Angka Kelulusan SMK di Papua Capai 96,5%

Jayapura:  Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua menyatakan persentase kelulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Bumi Cenderawasih tahun ajaran 2020/2021 mencapai 96,5 persen.
 
Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait di Jayapura, Kamis, 3 Juni 2021 mengatakan, jumlah SMK di wilayahnya sebanyak 135 sekolah yang tersebar pada 29 kabupaten dan kota.
 
“Ke-135 SMK tersebut memiliki 9.811 peserta ujian dan yang lulus hanya 9.474 siswa sehingga persentase kelulusannya tercatat 96,5 persen,” sebutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Menurut Christian, pihaknya berharap lulusan SMK selain melanjutkan pendidikan ke tahap selanjutnya yakni kuliah, namun dapat diterima di tempat-tempat kerja sesuai dengan bidang ilmu yang telah didapatkan selama ini.
 
“Lulusan SMK ini juga diharapkan dapat berwirausaha sesuai keahlian yang didapatkan selama sekolah,” ujarnya.
 
Baca juga:  60% Dosen Vokasi Diminta Fokus pada Mata Kuliah Praktik
 
Dia menjelaskan, pihaknya tidak ingin ada lulusan SMK yang menjadi pengangguran sehingga harus memanfaatkan ilmu yang diperoleh selama sekolah.
 
“Diingatkan juga karena kini masih dalam situasi covid-19 maka perayaan kelulusan tidak boleh dilakukan dengan pawai-pawai atau membuat perayaan berlebihan,” katanya lagi.
 
Dia menambahkan pihaknya turut mengingatkan pentingnya mengedepankan protokol kesehatan agar dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik.
 
(CEU)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *