IQ.DRIVE Travel Assist Membuat New Volkswagen Polo Makin Cerdas

Suara.com – IQ.DRIVE Travel Assist adalah fitur seru yang membuat pengoperasian sangat mudah. Yaitu berupa roda kemudi multifungsi dilengkapi tombol terpisah untuk sistem bantuan pintar. Cukup klik, dan sebagian tugas pengemudian akan berjalan otomatis. Inilah keandalan yang ditawarkan produk New Volkswagen Polo 2022.

Dikutip kantor berita Antara dari laman resmi Volkswagen, salah satu raksasa otomotif Jerman ini mengumumkan bahwa New Volkswagen Polo 2022 hatchback telah meluncur ke pasar dan dilengkapi pengemudian otomatis level 2. Atau pertama di kelasnya, setelah fitur IQ.DRIVE Travel Assist disematkan ke model lebih besar seperti Volkswagen Golf, Tiguan, Passat, Arteon, dan Volkswagen Touareg.

Sebagai yang pertama di kelasnya, New Volkswagen Polo menyediakan pengendaraan otomatis sebagian di seluruh rentang kecepatan. Tingkat kenyamanan benar-benar nyata, demikian dipaparkan Volkswagen dan dikutip pada Selasa (1/6/2021).

Sistem IQ.DRIVE Travel Assist melibatkan Adaptive Cruise Control (ACC) dan panduan jalur adaptif, dengan gabungan panduan lateral dan longitudinal. Dengan kombinasi sistem bantuan ini, Polo melangkah ke kelas kendaraan yang lebih tinggi.

Baca Juga: Ford dan Volkswagen Sepakat Kerja Sama Transfer Teknologi

Volkswagen Tiguan Allspace akan launching pada 12 Mei 2021 [Volkswagen via ANTARA].
Volkswagen Tiguan Allspace yang meluncur Mei 2021. Telah dilengkapi IQ.DRIVE Travel Assist. Sebagai ilustrasi   [Volkswagen via ANTARA].

ACC memastikan bahwa kendaraan secara otomatis mempertahankan kecepatan yang diizinkan serta dipilih pengemudi. Terdapat pendukung berupa Dynamic Road Sign Display berbasis kamera, agar si kendaraan memahami seberapa kencang New Volkswagen Polo boleh melaju.

Sementara deteksi sekeliling, termasuk kendaraan berkecepatan lebih rendah yang ada di depan bisa diketahui via teknologi sensor radar. Dari sini, data dikirim untuk memberikan perintah agar bagian pengereman bekerja, sehingga jarak bisa terjaga secara benar dan aman.

Ada pula sistem ACC prediktif–berwawasan ke depan–yang dikombinasikan dengan sistem navigasi dan Dual Sequential Gearbox (DSG) atau girboks kopling ganda. Salah satu fungsinya memungkinkan kendaraan untuk bereaksi terhadap tikungan atau batas kota, serta melakukan deselerasi atau mengurangi kecepatan.

Sistem penjaga lajur Lane Assist memindai area di depan kendaraan menggunakan kamera yang sama di kaca depan sebagai sistem Tampilan Rambu Jalan Dinamis.

Dengan demikian, sistem bantuan mendeteksi marka lajur dan mengarahkan secara benar segera setelah pergerakan keluar lajur yang tidak disengaja bisa dideteksi.

Baca Juga: Volkswagen ID.4 Mobil Terlaris Kawasan Nordic, Pesanan Tembus 30 Ribu Unit

Jika IQ.DRIVE Travel Assist aktif, ACC prediktif dan panduan jalur adaptif bekerja sama mengendalikan laju kendaraan.

Dengan gearbox manual 5 dan 6-percepatan, IQ.DRIVE Travel Assist bisa digunakan mulai kecepatan 30 km per jam hingga kecepatan maksimum (210 km per jam).

Jika Polo dilengkapi 7-gear DSG, sistem bantuan sudah tersedia mulai kecepatan 0 km per jam. Didampingi IQ.DRIVE Travel Assist dan DSG, pengguna dapat mengemudi didampingi bantuan,sehingga lebih nyaman dalam situasi lalu lintas macet.

Dengan kata lain, New Volkswagen Polo mampu mengerem, mempercepat, dan menyetir secara otomatis dalam batas sistem. Namun, pengemudi harus tetap memegang kemudi, karena mereka adalah penanggung jawab dalam menilai situasi lalu lintas dan mengendalikan perilaku kendaraan.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *