Kemenkop UKM Yakin Vaksinasi Bakal Kembalikan Omzet Pelaku Usaha

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki meyakini pelaksanaan vaksinasi Covid-19, bakal mengembalikan omzet para pelaku usaha yang tertekan pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Teten saat acara Sentra Vaksinasi Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dan Kemenkop UKM, Jakarta, Senin (7/6/2021).

“Saya yakin kalau nanti vaksinasi sudah dilakukan, penjualan, omzet UMKM, Hippindo hidup lagi,” ujar Teten.

Baca juga: P2G: Vaksinasi Guru Lambat, Pembukaan Sekolah Cenderung Dipaksakan

Menurut Teten, pelaku UMKM maupun Hippindo merupakan bagian terpenting dalam perekonomian Indonesia, karena menjadi penggerak roda ekonomi terutama saat pandemi.

“Jadi vaksinasi itu kunci bagi kita untuk pemulihan ekonomi nasional. Semua harus optimis, bahwa ekonomi bisa pulih,” papar Teten.

Baca juga: Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia Akan Bertemu Sri Sultan Bahas Prioritas Vaksinasi Bagi Lansia

Teten mengajak Hippindo untuk kembali bekerjasama dengan daerah lainnya dalam mengadakan sentra-sentra vaksin terutama untuk pelaku UKM dan retail.

“Kami akan coba kerja sama dengan daerah, kami di daerah punya gedung dan juga ada balai latihan koperasi yang besar itu juga bisa jadi sentra vaksinasi terutama untuk pelaku UMKM dan ritel,” kata Teten.

KEMBALI BANGKIT JELANG LEBARAN - Jelang lebaran dalam suasana pandemic covid-19, sejumlah pusat perbelanjaan termasuk Tangcity Mal, di Kota Tangerang, ramai oleh pengunjung yang datang masih dalam jumlah yang sesuai dengan kapasitas yang berlaku, Sabtu (8/5/2021). Ramainya pengunjung ikut mendongkrak pendapatan para tenant dan pelaku UMKM yang membuka usaha di Tangcity Mal, hal ini menandakan perekonomian di Kota Tangerang kembali bergeliat setelah 1 tahun terpuruk akibat terdampak Covid-19. WARTA KOTA/NUR ICHSAN
ilustrasi. WARTA KOTA/NUR ICHSAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

Di tempat yang sama, Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah menjelaskan, omset ritel sebelum pandemi berada pada kisaran Rp 600 triliun, dan saat ini telah turun hingga 50 persen karena adanya pelemahan daya beli masyarakat.

“Kalau sebelum Covid retail di Rp 600 triliun. Dengan vaksin tidak langsung balik, tapi paling tidak 80 persen sudah kembali seperti semula,” ucap Budihardjo.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *