Ditenagai oleh Kincir Angin, Cara Kerja Mobil Nyentrik Ini Mencengangkan

Suara.com – Saat pabrikan mobil tengah berlomba-lomba untuk mengembangkan kendaraan elektrik, orang-orang ini justru mencobba membuat tunggangan yang ditenagai angin.

Dilansir dari Carscoops, usaha mereka tak bisa dianggap sepele usai kendaraan racikan yang dinamai Black Bird ini berhasil memecahkan rekor kecepatan.

Kendaraan yang dijejali kincir angin ini diklaim bergerak melawan arah hembusan udara lebih cepat daripada kecepatan angin itu sendiri.

Banyak orang mengira bahwa mesin unik yang tersemat pada mobil ini merupakan mesin gerak abadi. Tapi, seperti yang dikatakan oleh Asosiasi Berlayar Tanah Amerika Utara pada tahun 2012 saat kendaraan ini mencatat rekor kecepatan daratnya, ini bukan mesin gerak abadi.

Baca Juga: Angkut BBM, Mobil Pikap Terbakar di Natar Lampung Selatan

“Ini bukan lelucon atau tipuan yang disengaja; semua orang yang terlibat menganggap ini serius. Blackbird tidak mengklaim sebagai mesin gerak abadi, ia menggunakan energi dari angin. Jika angin berhenti begitu juga Blackbird. Mereka sepertinya telah menemukan cara untuk mengubah energi angin menjadi gerakan maju dengan cara yang lebih efisien daripada parasut, tumbleweed, atau layar atau sayap konvensional.”

Mobil bermesin kincir angin. (Youtube)
Mobil bermesin kincir angin. (Youtube)

Faktanya, Greenbird, kapal pesiar darat lainnya, menetapkan rekor kecepatan darat tenaga angin sebesar 126,1 mph pada tahun 2009. Itu berarti bahwa jika sudut arah angin Anda tepat, Anda masih dapat bergerak ke arah angin lebih cepat.

Saat kendaraan tersebut dicoba oleh, Derek Muller, pembawa acara dalam tayangan Youtube yang diunggah oleh kanal Veritasium, mobil angin ini berhasil melaju lebih cepat dari kecepatan angin yang terlihat.

Beralih ke sektor desain, sekilas mobil nyeleneh ini terlihat sedikit meniru desain mobil balap Formula q dengan sedikit peneysuaian di bagian roda dan juga terpasangnya kincir angin raksasa di bagian belakang mobil tersebut.

(*) Untuk menyaksikan video tersebut, klik di sini.

Baca Juga: Best 5 Oto: Nabila Putri Balap Kereta Komuter, Ridwan Kamil Boncengkan AHY

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *