Best 5 Oto: Seabad Hari Lahir Presiden Soeharto, Blind Spot, Bosch Atasi Kelangkaan Chip

Suara.com – Presiden Soeharto, hari lahir, Toyota Hiace, Toyota Kijang, sepeda motor, blind spot, Fabio Quartararo,  MotoGP, All-New Kia Sportage, Bosch, dan chip semikonduktor menjadi highlight dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com yang paling banyak disimak pembaca sehari lalu.

Kemarin, 8 Juni 2021 adalah hari peringatan kelahiran Presiden Soeharto yang ke-100 tahun atau genap satu abad. Di sektor otomotif tersimpan beberapa nostalgia.

Salah satu yang paling populer adalah saat beliau mencoba Toyota Kijang edisi perdana. Sebuah nama produk yang terus berkembang kekinian, hingga lahir versi Toyota Innova.

Namun tak kalah seru adalah mobil yang mengantar beliau saat tournee.  Kata dari bahasa Belanda yang diterjemahkan sebagai anjangsana, dan dalam konteks kekinian (meski diambil dari serapan bahasa Jawa lama) adalah blusukan.

Baca Juga: Airbag Pengguna Sepeda Motor Dinilai Butuh Penelitian Lebih Lanjut

Produk yang setia mengantar Presiden Soeharto ke lokasi-lokasi jauh di kawasan pegunungan adalah … Toyota Hiace.

Kemudian untuk produk baru, Kia Corporation merilis All-New Kia Sportage berdesain eksterior dan interior modern. Semakin keren karena logo pembaharuan carmaker yang disematkan ke moncong mobil.

Situasi langka chip semikonduktor dalam industri otomotif saat ini mulai ditangani perusahaan komponen asal Jerman, Bosch. Disebutkan oleh pimpinannya, bahwa mobil di zaman old mungkin membutuhkan chip kisaran tujuh keping. Namun sekarang bisa tembus 15 keping.

Itulah sebabnya, akselerasi pembuatan chip untuk produk otomotif dipercepat, agar peredaran mobil baru untuk pasar global tidak mengalami hambatan lagi.

Sementara itu, di sektor roda dua tersedia tips untuk sepeda motor yang memasuki area blind spot. Sebuah medan berbahaya karena spion mobil serta postur jangkung kendaraan roda empat membuat posisi si roda dua tidak terdeteksi.

Baca Juga: Toyota: Pameran Mobil Offline Tetap Penting

Kemudian ada pula wacana dari kejadian MotoGP seri Spanyol. Di Sirkuit Catalunya, rider Fabio Quartararo kedapatan tidak mengenakan racing suit dengan sempurna.

Dalam keseharian, situasi racing suit bisa dianalogikan dengan jaket pelindung biker. Bila tidak dikenakan dengan benar, bagaimana bila terjadi bahaya?

Selamat membaca lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, selamat berkarya di paruh pekan ini, serta lindungi selalu diri sendiri dan sekeliling dengan patuh kepada protokol kesehatan.

1. Mengenang Seabad Hari Lahir Pak Soeharto, Dulu Pernah Blusukan Bersama Mobil Sederhana Ini

Foto lama Presiden Soeharto sedang menyapa warga. (Twitter/@tommy_soeharto_)
Foto lama Presiden Soeharto sedang menyapa warga. (Twitter/@tommy_soeharto_)

Tanggal 8 Juni 1921 bisa jadi tergolong cukup sakral, lantaran tepat seabad lalu, Presiden kedua Republik Indonesia Soeharto lahir.

Terlepas dari pro-kontra kepemimpinan dari pria yang dijuluki The Smiling General ini, dulunya pria yang akrab disebut Pak Harto ini juga kerap melakukan blusukan, termasuk ke Solo di tahun 70-an.

Baca selengkapnya

2. Rilis All-New Kia Sportage, Carmaker Sebut SUV Ini Naik Level

All-New Kia Sportage edisi terbaru dari Kia Corporation [Kia Corporation].
All-New Kia Sportage edisi terbaru dari Kia Corporation [Kia Corporation].

“Movement that inspires” atau “gerakan yang memberikan inspirasi” adalah tagline baru Kia Corporation, seiring dengan pembaruan logonya. Kekinian, carmaker asal Korea Selatan ini melahirkan produk baru, All-New Kia Sportage.

Masuk dalam kategori Sport Utility Vehicle atau SUV, All-New Kia Sportage digarap dalam desain interior dan eksterior semakin modern. Sekilas bila disimak, bodywork yang dahulu memiliki desain bergelembung telah digantikan garis-garis tajam, lipatan bersih, sampai panel yang lebih ekspresif.

Baca selengkapnya

3. Industri Otomotif Sangat Butuh Chip Semikonduktor, Bosch Buka Pabrik Baru

Panel indikator di dashboard. Chip semikonduktor dibutuhkan di sektor ini Sebagai ilustrasi [Envato Elements/Studio_OMG].
Panel indikator di dashboard. Chip semikonduktor dibutuhkan di sektor ini Sebagai ilustrasi [Envato Elements/Studio_OMG].

Saat ini, permintaan chip semikonduktor dalam industri otomotif sangatlah tinggi. Dampak dari pandemi yang menyebabkan kebutuhan gadget meningkat serta permintaan mobil mengalami peningkatan membuat rantai pasokan komponen, termasuk pengadaan chip jadi tersendat.

Dikutip kantor berita Antara dari laman resminya, Bosch menghadirkan solusi dengan mulai memproduksi chip di pabrik barunya. Berlokasi di Dresden, Jerman, inilah upaya perusahaan komponen otomotif itu dalam menyambut tingginya permintaan semikonduktor dan perangkat mikroelektronik lainnya.

Baca selengkapnya

4. Sepeda Motor Masuk Posisi Blind Spot, Waspadai Bahaya dari Kendaraan Besar

Ilustrasi sepeda motor mendekati blind spot [Pexels].
Ilustrasi sepeda motor mendekati blind spot [Pexels].

Berkelana dengan sepeda motor di jalan raya sungguh menyenangkan. Dari segi waktu juga makin efisien. Sosok kendaraan roda dua berdimensi lebih kecil, mampu dipacu lincah untuk menyalip kendaraan lain. Namun jangan keburu girang: kondisi ini juga berpotensi bahaya. Yaitu sulit terdeteksi di area blind spot kendaraan dimensi besar.

“Seringkali pengendara kurang berhati-hati ketika berada di samping atau belakang kendaraan yang memiliki ukuran besar, sehingga tanpa sadar pengendara sepeda motor berada pada posisi blind spot yang berpotensi terlibat dalam kecelakaan ketika berkendara,” jelas Johanes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM).

Blind spot adalah “titik buta” kendaraan yang tidak bisa dijangkau baik oleh mata pengendara, maupun spion standar kendaraan.

Untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan akibat “titik buta” ini, PT AHM berbagi sederet tips untuk mengantisipasinya.

Baca selengkapnya

5. Belajar Safety dari MotoGP: Ritsleting Race Suit Fabio Quartararo Terbuka, Airbag Lepas

Fabio Quartararo dengan kondisi ritsleting race suit tak dikancingkan di MotoGP Catalunya (Twitter)
Fabio Quartararo dengan kondisi ritsleting race suit tak dikancingkan di MotoGP Catalunya (Twitter)

Bagaimana cara seorang pengguna sepeda motor menyiapkan dirinya untuk mengarungi jalanan bersama tunggangan kesayangan? Peranti wajib seperti helm, sarung tangan, sampai jaket pelindung diri, dan sepatu tertutup mesti dipenuhi. Di dunia balap seperti MotoGP lebih-lebih lagi. Kejadian rider Fabio Quartararo tidak mengancingkan atau menutup ritsleting racing suit yang ia kenakan mengundang bahaya.

Yup, saat melakoni seri MotoGP di Sirkuit Catalunya, Spanyol, rider Yamaha Fabio Quartararo berlaga dalam kondisi ritsleting baju balapnya terbuka.

Baca selengkapnya

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *