Program Bansos Hingga Vaksinasi Massal Dianggap Efektif Hadapi Pandemi

Jakarta: Kinerja pemerintah Indonesia menggerakkan perekonomian pada 2020 diacungi jempol. Sebab, segudang program diupayakan untuk menghadapi pandemi covid-19.
 
“Seperti program bantuan sosial dari pemerintah, program pemulihan ekonomi nasional, dan program vaksinasi massal,” ujar Ketua Pokja Ekonomi Panitia Nasional Kongres IV Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI), Juanta Tarigan, seperti dikutip dari Antara, Kamis, 27 Mei 2021.
 
Selain itu, pembangunan infrastruktur yang mempercepat distribusi logistik serta sumber pertumbuhan ekonomi baru. Tak kalah penting, disrupsi digital juga membuat ekonomi Indonesia tidak begitu mengalami keterpurukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Di sisi lain, Juanta meminta pemerintah memperhatikan penurunan daya beli masyarakat hingga ancaman gelombang lanjutan covid-19. Dia mengatakan, hal ini yang membuat PA GMNI menginisiasi diskusi terkait kemandirian ekonomi.
 
Baca: Ekonomi Kawasan APEC 2021 Bisa Tumbuh 6,3%
 
Ketua Panitia Nasional Kongres PA GMNI Karyono Wibowo mengatakan diskusi virtual pada Jumat, 28 Mei 2021 itu untuk menggambar permasalahan yang dihadapi. Sekaligus, mencari solusi menghadapi pandemi.
 
“Terutama untuk menggali pemikiran yang bisa menjadi solusi untuk mendorong kemandirian ekonomi di tengah pandemi dan pasca pandemi,” kata Karyono.
 
Webinar yang mempertemukan para pemangku kebijakan dan pemerhati ekonomi ini diharapkan menghasilkan masukan untuk mewujudkan kemandirian di bidang ekonomi.
 
“Hasil webinar ini akan digunakan sebagai bahan masukan dalam menyusun rancangan materi rekomendasi bidang ekonomi yang akan diputuskan dalam Kongres PA GMNI 2021 yang akan digelar di Bandung, Jawa Barat, pada 21-23 Juni 2021,” kata Karyono.
 
(ADN)
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *