Sinopsis & Review Web Series Just One Bite Season 1

Memiliki sahabat yang memiliki hobi yang sama pasti menyenangkan, apalagi jika hobi tersebut adalah makan. Ha Eunsing, Im Soo Ji dan Jeon Hee Sook adalah tiga bersahabat yang memiliki nafsu dan selera makan yang luar biasa. Hampir setiap mereka bertemu selalu saja ada makanan di sekitarnya, bahkan makan menjadi pelampiasan akan rasa senang dan sedih yang mereka rasakan.

Just One Bite adalah web series asal Korea Selatan yang mengankat kisah tiga gadis penyuka makan dengan kisah hidup mereka masing-masing. Ditulis oleh screenwriter drama Live On (2020), yaitu Bang Yoo Jung dan disutradarai oleh Lee Dong Jun ini mendapatkan rating 7.9 di My Drama List.

Kira-kira apa saja sih yang dilakukan tiga wanita cantik sambil makan bersama? Jangan sampai ketinggalan, informasi lengkapnya ada di bawah ini.

Sinopsis

Sinopsis
  • Tanggal Penayangan: 19 Juli – 11 Agustus 2018
  • Genre: Drama, Romantic, Comedy
  • Sutradara: Lee Dong Jun
  • Jumlah Episode: 8 Episode
  • Pemeran Utama: Kim Ji In, Seo Hye Won, Jo Hye Joo, Kim Chul Min, Lee Shin Young, Park Sun Jae.

Eun Sung (Kim Ji In), Soo Ji (Seo Hye Won) dan Hee Sook (Jo Hye Joo) adalah tiga sekawan yang memiliki nafsu makan yang besar saat bertemu makanan yang lezat. Ketiganya kerap pergi ke warung makan-makanan yang lezat sambil bergosip dan saling mencurahkan isi hati mereka.

Eun Sung yang sudah memiliki pacar merasa gusar karena ternyata mantan pacarnya satu almamater dengan mantannya terdahulu. Eun Sung khawatir jika sang mantan akan mengungkapkan seluruh rahasia dan kelakuan memalukannya terdahulu.

Eun Sung bahkan menyembunyikan hal ini dari Woo Kyung (Kim Chul Min) karena takut akan menimbulkan kesalah pahaman. Namun tanpa di sangka Woo Kyung sudah tahu, bahkan ia dengan senang hati menantikan Eun Sung terbuka padanya termasuk soal mantan kekasih.

Di sisi lain, Hee Sook merasa kesal akan pikiran orang-orang yang tidak menyukai jika dirinya memilih single. Hee Sook yang kesal bagaimana orang selalu berusaha mengenalkannya pada pria, setiap kencan butanya juga gagal karena mereka tidak bisa menerima apa adanya. Namun saat itu untuk pertama kalinya Hee Sook bertemu dengan Tae Sung (Park Sun Jae) adik kandung Eun Sung.

Dari sinilah hubungan Hee Sook dan Tae Sung makin berkembang, pasalnya Sook Hee justru mulai tertarik pada Tae Sung. Meski sudah berusaha tenang, Hee Sook tidak bisa memungkiri bahwa ia mulai menyukai adik temannya ini. Sook Hee sangat berhati-hati saat bertemu dengan Tae Sung, karena ia takut Eun Sung akan marah dan membuat hubungan mereka jadi berantakan.

Soo Ji yang berpacaran dengan Chan Hyuk, merasakan keras dan sulitnya berpacaran dengan pria yang good looking. Soo Ji kerap mendapatkan perlakuan buruk dari orang-orang karena ia memiliki tubuh yang berisi dibanding wanita lainnya.

Orang-orang kerap melakukan body shaming padanya dan ini mulai mengganggu hubungan keduanya. Padahal Chan Hyuk tidak pernah sekalipun merasa Soo Ji tidak pantas untuknya, ia justru sangat mencintainya apa adanya.

Namun kekuatan cinta Soo Ji dan Chan Hyuk tidaklah sekuat itu, pada akhirnya Soo Ji memutuskan untuk meninggalkan Chan Hyuk. Dilanda patah hati yang mendalam, kedua sahabatnya Eun Sung dan Hee Sook justru bertengkar.

Pasalnya Eun Sung tidak merestui hubungan sahabatnya ini dengan adik kandungnya. Eun Sung merasa Hee Sook telah menghianatinya karena tidak jujur sejak awal, namun meski Hee Sook meminta maaf Eun Sung tidak bisa menerimanya. Kisah ini berakhir dengan hubungan persahabatan yang hancur karena cinta tak terduga.

Just One Bite: Promosi Masakan Korea Dibalut Cerita Romantis Komedi

Just One Bite: Promosi Masakan Korea Dibalut Cerita Romantis Komedi

Untuk drama Korea, memang sudah tidak bisa dibantah lagi bahwa mereka jago untuk membuat drama romantis komedi. Namun web series ini tidak hanya memberikan kita cerita romantis dan komedi, tapi memperkenalkan berbagai makanan kekinian ala Korea Selatan. Bagaimana para wanita berkumpul dan bergosip sambil ditemani makanan yang membuat mereka semakin enjoy ngerumpi.

Baca juga:

Hal ini jelas cocok sekali dengan tipe-tipe wanita kekinian, apalagi di Indonesia. Bergosip sambil menikmati makanan tentu bisa membuat rasa makanan berkali-kali lipat lebih nikmat. Hal ini pun tersirat saat Eun Sung, Soo Ji dan Hee Sook terlihat begitu menikmati setiap makanan yang ada di depannya. Rasanya makan bersama bersama teman terdekat memang lebih nikmat.

Saya suka bagaimana web series Just One Bite ini tetap fokus mempromosikan berbagai makanan khas Korea. Bahkan bisa dibilang drama ini menunjukkan bagaimana masyarakat Korea memilih dan menikmati makanan mereka. Pasalnya memang makanan yang dipilih adalah makanan yang memiliki visual yang sangat menggiurkan dan pasti membuat penonton luar ingin mencoba.

Sayangnya hanya satu kekurangan dari web series ini, dimana mereka tidak menyelipkan nama makanan yang ada. Saya pikir akan lebih baik jika setiap makanan yang ditampilkan diberikan keterangan apa nama makanan tersebut dan diberi sedikit efek animasi tulisan tangan. Dengan begini judul Just One Bite berhasil ter-deliver dengan baik mengenai kuliner kekinian di Korea.

Padahal saya sudah merasa bahwa web series ini berhasil membuat saya merasakan tujuannya. Dimana cerita romantis komedi di dalamnya adalah pelengkap, sementara makanan yang ditampilkan adalah yang utama.

Tema Ceritanya Terasa Sangat Dekat Bagi Semua Wanita

Tema Ceritanya Terasa Sangat Dekat Bagi Semua Wanita

Tidak lengkap rasanya jika membicarakan web series Just One Bite, tanpa membacakan cerita yang di angkat. Dalam web series ini, tiga karakter utama Eun Sung, Soo Ji dan Hee Sook adalah tiga sekawan yang sudah berteman sejak sekolah. Beranjak dewasa, mereka mulai menjalani kehidupan sesuai dengan keinginan mereka.

Namun hidup tidak lengkap jika tidak ada masalah yang membuat kita harus jatuh bangun. Begitu juga yang dirasakan oleh ketiga bersahabat ini, mereka memiliki masalah sendiri. Eun Sung sebenarnya sudah bahagia dengan Woo Kyung, kekasihnya saat ini. Tapi kebahagiaan dia terganggu dengan datang sang mantan Kyung Chan yang ternyata satu almamater dengan kekasihnya sekarang.

Hidup Eun Sung makin kacau ketika ia tahu bahwa Hee Sook ternyata memiliki hubungan dengan adiknya Tae Sung. Meski Eun Sung dan Tae Sung tidak akur, ia tetap tidak rela bahwa adiknya dan sahabatnya menjalin hubungan. Di sisi lain, Sook Hee merasa terganggu dengan pandangan orang karena dirinya tidak memiliki pacar.

Sook Hee sering mengikuti kencan buta dengan banyak pria tapi mereka tidak bisa menerimanya apa adanya, jadi ia memutuskan untuk tetap single. Sook Hee merasa Tae Sung adalah orang yang mengerti dan dapat menerimanya apa adanya.

Mereka kerap bertemu secara diam-diam, karena Sook Hee tidak ingin Eun Sung tahu hubungan mereka. Im Soo Ji berpacaran dengan Lee Chan Hyuk sejak mereka masih di bangku sekolah. Namun satu hal yang mengganggunya, ketika orang-orang memandangnya tidak pantas untuk Chan Hyuk.

Pasalnya Chan Hyuk memang tampan, sementara Soo Ji memiliki badan yang lebih berisi. Sehingga orang sering melakukan body shaming padanya, hal ini lambat lahun membuatnya merasa muak. Soo Ji selalu berusaha melupakan dan tidak menganggapnya berarti.

Namun seperti batu yang ditetesi air lambat laun akan berlubang juga, begitu pula Im Soo Ji. Hubungannya hancur bersama Chan Hyuk ditambah dengan persahabatan mereka sejak lama di ambang kehancuran juga.

Jujur saja, hal ini sangat relate dengan kenyataan yang sering dialami oleh banyak wanita. Body shaming, pandangan orang mengenai pasangan hingga persahabatan yang hancur karena cinta. Hal ini adalah beban yang sering dialami oleh para wanita, bahkan di Indonesia sekalipun. Kisah yang diangkat ini memang membuat kita seakan berkaca pada apa yang sedang terjadi dan dialami.

Kaya Akan Nilai Kehidupan yang Menyemangati Wanita

Kaya Akan Nilai Kehidupan yang Menyemangati Wanita

Salah satu hal yang saya sukai dari web series ini bukan hanya memiliki cerita yang bagus dan dipenuhi makanan yang terlihat enak. Tapi karena web series ini terasa dekat dengan apa yang bisa di rasakan wanita di usia 20-an. Body shaming adalah hal yang paling lumrah dan sering terjadi, bahkan orang-orang tidak menyadari hal ini.

Mereka tidak tahu bahwa setiap komentar mengenai tubuh dan penampilan seseorang terkadang menyakitkan. Memaksakan seseorang untuk mengikuti standar orang lain itu bukanlah sesuatu yang baik untuk dilakukan. Tapi hal yang bisa kita pelajari dari web series ini bahwa apapun penampilanmu kamu harus tetap percaya diri. Karena kamu yang menjalani hidup dalam tubuh tersebut, bukan orang lain yang menjalaninya.

Soo Ji begitu beruntung memiliki Chan Young yang dapat menerimanya apa adanya. Namun seperti biasa perkataan orang lebih kuat dibanding cinta, hingga mereka akhirnya berpisah. Kekuatan perkataan orang memang sangat kuat, apalagi pada wanita single, dimana mereka akan mengatakan “kamu tidak pacar sekarang? Haruskan aku kenalkan pada seseorang?”.

Perkataan simpel ini bisa saja membuat orang lain merasa tersinggung, kenapa mereka begitu peduli pada kehidupan orang. Apa salahnya menjadi single? Karena tidak mudah mencari seseorang yang cocok dengan diri kita. lagi, memiliki penampilan yang bagus dan pacar tampan juga tidak membuat hidup bebas masalah.

Pasalnya salah satu hal yang paling ditakuti wanita adalah ketika pacar mu kenal dengan mantan pacar mu. Ini pasti akan membuat hubungan kalian menjadi awkward, apalagi jika kamu tidak menunjukkan dirimu yang sesungguhnya.

Berusaha menjadi wanita yang sempurna di hadapan orang yang dicintai bukanlah hal baik. Jika saling mencintai, sebaiknya dapat menerima satu sama lain dan saling memahami. Hal ini juga berlaku dengan persahabatan, saling mengerti satu sama lain apalagi sudah kenal lama. Jika ada masalah sebaiknya diselesaikan dengan kepala dingin sambil berbincang bersama.

Tiga Karakter Utamanya Secara Natural Menjual Setiap Makanan

Tiga Karakter Utamanya Secara Natural Menjual Setiap Makanan

Tidak bisa di pungkiri bahwa web series Just One Bite ini sangat menarik untuk disaksikan karena ketiga pemeran utamanya. Kim Ji In, Seo Hye Won dan Jo Hye Joo berhasil memberikan performa yang sangat menghibur. Akting mereka merasa sangat natural dan saling melengkapi satu sama lain, apalagi adegan komedinya.

Jujur saja tidak ada adegan komedi yang tidak membuat saya tertawa, semuanya tersaji dengan sangat baik. Saya pikir penulis Bang Yoo Jung sepertinya memiliki selera humor yang baik dan cocok dengan humor anak muda. Pengembangan karakter dari ketiga pemeran utamanya juga tersaji dengan sangat baik.

Dimana Just One Bite ini setiap episodenya memiliki fokus pada masing-masing karakter utamanya. Masalah Eun Sook diceritakan pada episode pertama, body shaming Soo Ji diceritakan di episode 4. Lalu kisah Sook Hee yang kesal dengan pandangan orang karena dirinya single ada di episode 3.

Cara seperti ini membuat penonton dapat fokus dan memperhatikan semua karakter dengan baik. Sutradara berhasil memberikan visualisasi dari cerita yang dibuat sang writer dengan sangat baik.

Selain itu saya juga melihat kilasan iklan makanan dalam web series ini, uniknya iklan makanan ini tidak terasa seperti iklan apalagi iklan indonesia. ini lebih terlihat seperti mereka sangat menyukai makanan yang ada di depannya dan menikmati makanan tersebut di mulut.

Iklan yang diselipkan seakan bagian dari drama ini tersaji dengan sangat baik, penulis dan sutradara bekerja dengan baik. Sutradara memiliki visualisasi dan pandangan yang sangat baik, sepertinya ia ekspert di bidang iklan produk.

 Just One Bite ini adalah web series yang cocok sekali kamu tonton sambil nobar bersama teman-teman. Pasalnya dari sini kalian mungkin akan menyadari betapa pentingnya sebuah persahabatan. Bonusnya kalian bisa mendapatkan rekomendasi makanan Korea untuk disantap bersama. 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *