Begini Strategi Mitsubishi Perkuat Pangsa Pasar Penjualan di Tengah Pandemi

Suara.com – Pandemi Covid-19 mengubah banyak perilaku konsumen yang mengakibatkan berbagai macam industri anjlok, tak terkecuali industri otomotif. Angka penjualan mobil di Indonesia pada tahun 2020 terjun hingga 44.59 persen dibanding tahun sebelumnya. Kendati demikian, hal tersebut tak lantas membuat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) pasrah pada keadaan. Terbukti, MMKSI berhasil menjaga posisi pasar yang kuat baik pada segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan selama tahun 2020.

Berdasarkan data penjualan ritel dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) sepanjang 2020 lalu, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 54,768 unit. Angka tersebut disumbang oleh penjualan kendaraan penumpang (Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Eclipse Cross, Outlander PHEV) sebanyak 34,504 unit, atau terkoreksi 57.2 persen dari tahun sebelumnya akibat berkurangnya daya beli dan situasi pasar. Sedangkan penjualan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors (Triton, L300 dan T-120SS) mencapai 20,264 unit, atau terkoreksi 47 persen dibandingkan 2019.  Secara total, angka penjualan kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia terkoreksi 55.4 persen.

Beberapa model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors berhasil menjaga posisi pasar dan mampu meredam penurunan drastis di penjualan di masing-masing segmen. Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) meraih pangsa pasar 24.1 persen di segmen small-MPV, sedangkan L300 bertahan menjadi pemimpin pasar di kelas Pick-Up & Van Small dengan pangsa pasar 60.6 persen. Begitu pula dengan Triton yang pemimpin segmen 4×4 dengan pangsa pasar 53.6 persen, dan Pajero Sport 4×4 yang menguasai pangsa pasar sebesar 53.2 persen.

MMKSI Annual Media Gathering. (Dok: Mitsubishi)
MMKSI Annual Media Gathering. (Dok: Mitsubishi)

“Berbagai capaian yang diraih MMKSI diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan ekonomi dan kepentingan masyarakat Indonesia secara luas,” tutur Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Baca Juga: Penjualan Mobil Naik Drastis Berkat Adanya Diskon PPnBM

Naoya Nakamura memastikan, performa MMKSI yang baik cukup baik di tengah pandemi tersebut, akan terus dipertahankan di 2021. Proyeksi dan target GAIKINDO untuk penjualan kendaraan tahun 2021 sebesar 750,000 unit, serta ragam produk yang diluncurkan kompetitor untuk pasar Indonesia semakin memacu semangat dan optimisme MMKSI untuk berkompetisi dalam memberikan produk, layanan penjualan dan purna jual terbaik kepada konsumen.

“Hal tersebut juga menjadi pemacu MMKSI untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada konsumen secara berkelanjutan pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, serta berusaha untuk mencapai target penjualan,” imbuhnya.

MMKSI Annual Media Gathering. (Dok: Mitsubishi)
MMKSI Annual Media Gathering. (Dok: Mitsubishi)

Di tengah pandemi seperti saat ini, MMKSI telah menyiapkan beberapa strategi yang tepat untuk lebih meningkatkan posisi brand Mitsubishi Motors di Indonesia, serta mencapai target penjualan tahun 2021. Berikut strategi yang akan diimplementasikan oleh MMKSI:

       Peluncuran Produk Baru

Di tahun 2021, MMKSI telah dan akan meluncurkan beberapa produk baru dan penyegaran produk yang telah dikembangkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hal ini juga dilakukan agar MMKSI dapat memperkuat lini penjualan dan mencapai target yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Setelah Nissan, Giliran Mitsubishi Pangkas Produksi 30 Ribu Unit Mobil

       Pengembangan Jaringan Diler Resmi dan Fasilitas Bodi & Cat Mitsubishi Motors

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *