Mengenang Mochtar Kusumaatmaja, Sosok yang Berjasa Dalam Deklarasi Djuanda

Jakarta: Mantan Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja meninggal dunia di usia 92 tahun pada Minggu, 6 Juni 2021. Kabar duka disampaikan melalui akun Twitter Kantor Staf Presiden (KSP).
 
Kabar Mochtar meninggal dunia menjadi duka mendalam bagi publik Tanah Air. Termasuk Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW). Ia pun mengenang jasa-jasa Mochtar untuk Indonesia. Salah satunya adalah Deklarasi Djuanda yang telah memperkuat dan memperluas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
“Inna lill?hi wa inna ilaihi r?jiun. Beliau (Mochtar Kusumaatmaja) adalah pahlawan bangsa yang sukses dengan Deklarasi Djuanda perkuat soliditas dan perluas NKRI tanpa nyalak senjata,” kata Hidayat saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Menurut informasi dari beragam sumber, Mochtar Kusumaatmadja meninggal pada pukul 09.15 WIB di Rumah Sakit Siloam. Hingga sejauh ini belum ada informasi lanjutan perihal penyebab kematian serta rencana pemakaman.
 
Mochtar Kusumaatmadja lulus Meester in de Rechten (Sarjana Hukum plus) dari Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan UI pada tahun 1955. 
 
Karier Mochtar Kusumaatmadja muda melejit ketika diminta pemerintah untuk mengembangkan konsep negara kepulauan yang pada 1957 dideklarasikan oleh Perdana Menteri Djuanda. 
 
Semenjak itu, beliau aktif menghadiri berbagai konferensi hukum laut untuk meyakinkan banyak pakar dan perwakilan negara atas konsep negara kepulauan. Perjuangan beliau membuahkan hasil dengan diterimanya konsep negara kepulauan (archipelagic states) dalam Konvensi Hukum Laut 1982. 
 
Ia pernah menduduki birokrasi Universitas dengan menduduki jabatan sebagai Rektor Universitas Padjadjaran.
 
(UWA)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *