PPDB Bermasalah, Anies: Sistem Baru Jadi Real Time

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, membeberkan penyebab permasalahan sistem pendaftaran peserta didik baru (PPDB) online yang dibuka Senin, 7 Juni 2021. Orang tua murid kesulitan mengakses PPDB online karena peningkatan (upgrade) sistem.
 
“Tahun ini dilakukan upgrade sistem yang semula statis menjadi dinamis dan real time,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Selasa, 8 Juni 2021.
 
Belajar dari PPDB tahun lalu, orang tua atau calon peserta didik kerap keliru saat data. Sistem baru ini membuat pelayanan PPDB menjadi lebih baik. Sebab, pendaftar bisa dengan mudah melakukan perubahan data.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Nah, (sistem) real time dan dinamis itu menimbulkan stres (beban) yang lebih tinggi pada sistem ketika digunakan secara bersamaan. Ini kemudian langsung dikoreksi dan sekarang sudah berjalan dengan baik,” jamin Anies.
 
Baca: Pendaftaran PPDB DKI Diperpanjang Lagi Hingga 11 Juni
 
Sebelumnya, Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja mengatakan PPDB dihentikan sementara. Gangguan server jadi penyebab.
 
“Kita akan segera rilis untuk flyer-nya. Terkait dengan optimalisasi sistem PPDB 2021, maka proses pengajuan akun akan dihentikan sementara pada hari Senin 7 Juni 2021 pada pukul 16.00-18.00. Jadi ada off dulu,” kata Taga.
 
Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan menahan sementara data yang sudah masuk. Langkah ini diambil sampai server benar-benar pulih. 
 
(SUR)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *