Shin Tae-yong Marah Elkan Batal Gabung Timnas, PSSI Tetap Berpikir Positif

Jakarta: Meski batal membantu skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Elkan Baggot tetap setia kepada Indonesia. Itu disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin 24 Mei.
 
Sebelumnya, beredar kabar bahwa Elkan bisa saja bergabung dengan timnas Thailand dan Inggris karena belum membela skuad Garuda di pertandingan atau kompetisi senior FIFA. Tapi, kabar tersebut langsung diluruskan oleh Iriawan.
 
“Saya sudah bertanya agak keras kepada Elkan, ‘Kamu masih mau membela timnas Indonesia atau tidak?’ Dia bilang, dia tetap akan membela timnas Indonesia. Namun untuk saat ini, klubnya tidak mengizinkan dia ke Dubai,” ujar Iriawan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Elkan bisa saja membela negara selain Indonesia karena Thailand merupakan tempat kelahirannya dan Inggris adalah negara asal sang ayah. Kendati demikian, dia tetap memiliki darah Indonesia dari sang ibu.
 
Di timnas Indonesia, Elkan baru merumput bersama timnas U-19 dan belum pernah bertanding di pertandingan resmi FIFA. Dia termasuk talenta bek tengah terbaik karena baru berusia 18 tahun dan memiliki tinggi badan 194cm.
 
Iriawan mengatakan, pihaknya menyadari Elkan bisa saja membela negara lain. Tapi, PSSI memilih untuk menjaga pandangan positif terhadap Elkan. Terlebih, absennya Elkan di Dubai karena permintaan klubnya.
 
Ipswich Town disebut Iriawan tidak ingin melepas Elkan karena pemerintah Inggris menetapkan Dubai sebagai sebagai zona merah penyebaran covid-19.
 
Jadi, semua pendatang dari Dubai wajib menjalani karantina sekitar 10 hari begitu kembali ke Inggris dan itu dirasa berat bagi Ipswich yang bakal melakukan persiapan pramusim pada awal Juni.
 
“Klubnya mengira mereka akan kesulitan,” kata Iriawan.
 
Iriawan yang biasa disapa Iwan Bule juga menjelaskan bahwa PSSI sudah berupaya maksimal agar Elkan bisa bergabung dengan timnas di Dubai. Tapi, upaya tersebut tidak berjalan lancar dan pelatih Shin Tae-yong pun disebut sempat kesal dengan situasi ini.
 
“Shin Tae-yong marah. Dahulu dia meminta untuk bermain di timnas, tetapi sekarang kok susah sekali,” tutup Iriawan.
 
Timnas Indonesia akan menjalani tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang seluruhnya berlangsung terpusat di Uni Emirat Arab (UEA). Thailand akan menjadi lawan pertama pada 3 Juni, dan dilanjutkan dengan menghadapi Vietnam pada 7 Juni, serta UEA pada 11 Juni.
 
Sebelum itu, skuad Garuda juga dijadwalkan melakoni dua laga uji coba di UEA, yaitu melawan Afghanistan pada 25 Mei dan Oman pada 29 Mei mendatang. (ANT)

 
(KAH)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *