Jerinx Bebas dari Penjara dan Ini 6 Musisi yang Bisa Diajak Kolaborasi karena Senasib

MOJOK.COHari ini Jerinx bebas dari penjara. Drummer Superman Is Dead ini selesai menjalani masa hukuman selama 10 bulan.

Akhirnya, I Gede Ary Astina alias Jerinx bebas dari Lapas Kelas II A Kerobokan pada pukul 09.00 WITA tadi. Seperti yang sudah kita tahu juga, Jerinx sebelumnya dilaporkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bali karena dianggap telah menghina lembaga kedokteran itu.

Jerinx saat itu nyeletuk di kolom komentar dengan menyebut IDI sebagai “kacung” dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Ada beberapa perbedaan signifikan dari suami Nora Alexandra ini. Seperti ketika Jerinx bebas keluar dari lapas dia terlihat mengenakan masker. Selain itu, Jerinx juga tak meladeni para wartawan yang sudah menunggunya sedari pagi.

Sikap “pendiam” Jerinx ini bisa dimaklumi, untuk sementara waktu musisi yang juga aktivis ini mungkin akan memilih untuk tidak cerewet. Meski, menurut kuasa hukumnya, meski Jerinx baru bebas dari penjara, dia tetap akan terus membela masyarakat kecil.

“Itu sebagai bentuk kebebasan berekspresi dan membela orang-orang kecil. Tapi saya menyarankan agar yang bersangkutan lebih bijaksana dalam menata kalimatnya,” kata Sugeng, kuasa hukum Jerinx.

Namun, ketela sudah jadi tiwul, Jerinx pun akhirnya melengkapi barisan musisi-musisi yang pernah digelanggang masuk penjara. Perlu kamu tahu juga, selain Jerinx ada beberapa musisi yang pernah mendekam ke penjara dengan vonis berbeda-beda.

Baca juga:  Ketum PAN Akui Jualan Agama di Pemilu 2019: Nyindir Amien Rais Nih?

Hal ini juga penting untuk mengakomodasi pola komunikasi Jerinx di media sosial. Melihat pengalaman buruk ini, ada baiknya untuk ke depan Jerinx menumpahkan kekesalannya atau sikap kritisnya selama ini lewat lagu-lagu saja.

Tidak perlu seelegan Cholil dengan Efek Rumah Kaca atau selugas Iwan Fals zaman dulu sih, tapi cukup disesuaikan dengan gaya musik Jerinx yang cadas nan trengginas.

Nah, ketika sudah selesai bikin lagu, barangkali Jerinx bisa mempertimbangkan untuk mengajak kolaborasi musisi-musisi yang pernah senasib, alias pernah dipenjara juga.

Maklum, tak sedikit musisi-musisi mentereng yang pernah merasakan dinginnya lantai jeruji besi. Dan siapa tahu ini bisa membangun kemistri yang yahud untuk memperdengarkan lagu-lagu perlawanan Jerinx ke depannya.

Di urutan pertama ada Ahmad Dhani.

Sama seperti Jerinx, Ahmad Dhani juga dipenjara karena tersandung jeratan pasal-pasal dalam UU ITE. Malah, pentolan Dewa 19 ini menjalani masa penjara lebih lama, yakni 1,5 tahun oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Lebih ngenesnya lagi, Dhani sampai perlu menjalani penjara dua kali, karena usai bebas dari LP Cipinang Dhani kembali divonis oleh Pengadilan Negeri Surabaya. Mantan suami Maia Estianty ini pun masih harus menjalani hukuman penjara tiga bulan dengan masa percobaan enam bulan, usai keluar dari penjara di Cipinang.

Melihat fakta tersebut, maka jelas sudah kalau Ahmad Dhani sedikit lebih expert kalau soal pengalaman dipenjara. Dan oleh sebab itu, bakal jadi hal yang sangat spektakuler kalau Jerinx suatu saat nanti berkenan mengajak Dhani untuk kolaborasi bikin proyek band.

Baca juga:  Plus dan Minus Merangkul Ahok Setelah Bebas dari Mako Brimob

Mungkin ada beberapa usulan gubahan judul lagu yang bisa dipertimbangkan, seperti “Sunset di Jeruji Anarki” atau nyanyikan aja lagu “Jika Kami Bersama”.

Jika kami bersama / nyalakan tanda bahaya / jika kami berpesta / hening akan terpecah

Untuk posisi di dalam band, tentu drummer akan diisi oleh Jerinx sendiri dan Dhani bisa mengisi di semua lini yang kosong. Bahkan biar anti-mainstreim, Jerinx bisa bikin band dengan dua drummer. Sebab drummer legend yang pernah jadi alumni jeruji besi ada nama; Yoyo Padi.

Tentu bakal keren kalau Jerinx dan Yoyo bikin battle drum di tengah-tengah lagu.

Untuk gitaris, pilihannya tidak banyak. Tapi teman Yoyo di Padi, yakni Ari bisa diajak bergabung juga. Sama seperti Yoyo, Ari juga sempat masuk penjara karena kasus narkoba. Kemistri yang sudah ada di antara keduanya tentu bakal menciptakan harmoni yang yahud kalau diajak kolaborasi.

Jika gitarisnya masih mau nambah satu lagi, nama Roby Satria, gitaris band Geisha bisa jadi pertimbangan. Meski secara nama kalah tenar, tapi kan blio juga pernah merasakan getirnya kehidupan di penjara. Ini agar konsep “band dari penjara ke penjara”-nya tetap bisa jalan aja sih.

Oh iya, untuk bassist sih, nggak usah dipikirin lah ya, Dhani kan jago pegang alat musik apa aja, taruh aja blio di posisi itu, semua pasti beres.

Baca juga:  #2019GantiPresiden Dihadang, Gerindra Sesalkan Polri Tak Netral, Mardani Sebut Negara Kalah oleh Preman

Nah terakhir, untuk posisi frontliner alias vokalis, pilihan musisi yang bisa dipilih Jerinx ada banyak. Dan semuanya adalah nama besar.

Pertama ada Sammy Simorangkir dengan suaranya yang keriting nan lembut, lalu ada Ariel Noah yang punya suara khas serta kharisma tiada lawan, dan ada satu lagi… legenda dunia musik Indonesia, yang gaya rambutnya sempat jadi tren pada masanya.

Siapa dia? Yak pliswelkom…

…Andika ex-Kangen Band.

BACA JUGA Tolong Beri Jerinx SID Gelar Doctor Honoris Causa Bidang Ilmu Konspirasi atau tulisan rubrik POJOKAN lainnya.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *