Pakar: Cegah Penularan Kunci Tekan Mutasi Virus

Jakarta: Mutasi virus korona hal yang alami. Namun, pencegahan penularan covid-19 meminimalkan potensi mutasi virus korona.
 
“Tidak ada cara lain. Cegah penularan,” kata dokter spesialis pulmonologi dan kedokteran respirasi (paru) RSUP Persahabatan Erlina Burhan dalam diskusi virtual, Sabtu, 5 Mei 2021.
 
Erlina menuturkan mutasi terjadi ketika virus masuk ke tubuh. Virus akan mereplikasi diri supaya sama seperti virus induk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Mutasi terjadi ketika virus salah mereplikasi diri sehingga muncul varian baru. Varian itu bisa lebih lemah atau lebih kuat.
 
“Masalahnya kalau kuat, mempengaruhi penularan tinggi, tingkat keparahan tinggi, dan menurunkan efikasi vaksin,” ujar Erlina.
 
Baca: Pengaruh Mutasi Virus Covid-19 Terhadap Efikasi Vaksin Dinamis
 
Pencegahan penularan covid-19 dilakukan dengan taat protokol kesehatan. Warga harus memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.
 
Ikut program vaksinasi dan meningkatkan daya tahan tubuh merupakan cara lain mencegah penularan. “Kalau mencegah penularan dengan sendirinya mencegah mutasi,” papar dia.
 
(SUR)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *