Puan: Indonesia Akan Terus Ada Selama Pancasila di Hati

Jakarta: Ketua DPR Puan Maharani mengajak seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Indonesia akan terus ada selama Pancasila di hati setiap masyarakat.
 
“Kita harus yakin seyakin-yakinnya bahwa selama Pancasila masih ada di hati orang Indonesia, maka selama itu juga Indonesia akan terus ada,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Selasa, 1 Juni 2021.
 
Dia menyebut Pancasila merupakan elemen yang sangat penting bagi masyarakat. Sebab, Pancasila sebagai penjaga dan memperkuat persatuan bangsa Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Kami berharap nilai-nilai Pancasila menjadi inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila dalam tindakan, dan bersatu untuk Indonesia tangguh,” tutur dia.
 
Politikus PDI Perjuangan itu mengungkapkan kehidupan berbangsa dan bernegara harus mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Sebab, Pancasila merupakan sebuah falsafah Indonesia.
 
(Baca: Pancasila Bukan Hafalan, Tapi Amalan)
 
“Kita hanya dapat menjadi bangsa yang besar jika kita berpegang teguh pada falsafah bangsa kita sendiri, yakni Pancasila,” sebut dia.
 
Indonesia tak bisa menerapkan falsafah negara lain. Sebab, setiap bangsa memiliki falsafah masing-masing.
 
“Dan bukan menjiplak falsafah bangsa orang lain karena setiap bangsa memiliki akar sejarah dan budaya yang berbeda-beda,” ujar dia.
 
Puan bertugas membaca naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini. Cucu Presiden Pertama Indonesia Soekarno itu mengenakan baju kurung hitam berselempang kain tenun gringsing Bali.
 
Peringatan Hari Lahir Pancasila digelar secara virtual. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama  menteri menghadiri upacara yang dipusatkan di Gedung Pancasila, Jakarta.
 
(REN)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *