KPU: Pencoblosan Tak akan Dilakukan pada Hari Besar Keagamaan

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih menggodok waktu pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Tanggal pencoblosan tak akan dilakukan pada hari besar keagamaan.
 
“Bagaimana agar hari dan tanggal pemungutan suara tidak berbenturan dengan hari-hari besar keagamaan,” kata Komisioner KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi kepada Medcom.id, Rabu, 9 Juni 2021.
 
Dia menyebut belum ada keputusan final terkait waktu pemungutan suara Pemilu 2024. Sebab, rapat Tim Kerja Bersama Persiapan Pemilu dan Pilkada 2024 antara Komisi II DPr, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), KPU, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersifat konsinyering.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

KPU telah menyampaikan sejumlah opsi waktu pencoblosan. Salah satunya pada 21 Februari 2024. Namun, rapat konsinyering yang dilakukan pada 3 Juni 2021 itu disepakati pemungutan suara dilakukan pada 28 Februari.
 
Dia menyampaikan berbagai opsi waktu pencoblosan yang ditawarkan KPU bakal dibahas bersama pihak terkait. Berbagai faktor bakal dilihat saat menetapkan pencoblosan.
 
“Dalam pembahasan selanjutnya, tentu semua faktor dan masukan-masukan dari segenap pihak akan menjadi pertimbangan,” kata dia.
 
Baca: Komisi II DPR Belum Putuskan Jadwal Pemilu 2024
 
Dia menyebut penetapan jadwal setiap tahapan masih dimatangkan. Nantinya, keputusan final dimuat dalam Peraturan KPU (PKPU).
 
“Keputusan tentang tahapan, termasuk tentang hari pemungutan suara, sesuai ketentuan akan dituangkan dalam PKPU,” ujar dia.
 
(JMS)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *