Jokowi Izinkan Menpan RB Didampingi Wakil Menteri

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengizinkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Tjahjo Kumolo memiliki wakil menteri. Pendamping bakal membantu Tjahjo memimpin pelaksanaan tugas KemenPAN RB.
 
Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 47 Tahun 2021 tentang Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
 
“Menteri dapat dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukkan Presiden,” tulis Perpres itu seperti dikutip Medcom.id, Jumat, 4 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Perpres itu menyebutkan Jokowi berhak mengangkat dan memberhentikan Wakil Menteri PAN RB. Namun, wakil menteri tetap bertanggung jawab penuh pada menteri.
 
“Menteri dan wakil menteri merupakan satu kesatuan unsur pemimpin kementerian,” tulis Perpres tersebut.
 
Baca: Jokowi Mengajak Seluruh Pihak Bergerak Aktif Perkokoh Pancasila
 
Wakil Menteri PAN RB memiliki dua lingkup tugas. Pertama, membantu menteri dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan KemenPAN RB.
 
Kedua, membantu menteri mengoordinasikan pencapaian kebijakan strategis lintas unit organisasi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya atau eselon 1 di lingkungan KemenPAN RB.
 
Perpres itu ditetapkan Jokowi pada 19 Mei 2021 dan berlaku sejak diundangkan pada 21 Mei 2021. Perpres Nomor 47 tahun 2015 tentang KemenPAN RB soal lembaran negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 89 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.
 
(ADN)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *