh fitur yang dimilikinya.

Review TCL A20

8.8 / 10
Reviewer

{{ reviewsOverall }} / 10
Users
(0 votes)

Features8.5

Pros

– Desain stylish & minimalis
– Layar 4K HDR berkualitas
– Speaker lantang
– Fitur suara reliabel

Cons

– Belum menggunakan tampilan Google TV terbaru

Summary

Sesuai dengan spesifikasinya, TCL A20 bawa fitur yang sangat lengkap, masuk dalam kategori smart TV terjangkau di kelasnya.

Review Pengguna

Tulis review kamu

Order by:

Be the first to leave a review.

User AvatarUser Avatar

{{{ review.rating_title }}}

{{{review.rating_comment | nl2br}}}


Replies
({{review.rating_replies.length}})

This review has no replies yet.

Avatar

Show more

Show more

{{ pageNumber+1 }}

Tulis review kamu

Cek harga produk TCL di:

LAZADA.CO.ID  JD.ID


Spesifikasi TCL A20 55″ Android Smart TV

TCL A20 TV

CPU: AiPQ Engine Quad-core 1,3GHz
OS: Android 11
Memory: 2GB RAM, 16GB ROM
UI Style : Google Android TV UI
Panel: VA 4K 60Hz, 4K HDR 10-bit, 270 nits
Fitur: Dolby Vision & Dolby Atmos, Hands-free Voice Control 2.0
Konektivitas: Wi-Fi 2.4GHz/5GHz, Bluetooth 5.0
Port: USB 2.0 5V, LAN, AV input, jack audio 3,5mm, HDMI 2.1 (x3)
Audio: Stereo speakers
Harga: Rp4,999 juta (43″), Rp5,999 juta (50″), Rp7,499 juta (55″)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *