Indonesia Beri Penghargaan Awak Kapal Jepang yang Bantu Selamatkan WNI

Jakarta: Duta Besar RI untuk Jepang, Heri Akhmadi, memberikan penghargaan kepada nakhoda, awak, dan perusahaan kapal penangkap ikan Jepang. Penghargaan diberikan karena mereka telah membantu menyelamatkan 20 orang warga negara Indonesia (WNI) yang mengalami kecelakaan di Samudra Hindia.
 
“Momentum yang kita peringati hari ini adalah untuk memberi penghargaan atas keberanian dari awak kapal Jepang yang berada di lautan Hindia,” kata Dubes Heri Akhmadi saat memberikan penghargaan dan apresiasi yang dilakukan oleh kapal penangkap ikan Jepang FV Fukuseki Maru 15 terhadap para WNI yang merupakan awak KM Bandar Nelayan 188, seperti dilansir Antara, Rabu, 2 Juni 2021.
 
Heri mengatakan kehadiran para awak kapal Jepang itu menunjukkan kepedulian sebagai bentuk persaudaraan dengan Indonesia. Hal itu juga merefleksikan eratnya hubungan kedua negara, termasuk masyarakatnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

KM Bandar Nelayan 188 mengalami kecelakaan dan tenggelam di Samudra Hindia sekitar 650 mil laut sebelah barat Perth, Australia. Seluruh awak kapal yang terdiri atas 20 orang WNI berhasil diselamatkan.
 
Merespon permintaan bantuan penyelamatan, kapal ikan Jepang yang berada dekat lokasi, FV Fukuseki Maru 15, berhasil mengevakuasi seluruh awak KM Bandar Nelayan 118 pada 15 Mei 2021. Selanjutnya, para awak dipindahkan ke kapal Angkatan Laut Australia, HMAS Anzac, yang tiba di lokasi untuk membantu penyelamatan dan pertolongan medis.
 
Baca: Indonesia-Jepang Akui Nasionalisme Vaksin Jadi Tantangan Hadapi Covid-19
 
Presiden Kapal Kabushiki Kaisha Fukuseki Maru, Kenichi Nishikawa, mengatakan penghargaan tersebut akan semakin memperkuat kerja sama maritim dan perikanan antara kedua negara.
 
“Terima kasih atas penghargaan dan acara yang meriah ini. Penghargaan ini kami persembahkan juga untuk para awak kapal asal Indonesia. Ke depannya, kami berharap bisa terus menjalin kemitraan di bidang maritim dan perikanan Indonesia dan Jepang,” katanya.

 
(UWA)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *