Pemerintah Dorong Kegiatan Kehutanan Masyarakat dalam Mitigasi Perubahan Iklim

Jakarta: Pemerintah mendorong kegiatan kehutanan masyarakat dan dunia usaha dalam mitigasi perubahan iklim. Kegiatan kehutanan tidak hanya bersifat bisnis kayu, tetapi juga multiusaha.
 
“Didorong untuk berkontribusi lebih besar dan lebih luas, berupa penguatan dan dukungan dalam mitigasi perubahan iklim, yakni penurunan emisi gas rumah kaca (GRK),” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dalam acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 secara daring, Sabtu, 5 Juni 2021.
 
Menurut Siti, kegiatan kehutanan harus dikelola dengan baik dan benar. Sehingga, dapat memberikan nilai tambah bagi pengelolaan kehutanan di Indonesia, menerapkan kesempatan dan peluang dalam kegiatan, serta perizinan multiusaha dengan insentif nilai ekonomi karbon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Siti menyebut keberhasilan pengelolaan secara terintegrasi akan sangat membantu dan dibutuhkan dalam upaya memenuhi kewajiban negara-negara anggota di dunia. Terutama dalam menurunkan emisi GRK.
 
“Sehingga, suhu bumi tidak boleh naik lebih dari dua derajat celsius. Sedapat-dapatnya ditahan sehingga tidak naik lebih dari 1,5 derajat celsius. Kontribusi penurunan emisi GRK ini ditetapkan dalam Nationally Determined Contribution (NDC),” ungkap Siti.
 
Baca: Restorasi Ekosistem Pulihkan 4,69 Juta Hektare Lahan di Indonesia
 
Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 mengusung tema restorasi ekosistem. Menurut Siti, kegiatan restorasi ekosistem pada berbagai platform, kebijakan, operasional, dan implementasinya berperan penting dalam penurunan emisi karbon maupun peningkatan stok karbon.
 
“Indonesia berkepentingan dalam agenda perubahan iklim karena kondisi geografis, klimatologis, demografis dan sosial ekonomi yang rentan dengan berbagai risiko dari kejadian alam. Berupa banjir, longsor, kekeringan, kenaikan muka air laut, serta kebakaran hutan dan lainnya yang merugikan perekonomian, lingkungan, kesehatan, dan kehidupan masyarakat,” ujar politikus Partai NasDem itu.
 
(AZF)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *