Mengenang Mochtar Kusumaatmadja, Kemenlu: Putra Terbaik Bangsa

Jakarta: Awan duka sedang menyelimuti Tanah Air. Sebab, Indonesia kehilangan salah satu sosok berjasa mereka, Mochtar Kusumaatmadja. Mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI itu meninggal dunia pada Minggu 6 Juni.
 
Pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pun berduka atas meninggalnya Mochtar. Melalui Twitter, mereka pun mengucapkan belasungkawa atas kepergian Mochtar. Pada kesempatan itu, mereka juga mengenang pengabdian Mochtar selama menjadi Menlu.
 
“Indonesia berduka.Salah satu putra terbaik bangsa telah kembali ke pangkuanNya hari ini. Selamat jalan Menteri Luar Negeri RI (1978 – 1988), Mochtar Kusumaatmadja,” tulis pernyataan Kemenlu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Seluruh jasa-jasa dan pengorbananmu tidak akan lekang oleh waktu. Abadi di benak dan hati kami selamanya,” demikian keterangan Kemlu RI,” sambung mereka.
 
Menurut informasi dari beragam sumber, Mochtar Kusumaatmadja meninggal pada pukul 09.15 WIB di Rumah Sakit Siloam. Hingga sejauh ini belum ada informasi lanjutan perihal penyebab kematian serta rencana pemakaman.
 
Mochtar Kusumaatmadja lulus Meester in de Rechten (Sarjana Hukum plus) dari Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan UI pada tahun 1955. 
 
Karier Mochtar Kusumaatmadja muda melejit ketika diminta pemerintah untuk mengembangkan konsep negara kepulauan yang pada 1957 dideklarasikan oleh Perdana Menteri Djuanda. 
 
Semenjak itu, beliau aktif menghadiri berbagai konferensi hukum laut untuk meyakinkan banyak pakar dan perwakilan negara atas konsep negara kepulauan. Perjuangan beliau membuahkan hasil dengan diterimanya konsep negara kepulauan (archipelagic states) dalam Konvensi Hukum Laut 1982. 
 
Ia pernah menduduki birokrasi Universitas dengan menduduki jabatan sebagai Rektor Universitas Padjadjaran.
 
(UWA)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *