Kalah Telak dari Vietnam, Shin Tae-yong: Masa Depan Sepak Bola Indonesia Belum Sirna

Jakarta: Indonesia tak berdaya menghadapi Vietnam pada laga kesembilan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Senin 7 Juni malam hari WIB. Secara mengejutkan, tim Garuda dihajar Vietnam dengan skor telak 0-4.
 
Meski menelan kekalahan telak dari Vietnam, para pemain Indonesia tetap mendapat pujian dari pelatih mereka, Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan tersebut menilai Evan Dimas dkk sudah menunjukkan mental bermain yang baik sepanjang pertandingan.
 
“Para pemain sudah bekerja keras. Saya ucapkan selamat kepada pelatih Vietnam. Sampai babak pertama skor imbang, tetapi suasana tiba-tiba berganti oleh pihak wasit,” ujar Tae-yong pada konferensi pers usai pertandingan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para pemain karena secara mental para pemain sudah bekerja keras. Ini menunjukkan sebuah harapan tentang sepak bola Indonesia,” lanjutnya.
 
Pada kesempatan itu, Tae-yong juga mengungkapkan kekecewaannya terhadap kinerja wasit sepanjang pertandingan. Terutama saat wasit membiarkan striker Nguyen Tien Linh mencetak gol pertama untuk Vietnam. Sebab, menurutnya, Tien Linh melakukan pelanggaran handball sebelum mencetak gol.
 
“Jadi yang terjadi di babak kedua, kemasukan gol pertama itu memang kesalahan wasit, dan hakim garis memang salah mengambil keputusan, karena itu pasti kena tangan pemain Vietnam. Otomatis hal itu menyusahkan kami,” tutur Tae-yong.
 
“Iya, saya bicara terus soal wasit, karena bisa dilihat dari gol pertama yang seperti itu, dan akhirnya mempengaruhi jalannya pertandingan yang lebih berat ke Vietnam,” imbuhnya.
 
Dengan kekalahan ini, Indonesia semakin terpuruk di dasar klasemen grup sementara. Mereka saat ini harus bertahan di posisi terakhir dengan mengoleki satu poin.
 
Kekalahan ini juga membuat Indonesia gagal menuntaskan dendam pada pertemuan pertama dengan Vietnam di Grup G, 15 Oktober 2019. Pada laga tersebut, mereka kalah dari Vietnam dengan skor 1-3.
 
Selanjutnya, Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) pada laga terakhir Grup G, Jumat 11 Juni. 
 
(ASM) Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *