[Cek Fakta] 90 Persen Warga DKI Jakarta Dukung Ganjar Pranowo jadi Presiden? Ini Faktanya

Beredar sebuah narasi bahwa sebanyak 90 persen warga DKI Jakarta mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Krt Agus Purwanto Suryonagoro yang turut mengunggah gambar berisi narasi tersebut, Minggu 30 Mei 2021. Berikut narasi selengkapnya:

“90% WARGA DKI JAKARTA
DUKUNG
GANJAR
PRANOWO.”

Akun itu membuat komentar. Berikut selengkapnya:

“AKU CINTA INDONESIA
SURVEY MEMBUKTIKAN WARGA JAKARTA DUKUNG GANJAR PRANOWO PRESIDEN 2024.”

 
[Cek Fakta] 90 Persen Warga DKI Jakarta Dukung Ganjar Pranowo jadi Presiden? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa sebanyak 90 persen warga DKI Jakarta mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu.
Tidak ditemukan data survei Pilpres khusus di Pilpres 2024. Di sisi lain, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga disebut-sebut berpeluang maju di Pilpres 2024.
 
Jika dibandingkan dengan Ganjar yang juga digadang-gadang maju di Pilpres, elektabilitasnya lebih rendah ketimbang Anies. Di antaranya seperti yang dirilis lembaga Survei Puspoll Indonesia.

“Ganjar berada di urutan ketiga. Urutan pertama diisi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan persentase 20,9 dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 15,4 persen,” tulis Medcom.id dalam laporannya, 23 Mei 2021.

Lembaga survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) merilis elektabilitas Anies sebesar 17,01 persen dan Ganjar 11,25 persen. Lembaga Pendidikan, Penelitian, Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), elektabilitas Anies sebesar 12,8 persen dan Ganjar 9,6 persen.
 
Berdasarkan Litbang Kompas, elektabilitas Anies 10 persen dan Ganjar 7,3 persen. Lembaga Indonesia Political Opinion (IPO) merilis Anies 15,8 persen dan Ganjar 12,6 persen.
 

[Cek Fakta] 90 Persen Warga DKI Jakarta Dukung Ganjar Pranowo jadi Presiden? Ini Faktanya
 

Sementara Ganjar unggul ketimbang Anies berdasarkan survei Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi) sebesar 16,0 persen dan Anies 12,5 persen. Lembaga survei Y-Publica merilis elektabilitas Ganjar 20,2 persen dan Anies 7,6 persen.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa sebanyak 90 persen warga DKI Jakarta mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid mengenai hal itu.
 

Referensi:
https://www.medcom.id/nasional/politik/8N0wBgOK-survei-puspoll-ganjar-pranowo-unggul-jauh-dari-puan
https://www.tribunnews.com/nasional/2021/05/22/elektabilitas-anies-prabowo-ganjar-sandiaga-di-5-survei-capres-terbaru-siapa-yang-lebih-unggul?page=4
https://www.merdeka.com/politik/survei-capres-2024-elektabilitas-ganjar-tembus-20-persen-puan-di-bawah-1-persen.html
https://archive.md/xBtTT
 

Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *