India Zona Merah Covid-19: Renault, Nissan, dan Hyundai Hentikan Produksi

Suara.com – Produsen mobil Renault, Nissan dan Hyundai mempertimbangkan untuk melakukan penutupan pabrik sementara di India karena meningkatnya kasus Covid-19.

Penutupan pabrik Renault-Nissan, yang bergabung dalam Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi di Tamil Nadu harus dilakukan akibat dorongan dari serikat pekerja yang melakukan protes dengan cara melakukan mogok kerja pada hari Rabu (19/5/2021).

Hal ini dilakukan karena para pekerja khawatir akan keselamatan mereka dan keluarga jika harus tetap bekerja di tengah kasus Covid-19 yang meningkat.

Lokasi kremasi di India. [Manjunath Kiran/AFP]
Lokasi kremasi di India. [AFP/Manjunath Kiran ]

Sementara itu, Hyundai juga menghentikan sementara aktivitas pabrik selama lima hari untuk pabriknya yang berlokasi di kawasan sama dengan dua carmaker sebelumnya,yaitu Tamil Nadu. Senada dengan carmaker Renault-Nissan, situasi didahului dengan protes singkat para pekerja.

Baca Juga: Ramai Isu Capres Ganjar Pranowo, Diam-Diam Punya Motor Unik Buatan Semarang

Kawasan ini sendiri adalah salah satu negara bagian di India yang paling parah terkena dampak Covid-19. Lebih dari 30.000 kasus terjadi per hari, di pekan lalu. Tercatat hanya ada beberapa pabrik mobil yang masih tetap beroperasi.

“Manajemen setuju untuk menutup pabrik setelah para pekerja menyatakan kekhawatirannya atas keselamatan setelah dua karyawan meninggal karena Covid-19,” kata E Muthukumar, Presiden Serikat Karyawan Hyundai Motor India, dikutip dari Ndtv.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *