Best 5 Oto: Stellantis Sematkan Kecerdasan Buatan, Nabila Putri Motoran Camori

Suara.com – Nabila Putri, Selvy Kitty, Vega Darwanti, camori, Stellantis, motoran, IQ.DRIVE Travel Assist, kecerdasan buatan, SIM C, kubikasi mesin, road bike, jalur sepeda, sepeda motor, dan moge alias motor gede menjadi highlight dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com yang materinya dipetik dari tayangan pagi kemarin hingga menjelang tengah malam tadi.

Tiga selebritis cantik Tanah Air, yaitu Nabila Putri, Selvy Kitty, serta Vega Darwanti bikin acara motoran seru dengan menunggang moge. Mereka menyebutnya camori, alias cantik motor ride. Istilah unik, mengingat biasanya digunakan istilah Sunmori alias Sunday morning ride.

Terbayang, betapa serunya tiga perempuan melaju dengan gaya keren bersama tunggangan mereka.

Masih di jalur roda dua, beberapa saat lalu terjadi peristiwa viral pemotor mengacungkan jari tengah kepada rombongan pesepeda kayuh yang menggunakan road bike. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki rencana untuk memperluas jalur sepeda motor di area yang kini kadung terkenal sebagai “jalur viral” akibat kejadian itu.

Baca Juga: Italia Bangun Jalan Raya Khusus Mobil Listrik untuk Recharging Nirkabel

Apapun yang dilakukan dan tanpa membela salah satu kelompok pengguna jalan raya, sikap yang mesti dikembangkan adalah berbagi ruas karena jalan raya adalah satu adanya serta digunakan bersama. Mungkin ada peraturan yang membolehkan sebuah ruas dipakai moda transportasi tertentu di suatu saat tertentu pula, namun alangkah baiknya bila tidak membuat moda transportasi lain terhambat karenanya.

Dan terus di sektor roda dua, kelak Surat Izin Mengemudi atau SIM C atau untuk kendaraan bermotor roda dua akan dibagi menjadi tiga kategori. Yaitu SIM C, SIM C I, dan SIM C II. Saat ini, pihak Kepolisian terus mensosialisasikannya. Pemohon akan diklasifikasikan berdasar usia dan kubikasi mesin kendaraan yang ia gunakan.

Lantas menginjak topik roda empat, Stellantis, aliansi hasil merger antara Fiat Chrysler serta Peugeot Citroen tengah menggarap kecerdasan buatan untuk disematkan ke produk-produk mereka.

Kemudian beranjak ke Volkswagen, perusahaan ini juga melanjutkan penerapan kecerdasan buatan yang diwujudkan dalam pengemudian otomatis level 2.  Berjuluk IQ. DRIVE Travel Assist, peranti ini untuk perdana diterapkan pada Volkswagen Polo 2022 setelah sebelumnya ditanam kepada model berkapasitas mesin lebih tinggi dari mobil itu.

Selamat menikmati lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com dan berkarya pada hari ini. Tetap semangat dan jangan lupa mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga: Simak, Ini Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pengereman ABS

1. Motoran Bareng Nabila Putri, Selvi Kitty Sebut Canmori Bukan Sunmori, Kok Bisa?

Potret trio artis Indonesia, Nabila Putri, Vega Darwanti dan Selvi Kitty berpose di atas moge (Instagram)
Potret trio artis Indonesia, Nabila Putri, Vega Darwanti dan Selvi Kitty berpose di atas moge (Instagram)

Artis cantik seperti Nabila Putri, Poppy Sovia, hingga Selvi Kitty memang tak bisa lepas dari dunia permotoran.

Bahkan mereka kerap terciduk kamera naik motor bareng keliling kota. Motornya pun tak main-main lho, yakni moge yang sudah dimodifikasi.

Baca selengkapnya

2. SIM C Dibagi Tiga Golongan, Ini Persyaratan yang Wajib Dipahami Pemotor

Bila menggunakan sepeda motor jenis moge, dibutuhkan pengendara yang memiliki SIM CII. Sebagai ilustrasi (Shutterstock)
Bila menggunakan sepeda motor jenis moge, dibutuhkan pengendara yang memiliki SIM CII. Sebagai ilustrasi (Shutterstock)

Kekinian, Surat Izin Mengemudi untuk sepeda motor (SIM C) dibagi menjadi tiga golongan, yakni SIM C, SIM C I, dan C II. Ketiganya digolongkan berdasarkan kapasitas mesin sepeda motor yang digunakan.

SIM C digunakan untuk sepeda motor berkapasitas di bawah 250cc, sedangkan SIM CI bagi sepeda motor berkapasitas mesin di atas 250cc, dan sepeda motor berbasis listrik.

Baca selengkapnya

3. Pesepeda Road Bike Dibolehkan Melintas di Jalur Motor Viral Saat Tertentu Saja

Seorang pesepeda road bike melintas menggunakan jalur khusus sepeda di Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (26/2/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]
Seorang pesepeda road bike melintas menggunakan jalur khusus sepeda di Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (26/2/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Pekan lalu, terjadi peristiwa viral road rage, saat seorang pengguna sepeda motor mengacungkan jari tengah kepada serombongan pesepeda kayuh jenis road bike yang tengah melintas di ruas Jalan Jenderal Sudirman – MH Thamrin.

Lepas dari muasal kejadian, pesan yang disampaikan penting, yaitu berbagi jalan. Karena menggunakan ruas yang sama. Mestinya saling memahami: kebutuhan bukanlah perseorangan atau golongan, melainkan setiap pengguna jalan raya.

Baca selengkapnya

4. Seru, Stellantis Siap Sematkan Sistem Kecerdasan Buatan di Berbagai Produknya

Sistem kecerdasan buatan dari Stellantis yang tengah dikembangkan [Stellantis via ANTARA].
Sistem kecerdasan buatan dari Stellantis yang tengah dikembangkan [Stellantis via ANTARA].

Sebagai wadah aliansi baru, yang menyatukan perusahaan mobil Amerika Serikat dan Eropa, yaitu Fiat Chrysler dengan Peugeot Citroen, Stellantis memiliki banyak terobosan. Kekinian adalah menyiapkan sistem kecerdasan buatan untuk disematkan ke berbagai produknya.

Dikutip dari kantor berita Antara, Stellantis NV dan Hon Hai Precision Industry Co Ltd (Foxconn) bersama anak perusahaannya FIH Mobile Ltd membentuk Mobile Drive. Yaitu usaha patungan dengan modal 50:50 yang bertujuan untuk menghadirkan kendaraan inovatif dilengkapi kecerdasan buatan.

Baca selengkapnya

5. IQ.DRIVE Travel Assist Membuat New Volkswagen Polo Makin Cerdas

New Volkswagen Polo dilengkapi pengemudian otomatis level 2 dari fitur IQ.DRIVE Travel Assist [Volkswagen via ANTARA].
New Volkswagen Polo dilengkapi pengemudian otomatis level 2 dari fitur IQ.DRIVE Travel Assist [Volkswagen via ANTARA].

IQ.DRIVE Travel Assist adalah fitur seru yang membuat pengoperasian sangat mudah. Yaitu berupa roda kemudi multifungsi dilengkapi tombol terpisah untuk sistem bantuan pintar. Cukup klik, dan sebagian tugas pengemudian akan berjalan otomatis. Inilah keandalan yang ditawarkan produk New Volkswagen Polo 2022.

Dikutip kantor berita Antara dari laman resmi Volkswagen, salah satu raksasa otomotif Jerman ini mengumumkan bahwa New Volkswagen Polo 2022 hatchback telah meluncur ke pasar dan dilengkapi pengemudian otomatis level 2. Atau pertama di kelasnya, setelah fitur IQ.DRIVE Travel Assist disematkan ke model lebih besar seperti Volkswagen Golf, Tiguan, Passat, Arteon, dan Volkswagen Touareg.

Baca selengkapnya

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *