Wah, Bitcoin Bakal Sah Jadi Alat Pembayaran di Negara Ini

El Salvador: Presiden El Salvador Nayib Bukele menginginkan bitcoin menjadi alat pembayaran yang sah di negara itu. Langkah tersebut, jika disetujui, akan menjadikan El Salvador sebagai negara pertama di dunia yang secara resmi menerima cryptocurrency sebagai uang legal.
 
Presiden Bukele akan segera mengusulkan RUU untuk secara resmi menerima cryptocurrency sebagai uang legal. Hal ini diyakini dapat mengubah ekonomi yang bergantung pada pengiriman uang.
 
Langkah itu akan menjadikan negara Amerika Tengah itu menjadi yang pertama di dunia secara resmi menerima cryptocurrency sebagai uang legal. Serta akan memungkinkan inklusi keuangan ribuan orang yang berada di luar ekonomi legal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Minggu depan, saya akan mengirimkan ke Kongres RUU yang membuat bitcoin menjadi uang legal,” katanya dalam pesan video ke konferensi Bitcoin 2021 di Miami, dilansir dari Aljazeera, Senin, 7 Juni 2021.
 
Dia mengatakan RUU itu bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja di negara yang 70 persen penduduknya tidak memiliki rekening bank dan bekerja di ekonomi informal.
 
Pemerintah belum memberikan rincian RUU tersebut, yang akan membutuhkan persetujuan dari parlemen yang didominasi oleh sekutu presiden.
 
Pengiriman uang dari orang Salvador yang bekerja di luar negeri mewakili sebagian besar ekonomi -setara dengan sekitar 22 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Menurut laporan tersebut, pada tahun lalu, pengiriman uang ke negara itu mencapai USD5,9 miliar.
 
Strike, sebuah aplikasi pembayaran seluler yang diluncurkan di El Salvador pada Maret lalu, menyambut baik undang-undang tersebut. Serta bekerja sama dengan negara tersebut untuk membuat penggunaan teknologi bitcoin sukses.
 
“Target ini terdengar di seluruh dunia,” kata pendiri dan CEO Strike Jack Mallers, yang memperkenalkan video Bukele, saat konferensi di Miami.
 
“Mengadopsi mata uang digital asli sebagai alat pembayaran yang sah memberikan El Salvador jaringan pembayaran terbuka yang paling aman, efisien, dan terintegrasi secara global di dunia,” tambah Mallers.
 
Menurut halaman CoinMarketCap, pasar cryptocurrency tumbuh lebih dari USD2,5 triliun pada pertengahan Mei 2020. Hal ini didorong oleh minat investor yang semakin serius terhadap mata uang digital itu, dari Wall Street hingga Silicon Valley.
 
Tetapi volatilitas bitcoin -saat ini dihargai USD36.127- dan status hukumnya yang suram telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah itu dapat menggantikan mata uang fiat dalam transaksi sehari-hari.
 
(AHL)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *