Sinopsis & Review Lost S5, Para Survivor di Waktu Berbeda

Setelah berhasil keluar dari pulau pada Lost musim ke empat, Jack dan anggota Ocean Six lainnya memutuskan kembali ke sana di Lost Season 5. Mereka merasa punya misi yang harus diselesaikan dan tidak mungkin meninggalkan korban selamat yang lain apalagi menutupinya dengan kebohongan.

Berkat bantuan seseorang yang merupakan mantan pemimpin The Others, Jack dan yang lain berhasil kembali ke sana. Pada musim ini pula plot cerita serial Lost mayoritas berjalan di dua waktu yang berbeda. Masing-masing terhubung dan menghubungkan hingga satu per satu rahasia mulai terkuak. Penasaran dengan keseluruhan ceritanya? Mari simak sinopsis serta ulasan Lost Season 5 terlebih dahulu berikut ini!

Sinopsis

  • Tanggal/Tahun Rilis: 21 Januari 2009 – 13 Mei 2009
  • Genre: Survival, Drama, Time Traveler
  • Produksi: Disney – ABC Domestic Television
  • Sutradara: Stephen Williams, Jack Bender, Rod Holcomb, Paul Edwards, Mark Goldman, Greg Yaitanes, Bobby Roth
  • Pemeran: Matthew Fox, Evangeline Lilly, Jorge Garcia, Josh Holloway
  • Jumlah Episode: 17

Lost Season 5 menceritakan keadaan di pulau setelah Ben memutar roda yang membuat semuanya masuk dalam “mesin waktu”. Sesaat setelah Ben melakukan hal yang tidak terduga, cahaya terang menyelimuti pulau dan membuatnya bergerak secara tidak menentu melalui ruang dan waktu. Orang-orang yang ada di dalamnya, yaitu para survivor tidak menyadarinya.

Mereka bersama tim ilmuwan dari kapal barang hanya mengetahui bahwa camp mereka hilang, Locke terdampar sendirian di hutan. Sementara Richard dan The Others menghilang di depan mata. Daniel Faraday (Jeremy Davies), ilmuwan dari kapal barang kemudian memimpin Sawyer, Juliet, Miles dan Charlotte menuju Swan agar dapat mengetahui zona waktu mereka.

Di tempat lain di pulau yang sama, Locke melihat sebuah Beechcraft mengalami crash dan bertemu dengan Ethan yang kemudian menembaknya di bagian kaki. Pada musim ini, pertama kalinya para korban selamat mengalami perjalanan waktu di seluruh pulau.

Akibat tembakan Ethan, Locke terluka. Richard melihatnya kemudian menolong lelaki tersebut sembari memberi Locke sebuah kompas. Richard lantas meminta Locke untuk membawa kembali orang-orang yang telah pergi dari pulau. Untuk bisa melakukan hal itu, Locke harus mati. Locke kembali masuk ke ruang waktu dan Richard menghilang.

Kilatan cahaya tersebut membuat Charlotte mimisan. Daniel segera mencari pertolongan dengan menghubungi Desmond. Di sisi lain, ketika Daniel dan korban selamat lainnya kembali ke pantai, mereka diserang oleh banyak sekali anak panah. Akibatnya 10 orang tewas. Locke akhirnya kembali bersatu dengan Sawyer dan Juliet.

Mereka tiba di camp tempat The Others menahan Daniel, Charlotte dan Miles. Para musuh percaya bahwa mereka adalah tentara Amerika yang datang untuk mengambil bom mereka atas perintah Daniel. Secara tiba-tiba kilatan cahaya mengumpulkan para korban di sebuah lapangan kosong, tapi Locke menemukan bahwa salah satu dari para musuh adalah Charles Widmore.

Di sisi lain, Hurley mengaku pada ibunya bahwa Ocean Six telah berbohong mengenai keberadaan para korban selamat lain. Sementara di pulau, para penyintas ditembaki orang tak dikenal. Beruntung kilatan waktu menghentikan penderitaan mereka. Para survivor dibawa mundur ke tahun 1954. Di sana Locke gagal meyakinkan Alpert bahwa dirinya berasal dari masa depan.

Cerita berlanjut ketika Jin ditemukan di laut oleh tim ilmuwan Perancis, Danielle. Setelah dihidupkan kembali, dia sadar telah melakukan perjalanan waktu kembali ke masa lalu. Sesaat kemudian Jin berhasil kembali bersatu dengan para korban selamat lainnya yang hendak menuju Orchid Station.

Saat dalam perjalanan menuju Orchid Station mereka semua kembali melompat ke waktu yang tidak bisa diprediksi. Kali ini mereka ada di tahun 1988. Di sanalah survivor bertemu Jin. Di tahun itu, Jin dan Rousseau diserang oleh monster asap saat akan menuju ke menara radio. Locke sendiri meninggalkan pulau dengan memutar roda raksasa. Di luar pulau, Ben membawa Jack dan Sun ke Eloise Hawking, ibu Daniel. Di saat bersamaan, Desmond juga ada di sana.

Eloise Hawking kemudian memberi tahu Ocean Six cara kembali ke pulau tersebut. Informasi ini tidak disia-siakan oleh Jack, Sun, Sayid, Kate, Hurley dan Ben. Mereka lantas naik pesawat Ajira Airways 316. Setelah cahaya besar kembali datang, Jin sudah menemukan Jack, Kate dan Hurley kembali ke pulau itu.

Locke tiba-tiba saja kembali hidup setelah kecelakaan pesawat Ajira Airways. Dia diinterogasi korban lainnya dan menemukan Ben terluka. Sementara itu saat waktu membawa mereka ke tahun 1974, Juliet bergabung dengan DHARMA Initiative setelah berhasil menyelamatkan salah satu anggotanya dari The Others. Di sini, Sawyer dan Juliet diceritakan saling jatuh cinta hingga akhirnya mereka kembali bertemu dengan Jack, Hurley dan Kate.

Baca juga:

Para survivor terus berada di ruang perjalanan waktu, terutama antara tahun 2007 dan 1974. Banyak hal terjadi dan berubah saat mereka berada di tahun itu. Mulai dari Jack dan kawan-kawan yang bergabung dengan DHARMA Initiative hingga Locke yang melakukan perjalanan waktu hingga berada di Tunisia. Apa lagi yang akan terjadi selanjutnya?

Bermain di Dua Waktu

Serial Lost sudah sampai pada musim ke lima. Jalan ceritanya tentu saja semakin menarik dan rumit. itu artinya di musim ini, pastikan Anda tidak melewatkan satu episode pun karena jika melewatkannya, Anda akan kehilangan banyak informasi penting yang menyambungkan cerita ke episode selanjutnya.

Setiap episode di musim ini menyimpan hint yang tersebar di dua timeline, yaitu tahun 1974 hingga 1977 dan 2007 atau masa sekarang. Hal ini mencakup kepemimpinan The Others di dua garis waktu tersebut, yaitu Eloise dan WIdmore yang memimpin di tahun 1977 serta Ben, Locke dan Richard yang memimpin The Others tahun 2007.

Di antara dua timeline waktu tersebut terjadi banyak hal yang bisa jadi membuat Anda bingung. Namun, di sana pulalah terdapat petunjuk yang menghubungkan cerita satu dengan cerita lain. Plot yang semacam ini sekaligus mengajarkan bahwa apa pun yang terjadi pada masa sekarang adalah akibat dari perbuatan yang dilakukan di masa lalu.

DHARMA Initiative Ditampilkan

Dari Lost musim pertama hingga ke empat, nama DHARMA Initiative terus disebut-sebut. Mereka tidak lepas dari plot cerita serial ini secara keseluruhan. Jika Anda penasaran dengan siapa mereka, musim ke lima akan memberikan jawabannya. Pada Lost Season 5 Anda akan melihat mengenai bagaimana mereka hidup, eksperimen apa saja yang dilakukan dan aktivitas lain yang dilakukannya di pulau tersebut, termasuk orang-orang di belakangnya.

Di sini Anda akan dikenalkan pada karakter Horace Goodspeed, Piere Chang dan Stuart Radzinsky. Horace merupakan ahli matematika yang sekaligus merupakan pemimpin dari DHARMA Initiative di pulau tersebut. Pada tahun 1977, dia membawa Roger Linus dan Ben Linus ke sana. Saat Sawyer melakukan time traveling, dia bertemu dengan sosok Horace di game room yang ada di Barracks.

Selain Horace, ada Piere dan Stuart yang turut ditampilkan. Piere merupakan seorang astrophysicist dari Ann Arbor yang tinggal di pulau tersebut bersama istrinya. Sementara itu, karakter Stuart merupakan Head of Research di The Flame Station.

Sejarah Pulau Purba Mulai Diangkat

Cerita mengenai rahasia pulau yang ditinggali Jack dan para korban selamat juga mulai diangkat dalam Lost Season 5 ini. Termasuk terowongan yang dikenal dengan nama The Tunnels. Setidaknya hanya empat orang yang diceritakan pernah datang ke terowongan ini, yaitu Eloise Hawking, Jack Shephard Sayid Jarrah dan Richard Alpert.

Selain terowongan misterius, Lost Season 5 juga menguak siapa The Min in Black atau The Smoke Monster sebenarnya. Dia adalah penghuni pulau tersebut yang lahir di era Romawi Klasik. Sebuah pertarungan dengan Yakub membuatnya berubah menjadi Smoke Monster yang hidup. Semua bermula karena perasaan dendam.

Sebagai monster asap, dia dapat mengubah dirinya sebagai seseorang yang telah meninggal. Paling sering dia menampakkan diri dengan wujudnya yang terdulu. Sosok ini juga menjelma jadi Locke untuk memanipulasi Ben agar membunuh Yakub. Perselisihan antara dua orang ini menimbulkan konflik yang menarik orang-orang ke pulau tersebut untuk menguji sifat asli mereka.

Serial Lost mendekati musim terakhir. Melalui Lost Season 5, satu per satu rahasia mulai terbuka. Para korban selamat dari kecelakaan pesawat tersebut dibawa melakoni peran pada dua masa yang berbeda. Anda mungkin akan sedikit kebingungan di musim ini. Oleh karena itu pastikan Anda tidak melewatkan satu episode pun. Siap untuk marathon? Ajak teman agar acara menonton jadi lebih seru!

Lost Season 5

8.5 / 10
Bacaterus.com

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *