Prabowo Disebut Sudah Memiliki Gambaran Alutsista yang Akan Dibeli

Jakarta: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disebut sudah memiliki gambaran jenis alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI yang akan dibeli. Gambaran tersebut diperoleh dari berbagai kunjungan ke sejumlah negara dalam beberapa tahun terakhir.
 
“Sebenarnya sudah ada (gambaran belanja alutsista),” kata juru bicara (Jubir) Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 2 Juni 2021.
 
Politikus Partai Gerindra itu menyampaikan kunjungan Prabowo dilakukan untuk memperkuat diplomasi dengan negara produsen alutsista. Hal itu harus dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan dalam kerja sama tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Diplomasi itu juga dilakukan untuk meninjau langsung peralatan tempur yang diproduksi. Sehingga, pembelian yang dilakukan tepat dan memenuhi kebutuhan pertahanan Indonesia.
 
“Sebenarnya itu kayak shopping. Kalau ke mal lihat-lihat dulu, kita ngobrol-ngobrol dulu. Mereka merasa nyaman dan dekat,” ungkap dia.
 
Baca: Komisi I Bakal Panggil Menkeu dan Kepala Bappenas Bahas Alpalhankam
 
Dia menyebutkan setidaknya ada beberapa patokan Prabowo memilih negara yang dijadikan mitra pengadaan alutsista. Di antaranya, harus memiliki pengaruh kuat di dunia internasional.
 
“Lalu, mempunyai hak veto. Bukan ke negara-negara yang tidak memiliki kekuatan politik luar negeri,” ujar dia.
 
Dirangkum dari berbagai sumber, Prabowo melakukan sejumlah kunjungan ke luar negeri semenjak menjabat sebagai Menhan. Ada tujuh negara yang dikunjungi, yakni Malaysia, Thailand, Turki, China, Jepang, Filipina, dan Prancis.
 
(AZF)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *