Pemkab Brebes Gelar Vaksinasi Covid-19 Serentak di 25 Pasar Tradisional

Brebes: Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar vaksinasi covid-19 serentak di 25 pasar tradisonal untuk para pedagang pasar. Vaksinasinasi covid-19 tersebut dikebut menyusul masih rendahnya cakupan dibanding daerah lain di Jawa Tengah.
 
Bupati Brebes, Idza Priyanti, mengatakan cakupan vaksin covid-19 ke masyarakat di Brebes masih sangat rendah, yakni 17,1 persen. Untuk mempercepat capaian, setidaknya 200 orang harus divaksin tiap hari. 
 
“Untuk pelaksanaan vaksin serentak ini, pemkab telah menyediakan 3.800 vial dimana satu vial untuk vaksinasi 10 orang,” kata Idza, saat memantau di Pasar Induk Brebes, Rabu, 9 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Pedagang yang ada divaksin tersebar di 25 pasar yang ada di 17 kecamatan dan beberapa pasar desa. Ada sekitar 6 ribu pedagang pasar serta 4 ribu pedagang pasar desa dan pasar tiban yang akan menjadi sasaran vaksinasi covid-19. 
 
“Selain pedagang pasar, kita juga memberikan vaksin dari kalangan pendidik. Ada sekitar 12 ribu orang, sementara sisanya adalah para lansia,” beber Idza. 
 
Kepala Dinas Kesehatan, Sartono, mengatakan droping vaksin tidak seimbang dengan jumlah penduduk yang menjadi sasaran vaksinasi covid-19. Sehingga, cakupan vaksinnya terkesan masih rendah.
 
Baca: Tekan Angka Covid-19, Bupati Pamekasan Larang Perayaan Keagamaan
 
“Pelaksanaan vaksinasi serentak melibatkan tenaga medis dari 38 puskesmas yang tersebar di Brebes,” kata Sartono. 
 
Sementara itu, salah satu pedagang Pasar Induk Brebes, Tanisah (70) merasa senang bisa lolos skrining sehingga bisa divaksin. “Rasanya biasa saja, enggak sakit sama sekali,” ucap dia. 
 
(SYN)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *