Riset: Tren Asuransi Mobil Selalu Naik di Awal Bulan

Suara.com – Pandemi Covid-19 di Indonesia yang berjalan selama 15 bulan telah mengubah perilaku masyarakat Indonesia di dunia maya. Hasil riset Lifepal, kunjungan ke situs-situs broker asuransi di kuartal I 2021 menunjukkan perubahan, ada yang naik, stabil ataupun turun.

Lewat sebuah riset data traffic terhadap sejumlah situs broker asuransi dan tren pencarian asuransi periode yang sama, yaitu pada kuartal I 2021.

Untuk menganalisis data trafik situs broker asuransi online, Lifepal menggunakan data traffic dari empat broker asuransi di Indonesia sebagai sampel.

Pada Januari 2021, total traffic dari empat situs broker asuransi online mencapai 3,3 juta. Namun, terjadi penurunan trafik sebesar 14,8 persen untuk Februari 2021, dari 3,3 juta ke 2,8 juta.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Asuransi Mobil di Tengah Diskon PPnBM?

Ilustrasi membeli mobil secara online, termasuk mobil bekas [Shutterstock].
Ilustrasi membeli mobil lengkap dengan asuransi mobil [Shutterstock].

Seperti diketahui, di Maret 2021, terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan, yaitu 13,7 persen dibandingkan Februari 2021. Jelas sekali bahwa kenaikan trafik ini belum bisa menyamai tingginya rekor trafik di bulan Januari.

Dari tren pencarian asuransi di Google, Lifepal menemukan data yang cukup menarik terkait pencarian dengan kata kunci: asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, dan unit link di Google pada Januari hingga April 2021.

Tren pencarian kata kunci asuransi kesehatan merupakan yang paling stabil. Dan menariknya, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa terlihat saling menyalip satu sama lain.

Terjadi kenaikan jumlah pencarian yang cukup tinggi pada pekan kedua April 2021 terhadap kata kunci asuransi kesehatan. Namun terjadi pula penurunan di pekan ketiga April.

Secara garis besar, terjadi penurunan tren pencarian kata kunci asuransi jiwa sejak awal 2021.

Baca Juga: Garda Oto Raih Top Brand Award Asuransi Mobil Terbaik 2021

Penurunan yang cukup tajam pun terjadi pada Maret 2021, namun data di bulan April menunjukkan adanya pemulihan. Meski demikian, tren pencarian kata kunci asuransi jiwa masih lebih rendah ketimbang Januari 2021.

Lantas bagaimana dengan tren asuransi mobil?

Tren pencarian kata kunci asuransi mobil juga mengalami penurunan di awal 2021, namun penurunan itu tidak setinggi asuransi jiwa. Tren pencarian “asuransi mobil” bisa dikatakan unik, karena terlihat meningkat drastis di awal Januari, Februari, dan Maret. Namun, pada April, lonjakan pencarian terjadi di pekan ketiga.

Sama seperti di tahun sebelumnya, Unit Link tetap menjadi asuransi dengan jumlah pencarian terkecil, namun grafik tren pencarian unit link justru terlihat mengalami kenaikan sejak awal 2021.

Data ini hanya menunjukkan tingginya pencarian dengan menggunakan kata kunci, dan tidak menjamin tingginya permintaan atau pembelian asuransi tersebut.

Meski tren pencarian Unit Link naik, volume pencariannya masih jauh di bawah pencarian asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Sebab, banyak sekali kanal distribusi produk asuransi yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk membeli asuransi, sebut saja melalui agen-agen asuransi yang aktif menawarkan produknya kepada calon nasabah, perbankan, dan lainnya.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *